Namanya bisnis, pastilah ada persaingan. Kadang, beberapa brand meluncurkan produk serupa, namun dengan nama brand masing-masing disertai kelebihan dan kekurangan masing-masing pula. Sementara, pasar untuk produk tersebut ternyata dalam lingkup yang sama. Demi bisa memenangkan persaingan, Anda perlu mengenali share of voice brand Anda untuk memperluas jangkauan pasar. 

 

Share of Voice di Era Digital Marketing

Pemasaran digital membuka banyak cara baru yang menarik untuk mempromosikan brand, produk, beserta layanannya. Hal ini karena telah didukung pula kemajuan teknologi dan majunya dunia digital, sehingga tersedia berbagai platform yang memungkinkan Anda melakukan promosi dengan menerapkan strategi digital marketing. 

 

Namun, penerapan strategi pemasaran digital yang sudah dilakukan dengan efektif dan efisien pun tetap butuh pengawasan dan analisis lebih lanjut demi memantau seberapa bagus dan seberapa terkenal produk serta brand Anda di dalam masyarakat. Analisis ini bisa dilakukan dengan memantau peningkatan brand awareness, traffic website, blog, atau toko online, ROI dari hasil pemasangan iklan, jumlah konversi yang terjadi, dan sebagainya. 

 

Dengan kata lain, Anda perlu mengenai share of voice produk dan brand Anda. Nah, apa sebenarnya share of voice ini?

 

Share of voice (SOV) adalah ukuran pasar yang dimiliki brand Anda dibandingkan dengan pesaing. Bisa dikatakan pula, share of voice adalah pengukuran eksposur suatu brand di media sosial. Sederhananya jika dihubungkan dengan dunia digital marketing, share of voice merupakan “percakapan” di dalam masyarakat yang dihasilkan dari brand, produk, maupun layanan. Percakapan di sini bisa berarti perbincangan person to person, atau semua informasi yang dikomunikasikan di berbagai saluran, seperti di suatu situs atau portal berita, website, media sosial, blog, forum, dan sebagainya, yang dibandingkan langsung dengan produk serupa dari kompetitor. 

 

Dengan kata lain, share of voice sebenarnya masih terkait dengan brand awareness yang Anda bangun, jangkauan promosi online yang Anda lakukan, pay per click (PPC), traffic website, dan masih banyak lagi. Semakin besar persentase share of voice yang dimiliki bisnis Anda di pasar, berarti brand Anda termasuk brand yang populer. Kepopuleran suatu brand ini pula yang kemudian bisa mendatangkan lebih banyak konversi dalam bentuk penjualan.

 

Manfaat Mengenali Share of Voice Brand Anda

Mengetahui seberapa populer produk, layanan, maupun brand Anda di pasar memungkinkan Anda mengetahui pula posisi Anda di dalam pasar, sekaligus menjadi panduan untuk menciptakan strategi yang tepat dalam hal promosi serta pemasaran. 

 

 

Selain itu, Anda jadi tahu keunggulan dan kelemahan produk Anda dibandingkan produk kompetitor, dan seberapa berhasil brand yang Anda usung memikat hati pelanggan Anda. Dari sini nanti, Anda bisa mengambil langkah berikutnya untuk menjangkau lebih banyak pelanggan baru dan memperluas area penjualan. 

 

Untuk lebih lengkapnya, berikut manfaat dari mengetahui persentase share of voice brand Anda. 

 

  1. Mengukur Keberhasilan Brand Awareness

Share of voice sudah jelas berhubungan dengan keberhasilan Anda membangun brand awareness. Anda bisa mengetahui berapa banyak orang yang mengenal merek dan produk Anda? Berapa banyak di antara mereka yang kemudian menggunakan produk Anda? Seberapa sering mereka memperbincangkan mengenai brand Anda baik secara online maupun offline? Bahkan Anda bisa mengetahui sukses tidaknya campaign yang Anda selenggarakan dalam upaya promosi dan penciptaan konversi. 

 

Dari persentase share of voice ini pula, Anda bisa mendapatkan lebih banyak insight yang akan sangat berguna dalam merencanakan campaign maupun kegiatan promosi berikutnya, seperti:

- Lokasi spesifikasi audiens
- Platform media sosial yang paling banyak digunakan.
- Usia dan demografi audiens.
- Tingkat keberhasilan engagement dan interaksi. 

 

 

  1. Mendapatkan Informasi Detail Terkait Produk dan Brand

Melakukan analisis dan mengenali secara lengkap hasil share of voice akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak informasi secara detail terkait produk, brand bahkan layanan dari perusahaan Anda. Biasanya, Anda bahkan bisa menemukan berbagai informasi tak terduga hasil dari pengalaman pengguna secara langsung, baik yang bagus maupun sentimen negatif akibat kekecewaan dari orang yang menggunakan produk Anda. Untuk itu, sangat disarankan Anda melakukan penelusuran terkait data yang sudah Anda dapatkan pada media-media percakapan online, baik di website, blog, maupun di berbagai platform media sosial, forum, situs berita dan sebagainya. 

 

Informasi yang sudah Anda kumpulkan, kelak bisa Anda gunakan untuk melakukan berbagai perbaikan yang perlu dilakukan, peningkatan kualitas produk dan layanan, bahkan bisa pula dijadikan inspirasi untuk penciptaan produk baru. Percayalah, hasil nyata yang langsung Anda dapatkan dari pelanggan Anda ini sudah pasti jauh lebih baik dan bisa sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dengan cara ini, Anda bisa meningkatkan produk dan brand Anda jauh lebih baik dibandingkan dengan kompetitor.

 

 

  1. Berperan sebagai “Humas” dalam Bentuk Lain

Share of voice dapat menunjukkan kepada Anda seberapa efektif strategi media campaign yang Anda selenggarakan dibandingkan dengan yang dilakukan pesaing. Insight yang Anda dapatkan dari menganalisis share of voice ini akan membuat Anda bisa mengambil langkah yang lebih baik dalam menentukan brand voice, engagement plan, membangun keterikatan pelanggan terhadap produk Anda, dan juga memberi pengaruh positif dalam proses pembuatan konten yang sesuai dengan target market yang Anda tentukan.

 

Diskusi lebih lanjut mengenai share of voice bisa Anda ajukan dengan menghubungi Redcomm, untuk mengetahui secara pasti apa yang Anda butuhkan. Tim dari Redcomm akan segera menghubungi Anda dan membantu Anda menganalisis share of voice produk dan brand Anda.