MENU
SEARCH KNOWLEDGE

4 Rahasia Sukses Jualan Online dengan Social Selling Index LinkedIn

 · 
2 min read
 · 
eye 559  
Social Media

redcomm

LinkedIn Social Selling Index (SSI) adalah formula yang menilai kemampuan 'sosial jualan' pengguna dengan menilai kinerja Anda di LinkedIn dibandingkan pesaing dalam industri, serta memberi tahu apakah postingan Anda sesuai dengan audiens.

Memahami SSI memungkinkan Anda menjadi penjual yang lebih baik dan mengukur seberapa sukses Anda dalam mendorong interaksi. Semakin baik SSI Anda, semakin mampu Anda menjual merek.

Apa itu Social Selling Index?

Penjualan digital dan sosial melibatkan berbagai aktivitas yang berputar di sekitar personal branding yang melibatkan media sosial untuk meningkatkan kehadiran dan kredibilitas. 

Ketika Anda membuat lebih banyak profil, Anda menjual pada tingkat profesional untuk terhubung dengan orang lain dan membangun kesadaran merek.

Lalu apa formula SSI didasarkan? Ada empat elemen yang diperhatikan oleh SSI untuk menentukan skor:

  • Membangun merek profesional
  • Identifikasi prospek
  • Terlibat dalam percakapan bermakna
  • Membangun hubungan

LinkedIn merekomendasikan untuk mencapai skor SSI 75 atau lebih tinggi. Pada tingkat itu, Anda akan dianggap sebagai pemimpin pemikiran dalam industri di platform ini.

Anda dapat menemukan skor SSI dengan klik di sini jika Anda sudah melakukan log in. Jika tidak, buka ‘Sales Navigator’ dan masuk ke 'Admin', lalu klik 'User Report’.

Jika Anda memiliki skor SSI rendah, maka Anda dapat memperbaikinya. Berikut adalah caranya.

1. Ciptakan persona profesional

Jika Anda ada di LinkedIn, Anda sebaiknya mengambil inspirasi dan menciptakan persona profesional yang akan beresonansi dengan rekan, klien, dan prospek Anda.

Lihat profil Anda dari sudut pandang orang lain yang membacanya - apakah mereka benar-benar tertarik dengan profil Anda dan ingin berinteraksi dengan Anda? Apakah Anda mengatasi titik-titik sakit atau minat mereka melalui konten? 

Pastikan untuk melihat persentase kelengkapan profil Anda dan menjadikannya 100 persen sehingga tidak ada yang hilang dan Anda memaksimalkan LinkedIn.

2. Manfaatkan LinkedIn tools

Manfaatkan alat gratis di LinkedIn untuk memperluas jangkauan dan menemukan prospek. 

Sales Navigator adalah platform penjualan mendalam yang memungkinkan penjual untuk membangun dan mempertahankan hubungan dengan pembeli mereka dalam skala besar.

Anda dapat menggunakan fungsi 'Lead Builder’ untuk menyaring dan menemukan prospek dalam organisasi serta menyimpan prospek-prospek tersebut. Ini dapat diintegrasikan dengan teknologi lain - misalnya CRM, untuk menyediakan data yang andal dan real-time.

LinkedIn Small Business dapat membantu bisnis meningkatkan penjualan, membangun kepercayaan, dan mencapai tujuan bisnisnya. LinkedIn memasarkan layanan ini sebagai untuk menghubungkan Anda dengan sumber daya, tips, dan berita terkait bisnis kecil. 

Sumber daya tersebut mencakup checklist, panduan, dan fitur-fitur seperti text ads dan konten yang disponsori.

Di profil LinkedIn, Anda dapat menunjukkan keterampilan kepada prospek dengan menggunakan alat 'Skills Assessment Tools'. Ini tersedia dalam berbagai kategori dari 'Recommended' hingga 'Industry Knowledge’.

3. Jangan terlalu banyak mengotomatisasi

Meskipun LinkedIn melarang banyak alat otomatisasi seperti alat AI seperti ChatGPT di platform ini, ia juga bekerja dengan mitra-mitra tertentu untuk membantu perekrut, pemasar, dan pengiklan mengotomatisasi beberapa tugas.

Jika Anda memilih untuk menggunakan otomatisasi di LinkedIn, pertimbangkan apakah itu akan membantu atau menghambat aktivitas penjualan sosial Anda. Ya, otomatisasi dapat menghemat waktu Anda dalam tugas manual tetapi itu juga bisa berarti Anda kehilangan sentuhan pribadi.

Jadi, untuk penjadwalan postingan, analisis, dan generasi prospek, itu bisa membantu, tetapi untuk pembuatan postingan atau penulisan email, pastikan Anda membuat konten yang disesuaikan dengan orang tersebut dan tambahkan sedikit kepribadian.

4. Terlibatlah dengan wawasan dan ciptakan koneksi berkualitas

Skor SSI LinkedIn mengukur keterlibatan Anda di platform ini dengan menganalisis dan memberi skor pada shares, likes, dan comments pada postingan Anda. 

Ini juga melihat bagaimana Anda terlibat dengan postingan orang lain dan mengukur seberapa tinggi Anda mengikuti tren atau tetap berada di atas perkembangan dalam industri.

Anda sebaiknya terlibat dengan postingan secara teratur tidak hanya untuk meningkatkan skor SSI Anda tetapi juga membangun hubungan dengan pengguna LinkedIn lainnya dan berbagi pengetahuan Anda.

Tidak masalah berapa banyak pengikut yang Anda miliki di LinkedIn, yang lebih penting adalah kualitas koneksi Anda. Orang yang tepat akan senang membimbing Anda menuju peluang yang lebih besar, baik itu mempromosikan Anda sebagai calon karyawan atau rekan kerja.

Aturan dasar yang baik adalah hanya menghubungi orang yang Anda rasakan benar-benar Anda sukai. 

LinkedIn Groups adalah cara yang bagus untuk menilai bukan hanya siapa di industri Anda yang benar-benar profesional, tetapi juga orang-orang yang memberi Anda wawasan dan nasihat jika diperlukan.


Selain menggunakan Social Selling Index, Anda juga dapat meningkatkan pemasaran penjualan di LinkedIn dengan menerapkan 6 Cara Cerdas Mengoptimalkan LinkedIn Carousel.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER