MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Instagram Flipside: Fitur Rahasia Mirip Close Friend yang Bikin Heboh

 · 
1 min read
 · 
eye 266  
Social Media

redcomm

Instagram baru-baru ini menguji coba fitur terbaru mereka yang diberi nama Flipside. 

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengunggah foto profil, nama, serta foto dan video secara lebih pribadi di dalam "Feeds" dan "Stories".

Dengan Flipside, pengguna akan merasakan sensasi memiliki akun Instagram kedua yang lebih tertutup, terpisah dari akun utama mereka. 

Mereka bisa memilih pengikut dari akun utama yang diperbolehkan mengakses Flipside-nya.

Fitur ini sebenarnya mirip dengan yang kita kenal sebagai "Close Friend" atau "Teman Dekat", namun dengan lingkup yang lebih luas. 

Bedanya, Flipside memungkinkan kamu untuk memilih pengikut dari seluruh daftar followers kamu di Instagram utama.

Sebuah Inovasi yang Mempererat Hubungan Privasi

Kepala Instagram, Adam Mosseri, mengungkapkan bahwa perusahaan mereka akan melihat respons dari pengguna terhadap Flipside sebelum memutuskan untuk meluncurkannya secara luas.

Mosseri menegaskan bahwa Flipside bisa menjadi cara alternatif untuk mencapai audiens yang lebih kecil.

Meskipun begitu, Mosseri juga menyatakan bahwa belum ada keputusan pasti terkait peluncuran resmi Flipside ke publik. Mereka masih memperhatikan respons dan masukan dari pengguna.

Perbincangan mengenai fitur serupa sebenarnya telah muncul sejak tahun 2021, ketika seorang reverse engineer bernama Alessandro Paluzzi membagikan screenshot tentang Flipside. 

Instagram mengonfirmasi bahwa mereka tengah mengembangkan fitur tersebut.

Awalnya, Instagram melihat adanya tren penggunaan akun kedua untuk mengakses audiens yang lebih terbatas. 

Namun, rencana ini sempat mendapat sorotan saat masuk dalam pembahasan rapat senator di Amerika Serikat, dengan pertanyaan tentang pengawasan orang tua terhadap anak-anak mereka.

Tombol Rahasia dan User Experience 

Bagi pengguna yang telah memiliki akses ke fitur ini, akan ada sebuah tombol berlogo kunci di bagian kanan bawah profil mereka. 

Ketika tombol tersebut ditekan, pengguna akan dibawa ke halaman Flipside di mana mereka bisa mengelola konten dan pengikut dengan lebih terperinci.

Pengguna Flipside dapat dengan bebas mengunggah foto profil, biografi, foto, dan video ke laman "Feeds" dan "Stories". Namun, saat ini, mereka belum bisa mengunggah video untuk laman Reels.

Sementara Flipside masih dalam tahap uji coba, Instagram berharap fitur ini akan menjadi tambahan yang berguna bagi penggunanya. 

Namun, bagaimana penerimaan dan penggunaan sehari-hari dari fitur ini akan menjadi penentu utama bagi keputusan mereka ke depannya.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC