Seperti yang Anda tahu, ada banyak platform media sosial yang bisa digunakan untuk berbagi dan berkomunikasi. Salah satunya adalah Podcast, yang belakangan ini sangat diminati oleh banyak orang, baik oleh mereka yang ingin menyiarkan suara secara digital, pencari hiburan melalui suara, maupun sebagai platform dalam melakukan digital marketing strategist.

 

Podcast disukai karena untuk memulai siaran suara secara digital seperti ini tidak begitu sulit jika dibandingkan pembuatan video yang harus melalui proses sunting berlapis. Podcast bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda berkreasi, namun tidak begitu percaya diri tampil di depan kamera.

 

 

Persiapan Membuat Podcast

Selain mudah, Anda bisa membuat Podcast melalui dua aplikasi atau situs pilihan, yaitu Anchor dan Spotify. Cara pembuatan serta pengaturan akunnya akan diulas dalam Redcomm knowledgekali ini. Namun, sebelum memiliki akun, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan, yaitu:

 

  1. Menyiapkan Alat dan Aplikasi

Untuk mulai membuat Podcast, Anda harus menyiapkan perangkat digital yang bisa terkoneksi ke internet, seperti smartphone ataupun laptop. Sementara, untuk aplikasi yang Anda gunakan dalam membuat Podcast, yaitu Anchor dan Spotify. Jika Anda menggunakan laptop atau komputer, maka bisa mengaksesnya langsung melalui browser. Namun, kalau Anda pengguna smartphone, Anda bisa mengunduh aplikasinya melalui PlayStore untuk pengguna android ataupun AppStore bagi pengguna iOS.

 

  1. Membuat Naskah

Alat sudah Anda persiapkan. Selanjutnya, Anda perlu menyiapkan tema dan membuat naskah agar Anda bisa berbicara dengan lancar saat merekam di Podcast. Catat hal-hal penting yang ingin disampaikan, mulai dari pembukaan hingga penutup. Dengan adanya naskah, Anda dapat meminimalisir kesalahan, seperti pesan yang terlewat ataupun keluar dari topik yang ingin dibicarakan.

 

 

Langkah Membuat Podcast Melalui Anchor

  1. Membuat Akun di Anchor

Bagi Anda yang belum memiliki akun Anchor, Anda bisa membuat akun terlebih dahulu di situs https://anchor.fm jika menggunakan komputer, atau install terlebih dulu aplikasinya jika melalui smartphone. Pilih sign up, isi data, dan centang semua kolom yang tersedia. 

 

Setelah itu, Anchor akan mengirimkan pesan email untuk tahap selanjutnya, yaitu verifikasi akun. Usahakan membuat akun dengan email khusus. Dengan menggunakan email khusus, akan memudahkan Anda menerima pemberitahuan jika ada permasalahan dengan Podcast yang Anda buat. 

 

  1. Mengatur Akun Podcast

Setelah selesai melakukan pendaftaran, masuklah ke akun Podcast Anda dan lakukan beberapa pengaturan pada nama Podcast. Usahakan untuk membuat nama yang unik dan mudah diingat oleh pendengar Anda. Atur pula deskripsi, karena bagian ini sangat penting untuk menggambarkan tentang isi Podcast yang akan dibuat. 

 

Lalu, sesuaikan kategori, sebab pemilihan kategori akan membuat Podcast Anda menjadi mudah dicari oleh pendengar. Selain itu, penentuan kategori nantinya menentukan posisi Podcast yang Anda buat di platform Google Podcast, Apple Podcast, dan Spotify.

 

  1. Membuat Cover Art        

Terkadang, pendengar akan memperhatikan cover art Podcast yang Anda buat. Semakin menarik gambar sampul channel Anda, akan semakin membuat pendengar penasaran dengan isi Podcast-nya. 

 

Untuk pembuatan cover art di Anchor ini ada tiga pilihan yang bisa Anda coba, mulai dari search for a photo atau Anda bisa membuatnya langsung melalui Anchor. Kemudian upload an image, yang mana Anda bisa mengunggah cover art yang sudah dibuat dari aplikasi lain. Lalu, choose one for me, di mana Anchor akan membuatkan gambar sampul Anda secara acak.

 

  1. Merekam Podcast

Nah, setelah melakukan langkah-langkah di atas, kini Anda bisa mulai merekam Podcast dengan cara klik tombol “new episode.” Lanjutkan dengan menekan tombol record, sehingga akan muncul jendela untuk mengizinkan akses mikrofon, ketuk “allow.” Namun, jika Anda sudah mempunyai rekamannya, Anda hanya perlu mengunggah file di bagian “click to upload or drop audio here.”

 

Setelah selesai merekam, beri keterangan, seperti judul episode yang Anda buat, deskripsi episode, dan memilih kapan Podcast akan dipublikasikan. Jika Anda sudah yakin dengan Podcast yang Anda buat, pilih “publish now.” 

 

 

Langkah Membuat Podcast Melalui Spotify

Selain melalui Anchor, Anda juga bisa membuat Podcast melalui Spotify, dengan cara seperti di bawah ini!

 

  1. Membuat Akun Spotify

Pertama Anda perlu sign up dulu melalui www.spotify.com atau melalui akses aplikasi pada ponsel pintar Anda. Isi semua data yang diminta, termasuk alamat email yang bisa digunakan untuk verifikasi. Setelah itu, Anda akan menerima email untuk verifikasi akun yang baru saja dibuat.

 

  1. Salin RSS Feed

Setelah akun Spotify Anda aktif, langkah selanjutnya adalah menyalin RSS Feed. Buka browser dan ketikkan alamat http://podcasters.spotify.com. Pilih “get started,” kemudian salin link RSS feed Podcast yang sudah Anda buat di tempat atau platform lain. Kemudian, nyalakan opsi “display personal email address publicly in RSS feed.” Terakhir, scroll ke bagian atas dan simpan pengaturan yang telah Anda buat. Nah, setelah Anda mendapatkan link RSS feed, salinlah link RSS feed, lalu klik next.

 

  1. Verifikasi Podcast

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah verifikasi Podcast yang dibuat. Spotify akan mengirimkan email verifikasi dan Anda akan mendapatkan kode unik. Hal ini dapat terjadi jika nama Podcast yang Anda buat sangat umum atau mirip dengan milik orang lain.

 

  1. Mengisi Deskripsi Podcast

Sebelum Podcast Anda bisa dinikmati pendengar, Anda harus mengisi informasi tentang Podcast tersebut. Di bagian primary category, isilah kategori yang sesuai dengan Podcast yang Anda buat. Jika sudah selesai, jangan lupa untuk menekan tombol submit.

 

Bagaimana, mudah, bukan? Itulah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat Podcast dengan Anchor dan Spotify. Saatnya Anda mencoba berkreasi dengan Podcast pertama Anda dan bagikan hasilnya di media sosial agar semakin banyak yang mendengarkan. Anda pun bisa memanfaatkan Podcast untuk social media and digital marketing bagi bisnis, brand, ataupun produk Anda.