MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Tips TikTok Marketing 2023 dan Panduan Penting yang Wajib Anda Tahu

07 Apr  · 
3 min read
 · 
eye 1.921  
Social Media

redcomm

Strategi TikTok tahun 2023 yang bisa Anda terapkan, seperti membangun komunitas di TikTok, menciptakan konten yang menghibur dan penuh humor agar audiens bisa terhubung satu sama lain, berkolaborasi dengan pengguna TikTok, bekerja sama dengan influencer untuk promosi, dan sebagainya. Cek di artikel Redcomm Knowledge kali ini strategi TikTok marketing 2023 selengkapnya.

Strategi Marketing TikTok 2023

1. Membangun Komunitas dan Meningkatkan Keterlibatan Audiens di TikTok

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pengikut di TikTok adalah dengan membangun komunitas. 

Selain itu, Anda juga perlu meningkatkan keterlibatan audiens di semua konten TikTok Anda. Sebab, keterlibatan pengguna menjadi kunci sukses pemasaran TikTok.

Maka, ciptakan konten yang mengundang sebanyak mungkin pengguna untuk berpartisipasi dan terlibat aktif dengan semua konten Anda. Misalnya, menciptakan konten yang unik dan menghibur, membuat TikTok challenge, atau membuat giveaway berhadiah.

2. Konten Kreatif yang Menarik Perhatian dan Otentik

TikTok adalah platform yang penuh dengan kreativitas dan inovasi. Pada tahun 2023, laporan TikTok 2023: What's Next Trend Report memperkirakan kreativitas dan inovasi tetap menarik perhatian para pengguna.

Nah, jika ingin mempromosikan dan memasarkan produk brand Anda di TikTok, maka buatlah konten kreatif yang menarik perhatian, unik, dan otentik. 

Bentuknya bisa berupa video yang menghibur, menginspirasi, cara melakukan sesuatu, atau konten yang bisa menyentuh hati pengguna TikTok.

Prinsipnya, konten Anda harus berfokus pada upaya menarik perhatian audiens sebanyak mungkin dan membuat mereka mau terlibat berinteraksi dengan konten-konten Anda.

3. Jangan Hanya Mempromosikan Produk, Tetapi Jualanlah di TikTok

Di tahun 2023, TikTok akan menjadi platform e-commerce yang kuat. Hal ini karena TikTok sudah mempersiapkan segalanya sejak beberapa tahun terakhir. Termasuk berbagai fitur yang memungkinkan pengguna untuk berbelanja langsung melalui aplikasi. 

Fitur e-commerce TikTok ini akan terus mengalami peningkatan dan memberikan peluang bagi para pebisnis untuk menjual produk langsung ke pengguna TikTok. Apalagi jika produk Anda sesuai dengan pangsa pasar pengguna TikTok yang memang kebanyakan dari generasi milenial.

4. Manfaatkan Hashtag Challenge untuk Meningkatkan Popularitas Brand

Hashtag challenge telah menjadi trend populer di TikTok selama beberapa tahun terakhir dan akan menjadi cara efektif mempromosikan dan memasarkan produk atau layanan bisnis pada tahun 2023 ini. 

Untuk itu, Anda perlu memanfaatkan tantangan hashtag atau hashtag challenge untuk menarik perhatian pengguna TikTok sebanyak mungkin. 

Buatlah tantangan menggunakan hashtag tertentu yang relevan dengan produk maupun layanan bisnis Anda. Lalu ajak audiens terlibat dan mengikuti tantangan. Dengan cara ini, kepopuleran dan visibilitas brand Anda semakin meningkat di TikTok.

5. Adakan Live Streaming secara Rutin

Pernahkah Anda menonton seseorang yang sedang melakukan live streaming di TikTok? Banyak kan yang ikut memberi komentar, berinteraksi dalam bentuk like, atau mengirim ikon-ikon seperti bunga, ikan hiu, dan sebagainya.

Nah, pada 2023 ini, Anda bisa memaksimalkan penggunaan live streaming untuk meningkatkan popularitas akun TikTok bisnis Anda. Bahkan, berpeluang mendorong audiens ikut berinteraksi secara langsung dengan produk atau layanan bisnis yang Anda promosikan. 

Kalau pada akun TikTok Anda sudah tersedia keranjang kuning, Anda bahkan bisa mendorong audiens untuk melakukan pembelian. Caranya, sediakan diskon khusus yang hanya berlaku selama Anda live streaming.

6. Gunakan TikTok Ads untuk Memperluas Jangkauan Audiens

TikTok ads adalah fitur yang tersedia di platform TikTok. Fitur ini memungkinkan Anda memasang iklan untuk memperluas jangkauan pemasaran dan mengembangkan bisnis.

Pemasangan iklan akan memudahkan Anda menargetkan audiens berdasarkan minat dan perilaku mereka. Beberapa jenis iklan yang bisa Anda pasang sesuai kebutuhan bisnis, misalnya iklan in-feed, iklan branded takeover, dan iklan top view. Berikut penjelasannya:

  • Iklan in-feed TikTok adalah iklan video yang muncul di antara video TikTok yang disukai pengguna. 
  • Iklan branded takeover adalah iklan video penuh layar yang muncul saat pengguna membuka aplikasi TikTok. 
  • Iklan top view adalah iklan video yang muncul di bagian atas feed TikTok dan dapat menjangkau jutaan pengguna TikTok dalam waktu singkat.

Menggunakan TikTok ads akan membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas serta meningkatkan kesadaran merek. Hal ini karena memasang iklan di TikTok juga memungkinkan Anda memanfaatkan opsi targeting iklan dan format iklan yang relevan dengan target audiens. 

Tak hanya memperluas target audiens dan meningkatkan brand awareness, Anda juga bisa mendorong audiens untuk mengikuti hashtag challenge, mengajak audiens berinteraksi, bahkan bisa mendorong audiens untuk melakukan pembelian.

7. Bekerja sama dengan Influencer untuk Promosi

Influencer marketing adalah strategi pemasaran di mana brand bekerja sama dengan influencer untuk melakukan promosi dan pemasaran untuk berbagai tujuan. Tujuan di sini bisa berupa meningkatkan brand awareness hingga meningkatkan konversi.

Anda bisa bekerja sama dengan influencer TikTok untuk meningkatkan jumlah pengikut dan engagement. Carilah influencer yang memiliki audiens sesuai dengan target pasar bisnis Anda.

Jika target pasar Anda adalah generasi milenial, maka cari influencer yang punya “pengaruh kuat” pada generasi milenial. Kemudian ajaklah mereka untuk bekerja sama menjalankan campaign pemasaran sesuai strategi yang Anda ingin jalankan.

Dengan cara ini, Anda bisa mempromosikan merek, meningkatkan kesadaran merek, dan memperluas jangkauan pemasaran. Dalam kerja sama dengan influencer, pastikan influencer tersebut relevan dengan merek Anda dan memiliki audiens yang cocok dengan target pasar Anda.


Strategi marketing di tahun 2023 sebagian besar berfokus pada audiens dan cara meningkatkan interaksi mereka dengan produk atau brand Anda dengan konten yang relevan dengan audiens. Cek di sini 7 Ide Konten TikTok yang akan Jadi Tren Tahun 2023.

Jika ingin bekerja sama dengan influencer untuk bikin campaign mempromosikan dan memasarkan produk, silakan cari tahu 10 top influencer TikTok di artikel ini: 10 Top Influencer Tiktok Indonesia untuk Promosi Bisnis Anda.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER