Manfaat Mengenali Share of Voice Brand Anda
Mengetahui seberapa populer produk, layanan, maupun brand Anda di pasar memungkinkan Anda mengetahui posisi bisnis Anda di dalam pasar, sekaligus menjadi panduan untuk menciptakan strategi yang tepat dalam hal promosi serta pemasaran.
Selain itu, Anda jadi tahu keunggulan dan kelemahan produk Anda dibandingkan produk kompetitor, dan seberapa berhasil brand yang Anda usung memikat hati pelanggan. Untuk lebih lengkap, berikut manfaat mengetahui persentase share of voice.
1. Mengukur Keberhasilan Brand Awareness
Share of voice sudah jelas berhubungan dengan keberhasilan Anda membangun brand awareness. Anda bisa mengetahui berapa banyak orang yang mengenal merek dan produk Anda.
Berapa banyak di antara mereka yang kemudian menggunakan produk? Seberapa sering mereka memperbincangkan brand Anda baik secara online maupun offline? Bahkan Anda bisa mengetahui sukses tidaknya digital campaign yang Anda selenggarakan dalam upaya promosi dan menciptakan konversi.
Dari persentase share of voice ini pula, Anda bisa mendapatkan lebih banyak insight yang akan sangat berguna dalam merencanakan campaign maupun kegiatan promosi berikutnya, seperti:
- Lokasi spesifikasi audiens.
- Platform media sosial yang paling banyak digunakan.
- Usia dan demografi audiens.
- Tingkat keberhasilan engagement dan interaksi.
2. Mendapatkan Informasi Detail Terkait Produk dan Brand
Melakukan analisis dan mengenali secara lengkap hasil share of voice akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak informasi secara detail terkait produk, brand, bahkan layanan dari perusahaan Anda.
Bahkan, Anda bisa menemukan berbagai informasi tak terduga hasil dari pengalaman pengguna secara langsung, baik yang bagus maupun sentimen negatif akibat kekecewaan dari orang yang menggunakan produk Anda.
Untuk itu, sangat disarankan Anda melakukan penelusuran terkait data yang sudah Anda dapatkan pada media online, baik di website, blog, maupun di berbagai platform media sosial, forum, situs berita dan sebagainya.
Lalu, lakukan analisis atas informasi dan data yang Anda dapatkan. Jika perlu, lakukan perbaikan, tingkatkan kualitas produk dan layanan, serta teruslah berinovasi.
Percayalah, pendapat, masukan, maupun kritik dari pelanggan membantu Anda menciptakan dan menyediakan produk yang sesuai kebutuhan mereka. Nantinya, produk Anda bisa jadi lebih laris dibandingkan kompetitor.