Tidak dipungkiri jika saat ini banyak sekali orang yang menggunakan media sosial sebagai tempat untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis serta menerapkan digital marketing. Salah satu media sosial yang sering digunakan sebagai media promosi adalah platform Twitter. 

 

Twitter termasuk media sosial populer yang memiliki banyak pengguna sehingga cocok untuk digunakan dalam berbisnis online dan juga social media campaign. Selain itu, Twitter bisa digunakan secara gratis yang membuat anggaran promosi Anda jadi tak terlalu besar. Masih ada banyak kelebihan penggunaan Twitter sebagai media promosi, namun tetap ada kekurangannya juga. Mari kita bahas satu persatu.

 

Kelebihan Menggunakan Twitter untuk Promosi

Twitter sudah ada sejak tahun 2006, namun sampai saat ini masih eksis bahkan bisa diandalkan untuk menjalankan strategi digital marketing. Berikut beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan promosi menggunakan Twitter.

 

 

  1. Bisa Meningkatkan Brand Awareness serta Menambah Followers 

Jika diperhatikan dengan baik, para pemilik akun Twitter biasanya tak segan melakukan follow pada akun suatu bisnis yang mereka anggap menarik, walaupun mereka belum pernah membeli produk di sana sebelumnya. Selain itu, tweet yang mereka sukai akan disebarkan kepada followers mereka secara sukarela melalui retweet, like maupun quote retweet. Dengan cara ini, tentu saja produk Anda berpeluang untuk diketahui dan dikenal oleh lebih banyak orang. Apalagi jika Anda menggunakan Twitter ads yang bisa menempatkan iklan produk atau bisnis Anda di beranda pengguna, beranda pencarian maupun hashtag yang sedang trending di Twitter.

 

  1. Membangun Reputasi yang Baik pada Produk Anda

Saat Anda memilih Twitter untuk menjalankan strategi digital marketing maka keputusan tersebut sudah tepat. Twitter efektif untuk membangun reputasi yang baik pada produk Anda. Karena di masa sekarang, ada banyak konsumen yang dengan senang hati berbagi pengalaman mereka dalam menggunakan suatu produk ke Twitter, baik hanya berbagi dalam satu tweet atau dalam bentuk thread yang dilengkapi dengan foto-foto produk sekaligus. Hal ini  tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi bisnis Anda.

 

  1. Menjalin Hubungan Lebih Dekat dengan Konsumen

Ketika mempromosikan produk melalui Twitter, Anda akan lebih sering berinteraksi dengan konsumen melalui media sosial. Tidak sedikit dari pengguna Twitter yang sengaja mengikuti akun suatu produk dengan tujuan agar mereka bisa lebih mudah mendapatkan pelayanan dari bisnis tersebut, mendapatkan informasi terbaru, atau hanya sekadar berinteraksi dengan saling mengomentari.

 

 

Kekurangan Menggunakan Twitter untuk Promosi

Di samping kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan promosi melalui Twitter, berikut ini adalah beberapa kekurangan yang juga bisa dialami.

 

  1. Hashtag yang Terbatas

Ketika Anda mengiklankan produk melalui media sosial, maka strategi yang bisa digunakan adalah pemberian hashtag dengan tujuan memudahkan audiens saat melakukan pencarian. Namun sayang, hashtag yang tersedia di Twitter masih terbatas dengan persaingan yang cukup padat. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri yang harus Anda cari solusinya demi bisa menjangkau target pasar yang Anda tetapkan. Terkecuali Anda menggunakan fitur Twitter ads yang membuat hastag dapat berada tepat di bawah kolom pencarian sesuai jadwal dan budget.

 

  1. Foto Terbatas

Kekurangan berikutnya dari melakukan promosi menggunakan Twitter, keterbatasan jumlah foto yang bisa diunggah. Dengan kata lain, ketika Anda melakukan promosi produk menggunakan foto atau image, Anda hanya bisa mengunggah maksimal empat foto saja dalam satu kali tweet. Selain itu, untuk bisa melihat gambar produknya, pengguna Twitter harus klik terlebih dahulu, padahal tak semua pengguna Twitter mau melakukan klik. Oleh karena itu, penting sekali membuat caption yang menarik saat mengunggah foto agar orang bersedia dan tertarik melakukan klik untuk bisa melihat foto Anda. 

 

  1. Butuh Followers Banyak agar Produk Anda Dikenal

Agar produk yang dipromosikan bisa dilihat banyak orang, Anda harus memiliki banyak followers. Anda bisa mendapatkannya dengan cara mengikuti terlebih dahulu akun-akun pilihan Anda, yang tentu membutuhkan waktu agar di-follback, bahkan belum tentu mendapatkannya. 

 

 

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan ketika mempromosikan produk melalui Twitter, sekarang Anda yang harus mempertimbangkan apakah akan menggunakan media sosial ini untuk melakukan promosi atau tidak. Jika masih ingin menggunakannya, Anda perlu menyusun strategi digital marketing agar promosi melalui Twitter bisa tetap dilakukan secara maksimal. Anda juga bisa memanfaatkan semua fitur berbayar Twitter ads atau menggunakan lebih dari satu media sosial untuk promosi produk Anda. Cara lain, coba berkonsultasi terlebih dahulu dengan social media agency.