Lead adalah sejumlah orang yang tertarik pada satu atau lebih produk dengan memberikan data diri secara sukarela terhadap Anda sebagai pemilik usaha atau pihak penjual. Sedangkan, lead generation adalah sebuah strategi pemasaran dan periklanan yang diterapkan dengan tujuan untuk membangkitkan keingintahuan akan produk yang ditawarkan demi mendapatkan konsumen lebih banyak. Sayangnya, saat ini berkembang adanya leads palsu yang memberikan data diri secara sukarela, namun ketika dihubungi kembali untuk follow-up lebih lanjut, ternyata datanya fiktif. Agar Anda tidak terjebak dalam hal itu maka terapkan cara jitu mendapatkan leads anti gagal berikut ini. 

 

Cara Jitu Mendapatkan Leads Anti Gagal

  1. Cari Leads dengan Bantuan Digital Agency Jakarta

Dengan bantuan digital agency Jakarta Anda bisa mendapatkan data calon pelanggan secara lebih spesifik. Namun sebelumnya, Anda perlu tahu secara spesifik tujuan Anda mendapatkan calon pelanggan tersebut, apakah untuk meningkatkan brand awareness atau peningkatan konversi dalam bentuk transaksi pembelian. Salah satu best digital agency di Indonesia yang bisa dihubungi adalah Redcomm, yang akan siap membantu Anda mendapatkan leads yang sesuai dengan target pasar Anda. 

 

 

  1. Kupon Diskon

Setiap orang pasti menyukai diskon atau potongan harga. Nah, ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan lead yang lebih banyak. Kendati awalnya orang hanya ingin mendapatkan diskon, tetapi begitu mereka mulai melakukan transaksi pembelian biasanya akan ada tambahan produk lain yang juga mereka beli. Oleh karena itu, membagikan kupon diskon kepada pelanggan potensial untuk memancing lebih banyak pembelian merupakan strategi pemasaran yang sudah banyak terbukti ampuh. 

 

  1. Mengadakan Demo Produk

Pernah menghadiri acara demo masak? Coba Anda perhatikan, acara demo masak itu tidak melulu hanya memberi tahu para audiens cara memasak sesuatu, melainkan juga memberitahu peralatan memasak yang digunakan, kadang perabotan dapur seperti lemari pendingin pun bisa ikut dipromosikan di dalam acara tersebut. 

 

Cara lain, lakukan demo produk, kemudian buat promo siapa pun yang melakukan satu pembelian selama acara akan mendapatkan gratis satu produk. Dengan strategi seperti ini, Anda pun bisa mendapatkan lead anti gagal. Apalagi selama acara tersebut, pelanggan bisa secara langsung melihat dan membuktikan kualitas produk yang Anda tawarkan. 

 

  1. Sistem Giveaway Demi Leads Lebih Banyak

Giveaway merupakan trik yang sedang trend saat ini. Jadi, Anda tinggal menyediakan hadiah gratis yang akan Anda bagikan kepada orang yang memenuhi syarat yang telah ditentukan tanpa orang itu perlu melakukan pembelian. Sudah cukup banyak brand yang melakukan sistem giveaway untuk mendatangkan leads lebih banyak, baik di media televisi, radio, maupun di media sosial, karena memang dampaknya sangat bagus untuk membuat banyak orang tertarik dengan produk maupun brand Anda. 

 

 

  1. Adakan Event atau Pameran

Mengadakan pameran akan cepat menggaet leads atau calon konsumen karena dibekali dengan trik registrasi. Artinya, setiap pengunjung yang datang ke pameran itu akan dapat diminta untuk mengisi formulir pendaftaran atau buku tamu. Kemudian, data yang masuk akan disimpan dan dihubungi kembali ketika pihak perusahaan hendak melakukan promosi lanjutan, baik melalui pengiriman email marketing, pesan ke media sosial, dan sebagainya. Nilai lebih yang bisa diperoleh yakni sesama pengusaha bisa tahu tentang kompetitornya dan bertukar leads. Simbiosis mutualisme akan banyak terjadi daripada Anda menerapkan sistem door to door menawarkan produk. 

 

  1. Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial

Tanpa perlu dijelaskan lagi, sebenarnya Anda telah tahu bahwa aplikasi media sosial saat ini sangat digandrungi hampir semua lapisan masyarakat. Anda bisa masuk ke grup atau komunitas yang relevan dengan dengan produk Anda. Sebagai contoh, Anda memiliki rumah untuk disewakan, Anda bisa bergabung ke grup sewa kota A atau jual beli rumah dan tanah. Nantinya, setiap Anda melakukan postingan mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan, maka informasi mengenai produk tersebut bisa menjangkau lebih banyak orang yang memiliki minat yang sama. 

 

  1. Sediakan Layanan Chat di Website

Pengalaman pribadi seseorang ketika butuh informasi maka ia akan mencari halaman atau kolom chatting. Kolom ini dikendalikan oleh admin yang bertugas 24 jam dengan aplikasi bisnis atau bisa pula Anda menggunakan chatbot. Ketika konsumen mengklik kolom chat, untuk mengajukan pertanyaan, maka mereka bisa mendapatkan jawaban segera. Selain itu, pastinya mereka akan memberikan data email atau nomor telepon sebagai data awal yang nantinya bisa Anda gunakan untuk penerapan strategi marketing lanjutan untuk follow up

 

 

  1. Isi Konten Informatif

Membaca seputar komponen produk akan menambah nilai leads menjadi semakin tinggi. Anda cukup isi website dengan artikel yang bermutu dan atau video pendukung sehingga konsumen tertarik dengan apa yang ditawarkan. 

 

Itulah 8 cara jitu mendapatkan leads anti gagal. Semoga bermanfaat dan setelah ini Anda bisa mendapatkan leads lebih banyak lagi.