MENU
SEARCH KNOWLEDGE

4 Tips Ampuh Menulis Instagram Caption yang Menarik Perhatian Followers untuk Bertindak

05 Mar  · 
5 min read
 · 
eye 313  
Social Media

redcomm

Mempunyai followers yang banyak di Instagram sangat penting untuk memperkenalkan merekmu, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan memberikan platform bagi kamu untuk menjangkau pelanggan baru.

Lebih dari 90% pengguna Instagram mengikuti akun bisnis, dan 50% mengaku platform ini membantu mereka memutuskan untuk membeli produk atau jasa.

Namun, memperluas jangkauan audiens yang terlibat bukanlah hal yang mudah. Ini membutuhkan kesabaran, konten yang luar biasa, sedikit pengetahuan, dan caption Instagram yang sangat baik. 

Kami bisa membantumu dengan semua itu. Mari kita lihat beberapa praktik terbaik yang dapat kamu terapkan untuk membuat caption Instagram yang hebat. 

1. Tarik Pembaca Kamu dalam 125 Karakter Pertama 

Banyak orang bilang, satu gambar sebanding dengan seribu kata. Tetapi apa nilai dari seribu kata? Sangat banyak jika kamu menulis dengan baik, tidak begitu banyak jika tidak.

Kata-kata memiliki dampak, tetapi penempatannya menentukan kekuatannya. Caption Instagram akan terpotong setelah 125 karakter, yang berarti kamu hanya punya satu kalimat (mungkin dua) untuk menarik pembaca kamu untuk mengklik "...lainnya."

Caption Instagram yang baik mendorong pengikut untuk terus membaca daripada scroll ke bawah. 

Jika postinganmu lebih ke arah bercerita, itu berarti kamu tidak bisa memberikan seluruh plot dalam 125 karakter pertama. 

Berikan rasa penasaran, terutama kalimat pertama. Tambahkan ketegangan dan buatlah tak tertahankan untuk melewatkan sisa caption-mu.

Caption Instagram terkait erat dengan Post atau Reels yang diposting, keduanya tidak bisa dipisahkan. Pikirkan tentang perjalanan pengikutmu:

  • Mereka scroll ke bawah halaman, melihat Post atau Reels terlebih dahulu.
  • Mereka akan melihat 125 karakter pertama atau kurang.
  • Jika itu memikat mereka, mereka akan klik "lainnya" dan melanjutkan membaca.
  • Jika caption terus memikat, mereka akan membaca hingga akhir.
  • Begitu telah membaca seluruh caption, mereka jauh lebih mungkin untuk melakukan tindakan yang kamu minta dalam CTA-mu.

Panjang rata-rata caption secara bertahap meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan sekarang rata-rata sekitar 405 karakter, atau sekitar 70 kata.

Data menunjukkan bahwa postingan dengan caption yang lebih panjang umumnya menerima tingkat engagement yang lebih tinggi daripada postingan dengan caption pendek. 

Engagement yang lebih tinggi tidak hanya membangun hubungan yang lebih dalam dengan audiensmu tetapi juga membantumu muncul di halaman Explore, yang mengekspos kontenmu kepada pengikut baru.

Coba tambahkan 70-100+ kata ke caption-mu selama beberapa minggu untuk melihat bagaimana tanggapan audiensmu. Jika kamu melihat peningkatan tingkat keterlibatan, terus buat caption yang panjang.

2. Lebih Ekspresif dengan Menggunakan Emoji 

Di masa lalu, emoji mungkin dianggap "tidak profesional" atau "kuno," tetapi pada tahun 2024, sekarang umum dianggap bahwa mereka memiliki tempat di media sosial.

Penelitian menunjukkan bahwa 92% orang telah menggunakan atau secara teratur menggunakan emoji dalam pesan mereka, dan bisnis-bisnis mulai menyadari tren ini. 

Data menunjukkan semakin banyak emoji yang kamu gunakan, semakin tinggi keterlibatanmu. 

Satu studi menunjukkan menggunakan gambar-gambar lucu ini dapat meningkatkan tingkat engagement Instagram hingga 48%.

Tentu saja, itu tidak berarti kamu harus menambahkan emoji setelah setiap kata, dan beberapa emoji mungkin sebaiknya tetap di akun pribadimu. 

Mulailah dengan menambahkan sedikit, dan lihat bagaimana tanggapan pengikutmu. Jika tanggapannya positif, coba tambahkan sedikit lagi.

Emoji mungkin tidak terasa "sesuai merek" untuk bisnismu, namun mereka layak dicoba. 

Eksperimen dengan menambahkan beberapa emoji yang lucu dan relatable pada postingan kamu untuk melihat apakah mereka membuat perbedaan.

3. Libatkan Pengikutmu dan Ajukan Pertanyaan 

Sebagai bisnis, setiap postingan yang kamu publikasikan harus memiliki panggilan tindakan (CTA) yang jelas yang kamu ingin audiensmu lakukan.

Setiap postingan harus memiliki tujuan, apakah itu untuk membangun kesadaran tentang campaign, mendorong audiensmu untuk berinteraksi dengan merekmu, membagikan diskon produk, atau meningkatkan traffic ke website-mu.

Setiap caption Instagram yang baik membutuhkan CTA yang kuat yang memberi tahu pengikutmu secara tepat apa yang harus dilakukan. Berikut adalah beberapa ide caption yang bisa kamu coba:

  • Double tap untuk menunjukkan dukunganmu”
  • “Tag 3 orang temanmu untuk mengikuti giveaway” 
  • “Ikuti kami untuk mendapatkan berbagai konten menarik lainnya”
  • “Berikan masukan untuk membantu kami improve
  • “Komen dibawah produk favorit kalian” 
  • “Klik link di bio untuk mendapatkan diskon 25% untuk pembelian selanjutnya”

Menambahkan CTA membuat orang lebih mungkin untuk menyelesaikan tindakan tujuanmu, jadi pastikan setiap postingan memiliki satu dalam caption-nya.

Apa cara termudah untuk berinteraksi dengan audiensmu dan membangun komunitas yang lebih setia? Mengajukan pertanyaan, tentu saja!

Dengan mengajukan pertanyaan, kamu berinteraksi langsung dengan audiensmu, mendorong mereka untuk mengomentari kontenmu dan menyebabkan mereka menjadi lebih setia pada merekmu.

Jika kamu memposting konten yang memprovokasi pikiran, mengapa tidak mengikuti, meminta mereka untuk berbagi pemikiran mereka dalam komentar?

Apakah kamu sedang mempertimbangkan meluncurkan produk baru? Minta feedback dari pelanggan paling setia kamu. 

Dengan menggunakan pertanyaan dalam caption Instagram-mu, audiens akan merasa seperti mereka berbicara denganmu daripada kamu berbicara pada mereka.

4. Buatlah Format Captionmu untuk Meningkatkan Pengalaman Membaca

Paragraf yang panjang dan besar mungkin menjadi suatu hal yang dihindari pembaca. Gunakan jeda baris di seluruh caption untuk membuatnya lebih mudah dicerna.

Ahli media sosial Derek Halpern melakukan studi untuk menentukan panjang paragraf yang paling baik.

Halpern mengatakan bahwa untuk memastikan pemahaman maksimum dan penampilan kesederhanaan, panjang baris yang sempurna berkisar antara 40 dan 55 karakter per baris. Ini sekitar 8 hingga 11 kata per baris.

Jagalah format caption-mu agar tetap sederhana dan mudah dibaca untuk meningkatkan pemahaman.

Sekarang kamu memiliki semua rahasia caption Instagram yang kamu butuhkan untuk menulis konten keren yang menarik audiensmu untuk bertindak.

Jangan terlalu putus asa jika postingan pertama atau keduamu gagal, ada banyak hal lain yang berperan selain kualitas caption-mu. 

Algoritma Instagram, waktu hari, dan bahkan konten gambar atau video kamu semua akan berperan. Ketahui juga, 7 Jenis Konten Instagram Carousel yang Bisa Mendatangkan Audiens.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER