MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Mengenali Share of Voice Brand Anda untuk Memperluas Jangkauan Pasar

20 Aug  · 
2 min read
 · 
eye 23.554  
Business

redcomm

Apa yang dimaksud dengan share of voice? Pengertian share of voice adalah ukuran pasar atau eksposur suatu brand di media digital dibandingkan kompetitor. Namanya bisnis, pastilah ada persaingan. Kadang, beberapa brand meluncurkan produk serupa, namun dengan nama brand masing-masing disertai kelebihan dan kekurangan masing-masing pula. 

Sementara, pasar untuk produk tersebut ternyata dalam lingkup yang sama. Demi bisa memenangkan persaingan, Anda perlu mengenali share of voice brand Anda untuk memperluas jangkauan pasar. Penjelasan lengkapnya baca di artikel Redcomm Knowledge ini.

Pengertian Share of Voice di Era Digital Marketing

Pemasaran digital membuka banyak cara baru yang menarik untuk mempromosikan brand, produk, beserta layanannya. Hal ini karena tersedianya berbagai platform digital yang memungkinkan Anda melakukan promosi dengan menerapkan strategi digital marketing.

Namun, penerapan strategi pemasaran digital yang sudah Anda lakukan dengan efektif dan efisien pun tetap butuh pengawasan dan analisis. Misalnya dengan memantau peningkatan brand awareness, traffic website, blog, atau toko online, mengukur ROI dari hasil pemasangan iklan, jumlah konversi yang terjadi, dan sebagainya. 

Dengan kata lain, Anda perlu mengenal share of voice produk dan brand Anda. Nah, apa sebenarnya share of voice ini?

SOV atau Share of Voice adalah ukuran pasar atau eksposur yang dimiliki brand Anda dibandingkan dengan pesaing. Sederhananya jika dihubungkan dengan dunia digital marketing, share of voice adalah seberapa banyak dan bagaimana konsumen membicarakan suatu produk, brand, atau layanan bisnis. 

Percakapan di sini bisa berupa perbincangan person to person, percakapan di media sosial dan platform digital lainnya (blog, website, portal berita, dan sebagainya). Bisa dikatakan, share of voice sebenarnya masih terkait dengan brand awareness yang Anda bangun, jangkauan promosi online yang Anda lakukan, pay per click (PPC), traffic website, dan masih banyak lagi.

Semakin besar persentase share of voice yang dimiliki bisnis di pasar, berarti brand tersebut termasuk brand yang populer. Kepopuleran suatu brand ini pula yang kemudian bisa mendatangkan lebih banyak konversi dalam bentuk penjualan.

Manfaat Mengenali Share of Voice Brand Anda

Mengetahui seberapa populer produk, layanan, maupun brand Anda di pasar memungkinkan Anda mengetahui posisi bisnis Anda di dalam pasar, sekaligus menjadi panduan untuk menciptakan strategi yang tepat dalam hal promosi serta pemasaran. 

Selain itu, Anda jadi tahu keunggulan dan kelemahan produk Anda dibandingkan produk kompetitor, dan seberapa berhasil brand yang Anda usung memikat hati pelanggan. Untuk lebih lengkap, berikut manfaat mengetahui persentase share of voice

1. Mengukur Keberhasilan Brand Awareness

Share of voice sudah jelas berhubungan dengan keberhasilan Anda membangun brand awareness. Anda bisa mengetahui berapa banyak orang yang mengenal merek dan produk Anda.

Berapa banyak di antara mereka yang kemudian menggunakan produk? Seberapa sering mereka memperbincangkan brand Anda baik secara online maupun offline? Bahkan Anda bisa mengetahui sukses tidaknya digital campaign yang Anda selenggarakan dalam upaya promosi dan menciptakan konversi. 

Dari persentase share of voice ini pula, Anda bisa mendapatkan lebih banyak insight yang akan sangat berguna dalam merencanakan campaign maupun kegiatan promosi berikutnya, seperti:

  • Lokasi spesifikasi audiens.
  • Platform media sosial yang paling banyak digunakan.
  • Usia dan demografi audiens.
  • Tingkat keberhasilan engagement dan interaksi. 

2. Mendapatkan Informasi Detail Terkait Produk dan Brand

Melakukan analisis dan mengenali secara lengkap hasil share of voice akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak informasi secara detail terkait produk, brand, bahkan layanan dari perusahaan Anda. 

Bahkan, Anda bisa menemukan berbagai informasi tak terduga hasil dari pengalaman pengguna secara langsung, baik yang bagus maupun sentimen negatif akibat kekecewaan dari orang yang menggunakan produk Anda. 

Untuk itu, sangat disarankan Anda melakukan penelusuran terkait data yang sudah Anda dapatkan pada media online, baik di website, blog, maupun di berbagai platform media sosial, forum, situs berita dan sebagainya. 

Lalu, lakukan analisis atas informasi dan data yang Anda dapatkan. Jika perlu, lakukan perbaikan, tingkatkan kualitas produk dan layanan, serta teruslah berinovasi. 

Percayalah, pendapat, masukan,  maupun kritik dari pelanggan membantu Anda menciptakan dan menyediakan produk yang sesuai kebutuhan mereka. Nantinya, produk Anda bisa jadi lebih laris dibandingkan kompetitor.

3. Berperan sebagai “Humas” dalam Bentuk Lain

Share of voice dapat menunjukkan kepada Anda seberapa efektif strategi media campaign yang Anda selenggarakan dibandingkan dengan yang dilakukan pesaing. Insight hasil analisis share of voice akan membantu Anda menyusun strategi terbaik untuk membangun ketertarikan audiens dengan produk maupun layanan bisnis, menentukan brand voice, engagement plan, bahkan untuk membuat konten yang sesuai dengan target market.


Setelah mengenali share of voice brand untuk memperluas jangkauan pasar, maka langkah selanjutnya pelajari juga Cara Meningkatkan Share of Voice Bisnis Anda di Media Sosial. Jika butuh bantuan tenaga ahli dan profesional, Anda bisa langsung menghubungi digital marketing agency Jakarta, misalnya Redcomm dengan klik Kontak Redcomm.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER