MENU
SEARCH KNOWLEDGE

TikTok Ads Tren Baru untuk Promosi Bisnis

12 Apr  · 
2 min read
 · 
eye 20.729  
Social Media

redcomm

Cara beriklan di TikTok mudah dan biayanya pun murah. Langsung tekan tombol promote yang tersedia pada akun Anda, kemudian pilih jenis iklannya, dan tentukan biayanya. Biaya beriklan di TikTok mulai dari Rp15.000,- / hari untuk satu kali pasang. Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini, yuk.

Mengapa Perlu Memilih TikTok Ads sebagai Media Promosi?

TikTok adalah platform digital yang sekarang sudah memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif dari berbagai belahan dunia. 

Jumlah ini diperkirakan atas terus bertambah setiap bulan mengingat aplikasi TikTok sudah diunduh lebih dari 1,5 miliar kali oleh pengguna Apple dan Google Play, bahkan sudah menjangkau 150 negara di seluruh dunia.

Cara kerja untuk menampilkan iklan di TikTok pun sangat mudah. Anda hanya perlu membuat akun TikTok terlebih dahulu. Kemudian buka bagian promote, pilih campaign dan jangkauan audiens yang menjadi target iklan, lakukan pembayaran. Jika disetujui, iklan Anda akan secara otomatis tayang.

Terdapat beberapa jenis iklan di TikTok yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, di antaranya pre-roll serta in-feed ads, promoted hashtag challenges, brand takeover, dan branded AR content

Jika bingung harus memilih jenis iklan yang mana, Anda bisa minta bantuan ke social media advertising agency yang sudah berpengalaman dalam membantu penerapan digital marketing for small businesses.

Cara Beriklan di TikTok Ads

Jika ingin mulai mengiklankan produk maupun jasa lewat iklan di TikTok, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

1. Membuat Akun

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun iklan TikTok. Kunjungi akun beranda, lalu klik make an ad

Setelah itu, akan tampil formulir pendaftaran yang harus Anda isi. Pastikan Anda dalam keadaan online saat mengisi formulir tersebut.

Setelah mengisi keseluruhan form, selanjutnya Anda hanya perlu menunggu sampai pihak TikTok menghubungi Anda untuk melakukan konfirmasi dan mengakses akun tersebut.

Biasanya waktu maksimal untuk mendapatkan konfirmasi adalah 48 jam atau 2 hari. Memang agak lama, tapi cukup worth it dengan output yang akan Anda dapatkan.

2. Membuat Kampanye Iklan TikTok

Langkah selanjutnya, Anda perlu membuat kampanye. Pada dashboard akun iklan TikTok, klik campaign, lalu pilih create untuk membuat TikTok ads. 

Ada tiga tujuan utama yang menjadi target iklan dan bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, yaitu: traffic, conversions, dan application installations.

Setelah itu, Anda harus memilih jumlah anggaran biaya iklan yang Anda siapkan untuk seluruh kampanye. Terdapat pilihan secara harian maupun total. Anda bisa mulai memasang iklan di TikTok mulai harga Rp15.000,- per hari. 

3. Menetapkan Placement

Kelebihan dari beriklan di TikTok adalah tersedianya fitur untuk menjalankan iklan di berbagai platform yang bekerja sama dengan TikTok, di antaranya ada News Republic, Buzz Video, dan lain sebagainya.

Jika Anda termasuk tipe orang sibuk yang tidak memiliki waktu cukup banyak untuk melakukan pengaturan iklan, TikTok menyediakan fitur yang memungkinkan Anda melakukan pengaturan iklan secara otomatis. 

Fitur ini dapat membantu memastikan platform terbaik dan tepat untuk iklan Anda. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, proses pemasangan iklan jadi lebih efektif dan efisien. 

4. Menetapkan Detail dan Target

Setelah menentukan placement, Anda dapat menetapkan semua detail yang dibutuhkan sebelum iklan diluncurkan. Pastikan memasukkan kata kunci yang relevan dengan produk atau jasa yang hendak Anda iklankan.

Jika Anda memasukkan kata kunci atau tagar yang relevan, otomatis TikTok ads dapat membantu menargetkan audiens yang tepat. Dengan cara ini, iklan Anda akan lebih tepat sasaran dan bisa bekerja secara optimal sesuai dengan yang Anda harapkan.

5. Mengontrol Anggaran, Durasi, dan Jadwal

Pastikan menyesuaikan iklan dengan benar dan teliti agar bisa berfungsi secara optimal, baik secara anggaran, durasi, maupun jadwal tayang. 

Untuk setiap iklan, anggaran harian minimal yang harus dikeluarkan sekitar Rp15.000,- hingga Rp30.000,-.  

Selain itu, pilih pula durasi dan tampilan TikTok ads. Pada bagian schedule, Anda bisa mengatur waktu terbit. Kemudian di dayparting, dapat memilih iklan mau ditampilkan setiap hari atau pada saat tertentu saja.

Sebagai tren baru untuk mempromosikan bisnis, TikTok ads terus mengalami perkembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Cari tahu lebih lanjut mengenai Apa Itu TikTok Ads dan Kenapa Penting untuk Pertumbuhan Bisnis?

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER