MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Ide Keren Pemasaran Video Media Sosial

 · 
2 min read
 · 
eye 392  
Social Media

redcomm

Video di media sosial adalah cara yang luar biasa untuk menampilkan konten dalam format yang sangat menarik dan hidup. 

Bahkan, banyak pengguna media sosial sekarang mengharapkan merek-merek untuk menggunakan video untuk berkomunikasi dengan mereka.

Ada banyak video yang tersedia di platform media sosial. Namun, video di media sosial dapat dikelompokkan ke dalam beberapa format konten asli.

1. Video penjelasan dan panduan

YouTube telah berkembang menjadi sesuatu yang jauh lebih dari sekadar platform berbagi video. Tidak hanya sebagai tempat nomor satu untuk menonton video, tetapi juga sebagai mesin pencari

Orang mencari informasi di YouTube. Video penjelasan dapat mengupas suatu subjek berdasarkan pendapat atau pemahaman dari pembawa acara. 

Video ini dapat membantu menyederhanakan ide-ide kompleks atau tren-tren bagi pengguna.

Secara umum, video penjelasan bertujuan untuk menjelaskan sesuatu dengan jelas kepada pemirsa. 

Mereka memberikan informasi tentang subjek tertentu dan mungkin juga dirancang untuk mendidik, menginspirasi, dan dalam beberapa kasus, memotivasi pemirsa untuk bertindak. 

Video panduan seperti tutorial online. Mereka adalah video sederhana yang menjelaskan cara menggunakan produk, cara membuat sesuatu, atau cara melakukan tugas tertentu. 

Jenis video ini juga dikenal sebagai panduan langkah demi langkah, biasanya menampilkan pembawa acara yang dapat mendemonstrasikan secara langsung cara menggunakan produk atau layanan tersebut, dan bisa menjelaskan fitur-fitur kunci dan manfaatnya. 

Playlist "Cara-Cara" di saluran YouTube DMI adalah salah satu playlist paling populer.

Jenis video ini memiliki peringkat tinggi di YouTube dan Google, karena sering mengandung kata kunci dan frasa populer yang dicari oleh pelanggan. 

Mereka dapat dengan mudah mempengaruhi keputusan pembelian pengguna jika mereka komprehensif dan kredibel.

2. Video wawancara dan Q&A

Video wawancara dan Q&A adalah cara yang bagus untuk berinteraksi dengan audiens Anda dengan konten yang informatif dan eksklusif, serta untuk menyampaikan informasi tentang industri dan keahlian Anda. 

Anda bisa membuat video di mana Anda mewawancarai pemimpin pemikiran dan influencer dalam industri, anggota tim, atau bahkan pelanggan.

Meskipun Anda dapat menyiapkan pertanyaan sendiri, Anda bisa membuat penggemar Anda lebih terlibat dengan mengumpulkan pertanyaan mereka. 

Buat pengumuman sebelumnya dan kumpulkan pertanyaan mereka melalui media sosial. Lalu kumpulkan dan seleksi pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk melihat mana yang cocok dengan topik atau tema Anda.

Selain mewawancarai orang lain, Anda bisa memiliki sesi Q&A tunggal di mana Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan penting dari audiens, memberikan mereka nilai dan juga memamerkan keahlian bisnis Anda. 

Format ini paling cocok untuk video langsung, karena ini memungkinkan Anda terhubung dengan audiens lebih efektif secara waktu nyata.

3. Video behind the scenes

Anda bisa memberikan gambaran kepada orang tentang seperti apa di balik layar melalui video behind the scenes yang autentik dan menarik. 

Video-video ini sempurna untuk memperlihatkan budaya perusahaan Anda dan memberikan pengakuan kepada orang-orang di balik merek Anda. 

Mereka dapat membantu Anda menghumanisasi merek Anda, membangun kepercayaan, dan memperkuat hubungan Anda dengan audiens.

Anda bisa memberikan tur kantor kepada audiens dan membawa mereka ke backstage acara yang Anda ikuti. 

Anda juga bisa menunjukkan kepada mereka karyawan Anda dalam tindakan menggunakan tema 'day in the life’', atau bahkan proses pembuatan produk. 

Microsoft menggunakan serangkaian video BTS 'day in the life' untuk menunjukkan bagaimana staf mereka bekerja dari rumah selama lockdown pandemi.

4. Live streaming

Live streaming adalah video yang menampilkan percakapan, pertunjukan, atau acara virtual yang disiarkan secara langsung. Contoh meliputi wawancara, pengumuman, siaran berita, atau laporan tentang acara yang sedang berlangsung.

Sebagian besar platform utama sekarang menawarkan siaran video langsung kepada setiap pengguna, sehingga ada peningkatan aktivitas siaran langsung yang signifikan.

Karena banyak acara dipindahkan secara online, konsumen menjadi lebih percaya diri dengan format siaran langsung.

Merek-merek dapat mendapatkan manfaat dari siaran langsung karena mereka dapat menciptakan hubungan yang lebih pribadi dengan pemirsa, menarik keterlibatan tinggi, dan relatif mudah dilakukan. 

5. Video review

Video ulasan pelanggan adalah tempat para pembuat video mencoba dan menilai produk baru yang menarik bagi audiens mereka. 

Mereka bisa dibuat oleh amatir atau ahli untuk memberikan pendapat mereka tentang suatu produk.

Merek-merek sering menawarkan akses kepada pembuat video untuk produk mereka dan meminta mereka untuk memberikan ulasan. 

Tentu saja, merek ingin ulasan itu menguntungkan. Seringkali video ulasan mencakup proses pembongkaran, di mana pengguna dengan antusias membuka produk dari kemasannya dan memberi tahu pemirsa tentang pendapat mereka tentang setiap aspek bagaimana produk tersebut disajikan.

Ketika mengembangkan strategi pemasaran video media sosial Anda, pertimbangkan kombinasi format mana yang akan paling cocok untuk kampanye pemasaran Anda.


Jika Anda ingin memperluas jangkauan dan terhubung dengan audiens yang terlibat, Anda dapat mencoba salah satu platform media sosial yang paling efektif, yaitu TikTok. Maka dari itu, Yuk, Kenali Dulu Jenis Iklan TikTok Ads Agar Bisa Pasang Iklan yang Tepat

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC