Platform media sosial X atau Twitter adalah salah satu media sosial populer yang memiliki banyak pengguna, sehingga berpotensi menjadi media untuk mempromosikan dan memasarkan produk, bisnis, atau menjalankan social media campaign.
Platform media sosial X atau Twitter adalah salah satu media sosial populer yang memiliki banyak pengguna, sehingga berpotensi menjadi media untuk mempromosikan dan memasarkan produk, bisnis, atau menjalankan social media campaign.
Namun sama seperti media sosial lainnya, ada kelebihan dan kekurangan penggunaan Twitter sebagai media promosi yang wajib Anda tahu terlebih dahulu. Untuk itu, baca artikel Redcomm Knowledge kali ini.
Twitter sudah ada sejak tahun 2006, namun sampai saat ini masih eksis bahkan dapat Anda andalkan untuk menjalankan strategi digital marketing. Berikut beberapa kelebihan melakukan promosi menggunakan Twitter.
Anda pasti pernah memperhatikan kalau para pemilik akun Twitter biasanya tak segan melakukan follow pada akun suatu bisnis yang mereka anggap menarik, walaupun mereka belum pernah membeli produknya.
Apalagi kalau Anda membuat tweet yang menarik, tentu mereka akan dengan sukarela membagikan ulang tweet tersebut kepada followers mereka dengan melakukan retweet, like, maupun quote retweet.
Dengan cara ini, akan ada lebih banyak orang yang mengenal produk dan layanan bisnis yang Anda tawarkan.
Apalagi jika menggunakan Twitter ads yang bisa menempatkan iklan produk atau bisnis Anda di beranda pengguna, beranda pencarian, maupun hashtag yang sedang trending di Twitter.
Saat memilih Twitter untuk menjalankan strategi digital marketing, keputusan Anda sudah tepat. Twitter menjadi media efektif untuk membangun reputasi yang baik pada produk dan bisnis Anda.
Hal ini karena ada banyak konsumen yang dengan senang hati berbagi pengalaman dalam menggunakan suatu produk ke Twitter, baik dalam bentuk tweet atau berbentuk thread. Bahkan lengkap dengan foto produknya. Tentunya ini jadi keuntungan bagi bisnis.
Ketika mempromosikan produk melalui Twitter, Anda jadi lebih mudah berinteraksi dengan konsumen melalui media sosial.
Tidak sedikit dari pengguna Twitter yang sengaja mengikuti akun suatu brand dengan tujuan agar mereka bisa lebih mudah mendapatkan informasi terbaru, layanan bisnis, hingga membaca berbagai review dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
Nah, dalam menjalin interaksi yang interaktif dan berkesinambungan, Anda bisa memperhatikan hal-hal berikut:
Di samping kelebihan, mempromosikan bisnis dan produk melalui Twitter juga memiliki kekurangan, antara lain:
Ketika mengiklankan produk melalui media sosial, Anda bisa menggunakan hashtag agar audiens lebih mudah menemukan konten terkait brand atau produk.
Sayangnya hashtag yang tersedia di Twitter masih terbatas dan tingkat persaingannya pun cukup ketat. Ini menjadi tantangan tersendiri yang harus Anda cari solusinya demi menjangkau target pasar yang dituju.
Salah satu solusi yang cukup ampuh, gunakan fitur Twitter ads yang membuat hashtag muncul tepat di bawah kolom pencarian sesuai jadwal dan budget.
Kekurangan melakukan promosi menggunakan Twitter berikutnya adalah keterbatasan saat mengunggah jumlah foto. Dalam satu kali tweet, Anda hanya bisa mengunggah maksimal empat foto saja.
Hal tak praktis berikutnya, pengguna Twitter harus melakukan klik satu persatu pada setiap foto untuk melihat foto yang Anda unggah. Sementara, tak semua pengguna mau melakukan klik.
Solusi untuk mengatasi kekurangan yang satu ini, Anda perlu membuat caption yang menarik, bikin penasaran, sehingga pengguna terdorong untuk melakukan klik untuk melihat foto apa yang sebenarnya Anda unggah.
Agar ada banyak orang menemukan dan melihat produk yang Anda promosikan, tentunya Anda harus memiliki jumlah followers yang banyak.
Maka mau tidak mau, Anda perlu meningkatkan jumlah pengikut sebanyak mungkin dengan cara:
Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan ketika mempromosikan produk melalui Twitter, sekarang Anda yang harus mempertimbangkan, apakah akan menggunakan media sosial ini untuk melakukan promosi atau tidak.
Jika tetap mau mencobanya, cari tahu Cara Meningkatkan Engagement di Twitter Melalui Twitter Audit. Selain itu, ada baiknya Anda juga mempelajari cara Manfaatkan TweetDeck untuk Mensukseskan Social Media Campaign di Twitter.
Untuk hasil digital campaign yang lebih baik dan tertarget, coba bekerja sama dengan digital marketing agency Indonesia terpercaya, atau menggunakan jasa social media agency. Langsung saja hubungi mereka dengan mengisi formulir berikut: Kontak Redcomm.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC