MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Cara Promosi Bisnis di TikTok Agar Lebih Dikenal Generasi Milenial

21 Aug  · 
2 min read
 · 
eye 5.659  
Social Media

redcomm

Cara promosi bisnis di TikTok, bahkan jualan di TikTok, bisa dengan membuat konten yang menghibur, menggunakan hashtag challenge, memaksimalkan pemanfaatan fitur yang tersedia di TikTok, dan sebagainya. Yuk, baca penjelasan lengkap cara promosi bisnis di TikTok dalam artikel Redcomm Knowledge kali ini.

5 Cara Mempromosikan Bisnis di TikTok

Apabila Anda tertarik untuk memanfaatkan TikTok sebagai salah satu media promosi online dan menjadi tempat menerapkan strategi digital marketing di TikTok, berikut beberapa cara yang bisa Anda coba:

1. Membuat Konten yang Menghibur

Cara promosi bisnis di TikTok yang pertama, Anda bisa membuat konten yang menghibur, unik, dan up to date. Sebab, menayangkan konten yang membosankan dan tidak sesuai dengan momen terkini tentu tak bisa menarik perhatian audiens. 

Di saat yang sama, Anda juga harus memastikan jenis dan bentuk konten harus tetap relevan dengan produk, layanan, dan brand bisnis. Logika sederhananya, saat Anda menayangkan konten-konten yang menarik secara rutin, akun Anda akan semakin dilirik oleh pengguna TikTok lain. 

Dengan cara ini, jangkauan akun TikTok Anda pun akan bertambah dan brand awareness bisnis bisa mengalami peningkatan. Apalagi jika konten Anda banyak masuk For Your Page (FYP) TikTok atau dibagikan oleh pengguna lainnya hingga viral. 

2. Ikuti dan Bikin Hashtag Challenge

Hashtag merupakan salah satu fitur penting di aplikasi TikTok. Saat upload konten, gunakan hashtag yang sesuai agar konten mudah ditemukan dan bisa cepat populer. Cara terbaik untuk memulainya, ikuti hashtag challenge

Biasanya, di TikTok ada banyak hashtag challenge yang bisa Anda pilih sesuai dengan brand image. Selain itu, Anda juga bisa bikin hashtag challenge sendiri yang berkaitan dengan brand Anda. 

Membuat hashtag challenge sangat efektif untuk meningkatkan engagement dan brand awareness bisnis. Usahakan untuk membuat hashtag yang mudah diingat, catchy, dan tentunya sesuai dengan bisnis Anda.

3. Gunakan Fitur TikTok dengan Maksimal

TikTok memiliki banyak fitur yang bisa Anda gunakan untuk membuat konten kreatif, antara lain fitur duet with me dan berbagai macam efek video. Fitur duet with me dapat Anda gunakan untuk berkolaborasi dengan pengguna lain yang tersebar di seluruh dunia. 

Nah, manfaatkan saja fitur tersebut untuk bikin digital campaign yang berkaitan dengan produk atau layanan bisnis yang mau Anda promosikan.

Fitur efek video juga bisa Anda gunakan agar konten semakin kreatif dan menarik. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu klik tab effects, kemudian pilih fitur efek video yang tersedia dengan berbagai macam kategori, yaitu trending, new, editing, interactive, beauty, funny, world, animal, dan masih banyak lagi. 

Menariknya lagi, TikTok juga memiliki efek green screen dan fitur posting teks di TikTok. Anda bisa memanfaatkan berbagai macam fitur yang tersedia di TikTok dan mulai membuat konten yang kreatif.

4. Konten Behind The Scene yang Bikin Penasaran

Untuk meningkatkan keterlibatan audiens, Anda bisa membuat konten behind the scene. Ini cara yang bagus untuk mengajak audiens melihat bagaimana keseruan dibalik layar brand yang Anda bangun sekarang.

Jangan lupa, ajak audiens untuk terlibat aktif dalam konten tersebut, misalnya dengan meminta audiens memberi saran dan kritik, membeli komentar, like, dan sebagainya.

Bentuk konten lainnya yang juga bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis, misalnya proses pembuatan produk, memperlihatkan bahan-bahannya, hingga proses akhir packing produk. 

Membuat konten jenis ini tidak begitu sulit, karena Anda bisa melakukannya sembari proses berlangsung.

5. Konten Tutorial Step by Step

Selain membuat konten behind the scene, konten tutorial selalu menarik perhatian audiens. Terutama jenis konten yang dapat mengedukasi audiens terkait penggunaan dan perawatan produk secara step by step

Semakin audiens mengetahui cara penggunaan produk, semakin mereka tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. 

Alasan TikTok Efektif Sebagai Platform untuk Mempromosikan Bisnis

Saat ini, pengguna TikTok sudah sangat banyak. Bahkan, konten yang tersedia di platform ini begitu beragam dan kreatif, seperti challenge, menari, lipsync, bernyanyi, akting, tutorial makeup, dan masih banyak lagi. 

Banyaknya pengguna TikTok membuka peluang bagi pemilik bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Asalkan Anda bisa membuat konten yang menghibur, menginspirasi, atau bahkan mengedukasi, maka tetap ada potensi promosi yang Anda lakukan di TikTok memberi hasil yang signifikan. Misalnya untuk membangun brand awareness, memperbesar peluang terjadinya konversi, memiliki basis pelanggan yang loyal,dan sebagainya.

 

Setelah membaca artikel ini, tentu Anda sudah semakin mengerti apa saja yang perlu dilakukan jika ingin mempromosikan bisnis di TikTok. Jangan lupa cari tahu juga mengenai Apa Itu TikTok Ads dan Planning TikTok Marketing Agar Campaign Sukses.

Lalu untuk memudahkan kegiatan promosi yang tepat sasaran di TikTok, boleh juga lho berkonsultasi dengan Redcomm digital agency Jakarta. Digital agency Indonesia yang satu ini punya tim berpengalaman karena telah membantu lebih dari 500 brand menyelenggarakan pemasaran digital.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC