TikTok merupakan salah satu platform yang sedang digemari saat ini sebagai media sosial untuk berbagi video. Konten yang bisa ditemukan di TikTok sangat beragam, mulai tayangan terkait kreativitas, video unik, challenge yang sedang viral, bernyanyi, menari, lipsync lagu, dan lain sebagainya. Saking banyaknya pengguna media sosial juga sebagai pengguna TikTok, maka jelas peluang untuk melakukan promosi di platform ini terbuka lebar. Jadi, inilah 5 strategi marketing lewat TikTok yang patut dicoba. 

 

5 Strategi Marketing Lewat TikTok yang Patut Dicoba

  1. Menggunakan Hashtag yang Sesuai

Beberapa brand ataupun pengusaha online diketahui sudah cukup banyak yang melakukan strategi marketing lewat TikTok karena faktanya memang bisa mendatangkan banyak keuntungan. Jangkauan wilayah pengguna TikTok sangat luas, mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, bahkan paruh baya, semuanya tertarik menonton TikTok sebagai hiburan yang menyegarkan. Karena itu, TikTok menjadi media sosial yang memiliki potensi besar sebagai media promosi online. Sekarang tinggal bagaimana Anda menerapkan digital marketing strategy yang tepat sehingga bisa menjangkau pengguna TikTok tersebut. 

 

 

Salah satu strategi marketing lewat TikTok yang patut dicoba adalah menggunakan hashtag. Hashtag merupakan penanda untuk suatu bahasan tertentu agar mudah ditemukan, biasanya dengan menyertakan tanda tagar (#). Artinya, ketika Anda mencari suatu bahasan, nama, peristiwa, bahkan produk, dengan menggunakan hashtag tertentu, Anda akan mudah menemukannya. 

 

Awalnya, hashtag digunakan di Twitter. Sejalan dengan waktu juga digunakan di berbagai media sosial, termasuk TikTok. Dengan menggunakan hashtag tertentu pada caption, Anda akan membantu konsumen untuk menemukan produk, jasa, maupun brand usaha Anda. Konten video TikTok sangat bergantung pada hashtag. Ketika Anda memilih menu discover, video yang muncul diurutkan berdasarkan hashtag dan popularitas. Agar video yang dibuat bisa muncul, maka pilihlah hashtag yang lebih spesifik dan bisa menjadi ciri khas TikTok Anda.

 

  1. Mengikuti Tren dan Membuat Konten Menarik

Strategi marketing lewat TikTok mengandalkan video yang berisi berbagai hal yang sedang tren dan diminati banyak orang. Dengan tujuan memenuhi keinginan banyak orang akan suatu video hiburan, Anda perlu memikirkan dan merancang konten menarik seperti apa yang akan ditayangkan dalam video TikTok Anda. 

 

 

Hanya saja perlu diketahui, tren di TikTok cepat berubah. Jadi ketika mendapatkan momen tertentu yang sesuai dengan produk atau jasa yang hendak Anda promosikan, atau Anda ingin memperkenalkan bisnis Anda, segeralah membuat kontennya. Jika tren berlalu, Anda perlu memantau tren selanjutnya yang mungkin terjadi sehingga promosi yang Anda lakukan tepat sasaran.

 

  1. Melakukan Kolaborasi dengan Influencer TikTok

Strategi marketing lewat TikTok bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan memikat lebih banyak audiens. Agar tujuan meraih pasar yang lebih luas ini, Anda bisa pula berkolaborasi dengan influencer TikTok. Untuk melakukan kolaborasi, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu siapa influencer yang sedang digemari dan memiliki banyak pengikut. 

 

Hal berikutnya yang juga penting, Anda perlu mengetahui secara pasti dengan influencer seperti apa yang ingin Anda ajak bekerja sama. Untuk itu, lakukan analisis terlebih dahulu mengenai audiens dari influencer tersebut. Apakah audiens mereka sesuai dengan target pasar Anda atau tidak. Jika memang sesuai, maka kolaborasi bisa dilakukan. Jangan lupa gunakan fitur Duet with Me yang akan membuat kolaborasi bisa lebih interaktif.

 

  1. Membuat Deskripsi yang Jelas

Seseorang akan tertarik untuk melihat video atau konten yang dibuat jika terdapat deskripsi yang jelas. Deskripsi yang dipadukan dengan hashtag merupakan strategi marketing lewat TikTok yang bisa dianggap jitu. Sebab, hashtag bisa mendatangkan lebih banyak penonton, sementara deskripsi akan membuat seseorang lebih memahami konten yang dibuat.

 

 

Selain membuat deskripsi yang jelas, Anda dapat memanfaatkan berbagai efek yang tersedia di TikTok agar video menjadi lebih unik dan menarik, seperti efek trending, new interactive, funny, world, dan sebagainya. Anda juga bisa menggunakan efek layar hijau yang memungkinkan Anda mengganti latar belakang video.

 

  1. Sering Posting Video dan Sesekali Beriklan

Cara terakhir yang perlu dilakukan adalah rutin melakukan posting video TikTok. Banyaknya video yang diunggah tentu akan membuat lebih banyak orang mengunjungi akun Anda. Mereka yang berkunjung biasanya tidak hanya melihat satu video, namun bisa beberapa video sekaligus. Maka semakin banyak video yang Anda unggah membuka peluang semakin banyak pula video yang mereka tonton. Jika pengunjung channel TikTok Anda sudah banyak, tak ada salahnya sesekali memasang iklan di TikTok sebagai call to action dan mencapai tujuan dari social media and digital marketing yang Anda targetkan. 

 

Demikianlah beberapa cara melakukan strategi marketing lewat Tik Tokyang bisa Anda lakukan. Berbagai cara tersebut akan efektif jika dilakukan secara bertahap dan continue. Sehingga, produk yang dipasarkan bisa semakin dikenal dan laku keras di pasaran.