Memiliki Fanpage Facebook yang populer bisa menjadi aset penting bagi Anda yang menjalankan bisnis atau sedang membangun personal branding.
Memiliki Fanpage Facebook yang populer bisa menjadi aset penting bagi Anda yang menjalankan bisnis atau sedang membangun personal branding.
Semakin banyak pengikut yang Anda miliki, semakin besar peluang Anda meningkatkan brand awareness, engagement, bahkan penjualan.
Namun, untuk mencapai semua hal di atas, Anda perlu strategi yang tepat. Nah, berikut ini tips membuat Fanpage Facebook Anda cepat populer dan memiliki banyak pengikut.
Anda membutuhkan nama yang berbeda atau menarik untuk nama fanpage Facebook. Hanya saja nama tersebut harus berhubungan dengan bisnis Anda. Tujuannya agar calon pelanggan mudah mengenalinya.
Saat menentukan market name ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat, di antaranya:
Halaman fanpage khusus bisnis ini nantinya akan muncul di akun Facebook pribadi dengan pemberitahuan atau notifikasi yang jelas.
Dengan kata lain, secara otomatis notifikasinya akan memberitahu teman-teman yang ada di dalam jaringan pertemanan Facebook pribadi, bahwa Anda memiliki bisnis di halaman penggemar.
Untuk mempopulerkan fanpage Facebook, termasuk produk yang Anda jual, buatlah konten di Facebook pribadi yang berkaitan dengan halaman bisnis Anda.
Terus dorong teman-teman Anda untuk menjadi pengikut halaman, memberi like di fanpage, hingga melakukan pembelian.
Cara lain menambah teman di fanpage bisa menggunakan grup khusus dan undang teman-teman Anda.
Selain itu, cobalah bergabung di grup atau komunitas lain yang ada di Facebook. Kemudian cobalah berinteraksi dengan menggunakan fanpage bisnis Anda.
Jika berniat melakukan transaksi jual beli, Facebook menyediakan konten iklan berbayar atau Facebook Ads untuk mendukung bisnis Anda.
Agar konten semakin banyak pengunjung, Anda perlu melakukan update konten secara berkala, baik untuk mengunggah foto, storytelling, video, kisah inspiratif, foto produk terbaru, dan sebagainya.
Selain itu, berikan respons yang cepat dan baik setiap kali ada audiens yang berkomentar di konten Anda.
Lalu balas pesan untuk calon konsumen yang mengirimkan pesan pribadi di melalui fitur kotak masuk atau inbox fanpage.
Halaman fans atau fanpage memiliki layanan konten artikel atau konten berbentuk teks untuk mendukung produk yang dijual.
Ketika Anda mengunggah foto atau video, Anda bisa sekaligus menyertakan Call to Action yang menarik perhatian.
Misalnya, saat Anda menjual baju, Anda bisa menambahkan fakta seputar kain yang menjadi bahannya.
Dengan cara ini, orang yang membaca artikel atau melihat video tersebut akan lebih tertarik dan mendatangkan klik untuk melakukan pembelian.
Penggunaan visual yang menarik seperti gambar, video, dan infografis sangat efektif untuk meningkatkan popularitas Fanpage Anda.
Menurut penelitian dari BuzzSumo, posting dengan gambar mendapatkan engagement yang 2,3 kali lebih banyak dibandingkan dengan posting tanpa gambar.
Pastikan visual yang Anda gunakan berkualitas tinggi dan relevan dengan konten yang dibagikan.
Selain itu, coba tambahkan video pendek yang interaktif, seperti tutorial, behind the scenes, atau konten storytelling yang memancing emosi.
Konten video memiliki potensi menjadi viral, yang secara signifikan dapat meningkatkan jumlah pengikut Anda. Atau terapkan saja strategi Advertising Symbiosis untuk Video Viral.
Untuk memastikan pertumbuhan Fanpage yang berkelanjutan, Anda perlu melakukan evaluasi secara rutin.
Manfaatkan Facebook Insights untuk melacak performa Fanpage, seperti jumlah pengikut, interaksi, dan jangkauan setiap postingan.
Semua data tersebut memungkinkan Anda mengetahui jenis konten apa yang paling disukai audiens, kapan waktu terbaik untuk posting, dan bagaimana meningkatkan strategi Anda agar Fanpage semakin populer.
Menggali Consumer Insight dari Data Facebook sangat membantu kalau Anda ingin menargetkan konsumen premium.
Memposting konten di waktu yang tepat dapat meningkatkan peluang Fanpage dilihat lebih banyak orang.
Hal ini sesuai dengan data yang berhasil dikumpulkan oleh Sprout Social, bahwa waktu terbaik posting di Facebook adalah antara pukul 09.00 hingga 13.00 pada hari kerja, terutama pada hari Rabu.
Namun, penting juga untuk melakukan uji coba sendiri. Gunakan Facebook Insights untuk menganalisis kapan audiens Anda paling aktif, kemudian sesuaikan jadwal posting berdasarkan data tersebut.
Itulah cara membuat fanpage Facebook jadi populer dan banyak pengikut. Tinggal ikuti saja langkah-langkah di atas. Untuk Anda yang menjalankan bisnis mungkin bingung mana dari kedua halaman Facebook yang paling tepat untuk promosi. Sebagai jawabannya, baca langsung artikel berjudul Promosi Bisnis Bagusnya di Facebook Personal atau Fanpage.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC