Algoritma Facebook
Keterlibatan pelanggan yang bermakna adalah kunci dari tata letak algoritma Facebook. Ini diciptakan untuk meningkatkan pentingnya dan jumlah penonton dari posting lokal, keluarga, dan bersahabat, daripada postingan bisnis.
Ini terdiri dari empat sinyal peringkat, yaitu popularitas, jenis konten, hubungan, dan ketepatan waktu.
Terdapat banyak perubahan dalam algoritma Facebook selama bertahun-tahun yang membuat sulit untuk mendapatkan postingan, terutama yang organik dan tepat tanpa perencanaan strategi.
Jangkauan organik di jaringan sosial sedang menurun. Di Facebook, ini berarti bahwa jangkauan rata-rata untuk postingan organik turun lebih dari 5 persen sementara tingkat keterlibatan hanya 0,25 persen yang turun menjadi 0,08 persen jika Anda memiliki lebih dari 100 ribu pengikut.
Konten berbayar di Facebook diberi peringkat secara terpisah tetapi masih berputar di sekitar keterlibatan, tanggapan pelanggan, dan relevansi terhadap topik tertentu.
Tips kunci untuk berinteraksi dengan algoritma Facebook termasuk:
- Membangun koneksi adalah kunci untuk memastikan merek Anda merespons komentar atau pertanyaan.
- Berusaha untuk mendapatkan respons yang lebih kuat daripada sekadar 'suka' karena Facebook memberikan lebih banyak bobot pada tombol reaksi.
- Gunakan Facebook Stories karena mereka tidak ada di berita Facebook sehingga tidak bergantung pada algoritma untuk dilihat.
- Video langsung mendapatkan lebih banyak keterlibatan dan oleh karena itu lebih disukai oleh algoritma.
- Hati-hati dengan konten eksternal - pastikan itu kredibel dan tidak menyesatkan sebelum mempostingnya.