MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok untuk Pemula

12 Apr  · 
2 min read
 · 
eye 1.749  
Social Media

redcomm

Ada banyak cara mendapatkan uang dari TikTok untuk pemula, yaitu dengan jadi kreator TikTok, join program kemitraan, jadi live streamer, menjual produk atau jasa, bergabung di TikTok Creator Fund, TikTok affiliate, dan masih banyak lagi. Pelajari cara dapat uang dari TikTok di artikel ini!

9 Cara Dapat Uang dari TikTok yang Mudah bagi Pemula

1. Jadi Konten Kreator TikTok

Cara paling mudah untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah menjadi konten kreator. Apalagi saat ini TikTok sudah memiliki berbagai fitur monetisasi bagi para kreator konten, seperti live gifts dan creator fund

Live gifts adalah fitur yang memungkinkan audiens memberikan dukungan finansial kepada kreator favorit mereka. Sementara creator fund adalah program yang memungkinkan para kreator konten mendapatkan penghasilan dari TikTok, tergantung pada jumlah tampilan video.

Untuk menjadi konten kreator TikTok yang sukses, Anda harus memiliki daya tarik yang kuat, punya banyak penggemar, dan konsisten membuat video yang menarik dan bermanfaat bagi penonton.

2. TikTok Creator Fund

TikTok creator fund adalah program yang dibuat oleh TikTok untuk memberikan penghasilan kepada para kreator. 

Program ini berfokus pada kreator dengan pengikut yang aktif dan banyak, serta video yang sering ditonton. TikTok akan membayar para kreator dalam jumlah tertentu setiap bulannya.

3. Jadi Influencer di TikTok

Menjadi influencer di TikTok juga menjadi salah satu cara paling populer untuk mendapatkan uang dari TikTok. Seorang influencer TikTok biasanya memiliki ribuan hingga jutaan pengikut, dan mampu mempengaruhi perilaku dan keputusan pengikutnya. 

Para influencer ini sering bekerja sama dengan brand atau perusahaan untuk membuat konten dengan tujuan untuk melakukan promosi dan pemasaran sesuai permintaan brand

Semakin banyak pengikut yang dimiliki seorang influencer, semakin besar pula bayaran yang diterimanya.

Jika ingin menjadi influencer TikTok yang sering mendapatkan tawaran kerja sama dari berbagai brand, pastikan Anda membangun jumlah pengikut secara konsisten. 

Caranya dengan rutin posting konten TikTok yang menarik, bermanfaat, menghibur, atau yang sesuai dengan kebutuhan audiens.

4. Promosi Brand

Banyak perusahaan besar yang mulai memanfaatkan TikTok sebagai platform promosi. Anda bisa menjadi bagian dari kampanye promosi brand dengan cara menjadi influencer atau menjalin kerja sama dengan brand tersebut.

Untuk menjadi influencer, pastikan jumlah pengikut TikTok Anda sudah cukup banyak dan konten yang Anda buat sesuai dengan nilai-nilai dan citra brand yang ingin dipromosikan.

5. Live Streamer TikTok

Live streaming di Tiktok memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan dari Tiktok. Saat ini sudah tersedia fitur koin atau hadiah virtual yang memungkinkan audiens memberikan dukungan kepada para kreator selama Anda melakukan live streaming

Koin dan hadiah virtual (boneka, hiu, bunga, dan sebagainya) nantinya dapat Anda tukarkan dengan uang sungguhan. 

Agar penghasilan Anda semakin besar saat live streaming, bangunlah interaksi yang asyik dan interaktif. Tujuannya, agar audiens merasa terhibur dan tak segan-segan memberi Anda banyak koin atau hadiah virtual. 

Sesekali, bagus juga Anda memberikan hadiah kepada audiens yang paling loyal sehingga audiens tersebut akan dengan senang hati mempromosikan akun Anda. Bahkan mereka bisa saja membawa lebih banyak pengikut baru untuk menonton live streaming yang Anda lakukan.

6. Menjual Produk atau Jasa

TikTok juga dapat digunakan sebagai platform berjualan secara online, baik untuk menjual produk maupun menawarkan jasa. 

Saat ini sudah banyak lho para kreator yang memanfaatkan kepopuleran mereka untuk berjualan secara online, bahkan untuk mempromosikan bisnis yang sedang mereka kembangkan.

Bagaimana caranya agar jualan di TikTok laris? Ya, Anda perlu membuat konten yang kreatif dan menarik. Selain itu, pastikan konten yang Anda buat relevan dengan target audiens yang ingin Anda bidik. 

Jangan lupa, bangun kepercayaan dan reputasi yang baik di Tiktok supaya Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan.

7. Jadi Tiktok Affiliate

Affiliate marketing adalah cara mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang dihasilkan. 

Anda sebagai kreator TikTok dapat memanfaatkan affiliate marketing untuk mempromosikan produk dan layanan tertentu. Ketika ada audiens yang membeli produk atau menggunakan layanan melalui tautan afiliasi, Anda akan menerima komisi.

Untuk menjadi affiliate marketer yang sukses di TikTok, Anda harus memilih produk atau jasa yang relevan dengan konten yang Anda buat. Jangan lupa untuk rajin mempromosikan akun TikTok ke berbagai media sosial lain supaya jumlah pengikut Anda terus bertambah.

8. Jasa Pembuatan Video

Jika memiliki kemampuan dalam membuat video dan editing, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan video untuk berbagai keperluan, seperti iklan atau promosi produk. 

Anda bisa mempromosikan jasa Anda di TikTok dan menampilkan portofolio hasil kerja Anda di akun yang sama.

9. Join Program Kemitraan TikTok

Program kemitraan TikTok adalah program yang memungkinkan Anda menghasilkan uang melalui iklan dan sponsor. 

Untuk bergabung dengan program ini, Anda harus memenuhi persyaratan tertentu, seperti jumlah pengikut dan tayangan video.

Nanti kalau sudah berhasil bergabung dalam program kemitraan ini, Anda akan mendapatkan akses ke berbagai sumber penghasilan, seperti iklan in-feed, brand takeover, branded effects, dan lain sebagainya. 

Semakin banyak pengikut dan tayangan video yang Anda miliki, semakin besar potensi penghasilan Anda dari program kemitraan TikTok.


Dari 9 cara mendapatkan uang dari TikTok yang sudah diulas di atas, mana yang sudah Anda coba? Jangan lupa, hindari kesalahan melakukan promosi di TikTok, dan teruslah tingkatkan kepopuleran akun TikTok Anda dengan memanfaatkan TikTok Ads. Cari tahu secara lengkap apa itu TikTok Ads di artikel ini: TikTok Ads Tren Baru untuk Promosi Bisnis.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER