Harus diakui saat ini Instagram memang memiliki pengguna paling banyak dibanding dengan platform media sosial lain. Tetapi jangan salah, Twitter punya penggemar setia yang militan dan mampu menaikkan suatu isu dengan cepat hingga menjadi viral. Keterbatasan jumlah karakter yang tak memungkinkan pengguna menulis caption dalam bentuk teks panjang tak menjadi halangan. Trending topic di Twitter dan cara mendapatkannya perlu Anda tahu agar bisa memanfaatkan hal ini untuk kepentingan promosi.

 

Bagaimana Cara Mendapatkan Trending Topic di Twitter

Netizen di Twitter senang saling berinteraksi dengan cara asyik dengan jumlah kata terbatas, hingga bahasan sederhana bisa mengundang banyak perhatian. Bahkan akhir-akhir ini, cukup banyak media papan atas yang sering mengambil bahan berita viral dari bahasan di Twitter. Biasanya untuk menjadikan suatu konten bisa viral, konten tersebut perlu dibuat lebih menarik dan menerapkan creative social media.

 

 

Creative social media di Twitter memiliki kemampuan untuk mengangkat suatu bahasan menjadi trending topic. Artinya, suatu tema dibicarakan oleh banyak pengguna Twitter serta di tweet secara terus-menerus. Namun, tidak semua cuitan dapat menjadi pemberitaan hangat yang diperbincangkan banyak orang. Jika Anda penasaran cara membuat suatu topik jadi trending topic, simak uraian dalam artikel Redcomm kali ini. 

 

  1. Carilah Isu atau Genre Cerita yang Disenangi Pengguna

Trending topic selalu berganti tiap hari. Anda bisa meneliti serta menganalisis jenis cuitan seperti apa yang biasanya bisa viral. Beberapa cuitan yang cepat sekali jadi perbincangan, misalnya berkaitan dengan horor, politik, komedi, selebritas terutama Korea, atau suatu produk yang promosinya dikemas dengan cara unik. 

 

Dengan melakukan penelitian dan analisis terlebih dahulu, Anda bisa mendapatkan gambaran jelas mengenai konten-konten viral sekaligus bisa mendapatkan ide kreatif yang bisa diolah menjadi sebuah cerita.

 

Thread yang dibuat harus memiliki aspek menarik serta mampu membuat pembaca enjoy. Jadikanlah anti mainstream atau berbeda dengan cuitan lainnya. Unsur kebaruan juga bisa digunakan sehingga dapat memberikan pengetahuan bagi visitor di akun Anda. 

 

  1. Gabung dengan Pengalaman Pribadi 

Terkadang cerita yang unik bisa berasal dari diri sendiri. Pastinya, setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda sehingga bisa jadi terobosan dalam menciptakan trending tweet. Alasannya, selalu menarik untuk mengikuti kisah dan pengalaman yang pernah dilalui seseorang, apalagi kalau disampaikan dengan cara yang unik.

 

Anda juga dapat merangkai serta membumbui thread dengan sedikit kata yang hiperbola. Dengan begitu, netizen akan semakin penasaran dengan jalan cerita selanjutnya. Atau bisa juga diberikan potongan gambar dan video yang membuat warganet tidak mengalami kebosanan.

 

 

  1. Jangan Lupa dengan Tagar

Ada beberapa tips agar tagar yang dibuat bisa menjadi semakin viral. Poin yang pertama, jangan terlalu panjang sehingga mudah diingat pembaca. Saran kedua, tagar atau hashtag yang digunakan harus jelas serta sesuai dengan topik cerita yang ada di dalam cuitan

 

Selanjutnya adalah unik. Tagar yang unik bisa membuat netizen akan menemukan ciri khas tersendiri. So, sebelum merilis tweet yang diinginkan maka beberapa hal penting terkait tagar perlu diperhatikan. Selain itu, gunakan tagar secukupnya saja, misalnya satu atau dua tagar. 

 

  1. Tag Akun Terkenal 

Jika pengguna mengunggah sebuah cerita dan ingin trending, jangan sungkan untuk melakukan tag akun-akun popular. Misalnya, Twitter milik para artis atau akun official suatu media. Di sisi lain, mempromosikan ke banyak orang tentu bisa membuat konten jadi lebih cepat viral karena bisa saja mereka menyukai atau bahkan melakukan retweet. Cara ini akan menarik warganet untuk mengunjungi profil dan membaca cerita yang dimaksud. Semakin banyak orang tahu, akan semakin populer pula akun Anda.

 

 

  1. Pilih Waktu yang Tepat

Sebagus-bagusnya sebuah cuitan, kalau diposting pada tengah malam saat orang terlelap tentu tidak akan bisa trending. Waktu yang baik untuk membuat trending topic di Twitter adalah saat pengguna aktif menggunakan media sosial, yaitu saat jam makan siang atau setelah magrib.

 

Sekitar jam makan siang, antara pukul 12.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB atau di malam hari sekitar pukul 19.00 sampai 22.00 WIB, banyak netizen yang memainkan Twitter. Maka manfaatkan waktu tersebut untuk membuat tweet sehingga konten Anda memiliki kemungkinan besar untuk dibahas pengguna lain pun semakin tinggi.

 

Penjelasan di atas bisa membantu Anda dalam membuat trending topic di Twitter. Strategi ini biasanya dilakukan oleh banyak pengguna. Bagi Anda yang tertarik dan ingin berdiskusi mengenai cara membuat trending topic di Twitter dan menjadi viral, Anda juga bisa menghubungi social media agency terpercaya.