MENU
SEARCH KNOWLEDGE

3 Cara Efektif untuk Meningkatkan Engagement Media Sosial

 · 
2 min read
 · 
eye 573  
Social Media

redcomm

Engagement di media sosial adalah ukuran dari semua interaksi dengan konten media sosial kamu. Jenis engagement yang populer meliputi like, komentar, dan shares konten kamu.

Engagement di media sosial juga dapat mencakup, repost, jumlah pengikut serta pertumbuhan audiens, click-through, dan hashtag merek.

Ketika tingkat engagement kamu tinggi, maka kamu sudah terhubung dengan audiens. Ini berarti kamu mendapatkan lebih banyak mata yang melihat konten kamu dan jaringan mendapatkan lebih banyak orang yang menghabiskan waktu di aplikasi mereka. 

Ketika kamu memahami apa yang sebenarnya dimaksud dengan metrik engagement di media sosial, kamu dapat menyempurnakan strategi pemasaran kamu untuk lebih cocok dengan selera, minat, dan harapan target audiensmu.

Berikut adalah taktik-taktik yang telah digunakan oleh para pemasar sukses untuk meningkatkan engagement di media sosial.

1. Analisis dan buat strategi engagement khusus

Sulit untuk mengukur pertumbuhan kamu jika kamu tidak tahu dari mana kamu memulai.

Sekarang, lihat postingan atau kampanye mana yang berada di puncak dan dasar analisis kamu. 

Lacak pesan, komentar, dan mention. Ini akan memberi kamu wawasan tentang apa yang lebih disukai atau tidak disukai oleh audiensmu. 

Apakah semua orang mengirimmu pertanyaan yang sama tentang cara menggunakan produk? Mungkin saatnya membuat postingan yang menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Gunakan data kamu untuk mengidentifikasi pengagum merek. Apakah ada penggemar online yang selalu menyukai atau mengomentari postingan kamu? Mungkin saatnya untuk mengajak mereka berkolaborasi.

Buat strategi media sosial engagement untuk mendukung tujuan engagement. Kamu tidak harus membuat strategi media sosial yang sepenuhnya baru, tetapi bekerja dalam cabang yang didedikasikan untuk engagement.

Pertama, tentukan tujuan engagement kamu. Ini bisa berupa:

  • Mengubah persepsi publik terhadap merekmu
  • Mengembangkan prospek pelanggan baru
  • Mengumpulkan umpan balik tentang produk baru
  • Mendidik audiensmu dengan sumber daya dan saran

Setelah kamu telah mengidentifikasi targetmu, pikirkan beberapa konten yang dirancang untuk mencapai tujuan kamu ini. 

Kemudian, sisipkan konten ini ke dalam kalender media sosialmu secara keseluruhan.

2. Bagikan konten bernilai

Konten yang membantu, memenuhi kebutuhan dan mengatasi masalah audiens, menjadi sangat penting. 

Konten yang memberikan kepada audiens apa yang mereka inginkan sebelum mereka memintanya adalah umpan yang akan menarik engagement di media sosial.

Orang tidak peduli seberapa hebat merekmu. Mereka peduli dengan apa yang merekmu bisa lakukan untuk mereka.

Apakah kamu sedang mengadakan penjualan yang tidak boleh mereka lewatkan? Apakah kontenmu begitu menghibur sehingga tak mungkin untuk tidak dibagikan, sehingga siapa pun yang membagikannya terlihat keren karena berhubungan dengannya?

Untuk mengambil langkah ini lebih jauh, jangan hanya menebak apa yang kamu pikir audiensmu ingin dengar. Lakukan riset tentang apa yang mereka benar-benar ingin dengar.

Kamu perlu melacak topik-topik percakapan audiens, melihat di mana merekmu muncul dalam komentar sosial, dan mendapatkan wawasan tentang apa yang dilakukan pesaingmu.

Ini memungkinkan kamu untuk tetap sesuai dengan topik dengan berkomentar tentang peristiwa dan tren saat ini dengan cara yang terkait dengan merekmu.

Kamu juga bisa menguji konten untuk melihat apa yang berhasil dan apa yang tidak. Amati dan pelajari dari publikasi kamu yang lalu. Eksperimen, amati reaksi, perbaiki, dan ulangi.

3. Tunjukkan sisi manusiamu dan atur jadwal yang lebih cerdas

Jauh lebih menggoda untuk berinteraksi dengan merek ketika kamu berpikir ada orang asli di sisi lainnya. Ada banyak cara untuk menjadi pribadi, yaitu:

  • Lakukan lebih dari sekadar repost dan menyukai dan mulai berkomentar untuk memulai percakapan
  • Akui dan jawab pertanyaan
  • Tanggapi komentar dengan humor atau kehangatan
  • Tunjukkan orang-orang di balik merek dalam foto atau video

Posting secara rutin penting untuk menjaga konten kamu tetap segar dan aktif di aliran media sosial. 

Posting pada waktu yang tepat setiap hari juga penting, agar kontenmu tidak melewatkan kesempatan untuk mendapatkan eksposur maksimal di antara audiens.

Kamu juga perlu memberikan respon yang cepat dapat mengarah pada peningkatan kepuasan pelanggan.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER