MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Strategi Marketing Lewat Tiktok yang Patut Dicoba

12 Apr  · 
2 min read
 · 
eye 22.278  
Social Media

redcomm

Untuk menjalankan strategi marketing di TikTok, Anda bisa menggunakan hashtag populer yang sesuai, mengikuti tren, konten yang menarik, kolaborasi dengan influencer TikTok, dan masih banyak lagi. Pelajari selengkapnya mengenai cara melakukan pemasaran di TikTok pada artikel kali ini. 

5 Strategi Marketing di TikTok yang Patut Anda Coba untuk Mempromosikan Produk

TikTok adalah salah satu platform media sosial untuk berbagi video yang digemari saat ini. Konten yang bisa ditemukan di TikTok sangat beragam, mulai tayangan terkait kreativitas, video unik, challenge yang sedang viral, bernyanyi, menari, lipsync lagu, dan lain sebagainya. 

Saking banyaknya pengguna TikTok, maka jelas peluang untuk melakukan promosi di platform ini terbuka lebar. Berikut 5 strategi memasarkan produk di TikTok yang patut Anda coba.

1. Menggunakan Hashtag yang Sesuai

Beberapa brand maupun pemilik bisnis online sudah banyak yang melakukan strategi marketing di TikTok karena faktanya memang bisa mendatangkan banyak keuntungan. Jangkauan wilayah pengguna TikTok sangat luas, mulai dari anak-anak, remaja, orang tua, bahkan paruh baya.

Karena itu, TikTok menjadi media sosial yang memiliki potensi besar sebagai media promosi online. Sekarang tinggal bagaimana Anda menerapkan strategi pemasaran yang tepat sehingga bisa menjangkau pengguna TikTok tersebut. 

Salah satu strategi marketing di TikTok yang patut Anda coba adalah menggunakan hashtag yang populer. Hashtag adalah penanda untuk suatu bahasan tertentu agar mudah ditemukan. Biasanya dengan menyertakan tanda tagar (#). 

Artinya, ketika Anda mencari suatu bahasan, nama, peristiwa, bahkan produk, dengan menggunakan hashtag tertentu, Anda akan mudah menemukannya. 

 Awalnya, hashtag digunakan di Twitter. Sejalan dengan waktu, TikTok pun menggunakan hashtag sebagai penanda agar konten lebih mudah ditemukan oleh audiens. 

Dengan menggunakan hashtag tertentu pada caption, Anda akan membantu audiens untuk menemukan produk, jasa, maupun brand usaha Anda. Contohnya, coba buka menu discover, Anda akan dapat menemukan berbagai konten video yang diurutkan berdasarkan hashtag dan popularitas. 

Nah, supaya konten video promosi Anda juga mudah ditemukan dan masuk dalam discover TikTok, pilihlah hashtag yang lebih spesifik dan bisa menjadi ciri khas konten TikTok Anda.

2. Mengikuti Tren dan Membuat Konten Menarik

Strategi marketing di TikTok mengandalkan kemampuan Anda menyediakan konten video yang menarik perhatian dan bisa menjadi solusi untuk menjawab kebutuhan pengguna TikTok. Termasuk, membuat konten yang sedang tren di TikTok.

Tapi ingat, tren di TikTok cepat berubah. Jadi ketika mendapatkan momen tertentu yang sesuai dengan tren dan memang relevan dengan produk atau layanan bisnis yang mau Anda promosikan, Anda harus bergegas membuat kontennya. Lalu saat tren sudah mulai turun, Anda perlu langsung mencari tahu tren apa lagi yang berikutnya akan naik.

Dengan cara ini, konten-konten Anda di TikTok akan selalu ditunggu-tunggu oleh followers. Semakin sering Anda bisa memenuhi kebutuhan audiens, maka mereka tak akan segan untuk mengikuti akun bisnis Anda, bahkan mau berinteraksi dengan memberikan like maupun komentar. 

Untuk tahun 2023 ini, coba pelajari juga tren marketing TikTok 2023 ini, siapa tahu bisa membantu Anda menemukan inspirasi dan ide konten TikTok berikutnya.

3. Melakukan Kolaborasi dengan Influencer TikTok

Jangkauan pemasaran melalui TikTok itu terkenal luas, mengingat yang bukan followers pun tetap bisa menemukan konten-konten Anda, selama konten tersebut mengikuti tren, menggunakan hashtag populer, atau masuk ke For Your Page (FYP).

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa melakukan kolaborasi dengan influencer TikTok untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan memikat lebih banyak audiens. Untuk melakukan kolaborasi, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu siapa influencer yang sedang digemari dan memiliki banyak pengikut. 

Untuk itu, lakukan analisis mengenai audiens dari influencer dan relevansi mereka dengan produk maupun layanan bisnis Anda. Cari tahu juga, apakah followers dari influencer yang akan Anda ajak bekerja sama sesuai dengan target pasar Anda atau tidak. 

Jika memang sesuai, maka kolaborasi bisa dilakukan. Jangan lupa gunakan fitur Duet with Me yang akan membuat kolaborasi bisa lebih interaktif.

4. Buat Deskripsi dan Caption yang Jelas

Seseorang akan tertarik untuk melihat video atau konten jika terdapat deskripsi dan caption yang jelas. Deskripsi yang dipadukan dengan hashtag menjadi salah satu strategi yang jitu. Sebab, hashtag bisa mendatangkan lebih banyak penonton, sementara deskripsi dan caption akan membantu audiens memahami isi konten.

 Selain membuat deskripsi yang jelas, Anda dapat memanfaatkan berbagai efek yang tersedia di TikTok agar video menjadi lebih unik dan menarik, seperti efek trending, new interactive, funny, world, dan sebagainya. 

Anda juga bisa menggunakan efek layar hijau yang memungkinkan Anda mengganti latar belakang video.

5. Sering Posting Video dan Sesekali Beriklan

Cara terakhir yang perlu dilakukan adalah rutin melakukan posting video di TikTok. Banyaknya video yang diunggah tentu akan membuat lebih banyak orang mengunjungi akun Anda. 

Mereka yang berkunjung biasanya tidak hanya melihat satu video, namun bisa beberapa video sekaligus. Maka semakin banyak video yang Anda unggah membuka peluang semakin banyak pula video yang mereka tonton. 

Jika pengunjung channel TikTok Anda sudah banyak, tak ada salahnya sesekali memasang iklan di TikTok sebagai call to action dengan harapan semakin banyak pengguna TikTok lainnya mengenal akun Anda.

 

Untuk memaksimalkan TikTok sebagai media pemasaran dan promosi, tak ada salahnya Anda mencari tahu tentang kalkulator TikTok. Cek di sini, yuk: Kalkulator TikTok: Pengertian, Kegunaan, dan Cara Menggunakannya

Selain itu, jangan lupa menghindari berbagai kesalahan yang seharusnya tidak Anda lakukan saat melakukan promosi di TikTok. Baca penjelasan lengkapnya di sini: 3 Kesalahan Promosi di TikTok yang Harus Anda Hindari.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER