Setiap pemilik bisnis harus memiliki strategi jitu dalam menciptakan merek atau brand yang memiliki loyalitas pelanggan, terutama di era digital seperti sekarang. Nah, dalam mengeksekusi digital marketing strategist, ada banyak pengusaha yang menyewa jasa agency, baik itu digital marketing agency maupun creative agency. Lalu, apa perbedaan antara digital marketing agency dan creative agency?

 

Sebelum membahas mengenai perbedaan kedua penyedia layanan agensi digital di atas, mari terlebih dahulu mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memasarkan produk di internet!

 

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Digital Marketing untuk Bisnis Anda

Pemasaran digital memang lebih relevan untuk menjangkau generasi milenial dan generasi Z. Namun, sebagai seorang pebisnis, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tujuan bisnis yang ingin dicapai dan apa saja yang harus dipersiapkan saat melakukan digital marketing. 

 

Misalnya, memastikan setiap posisi untuk tim kampanye pemasaran digital, seperti copywriter yang memiliki skill copywriting mumpuni, social media strategist, social media specialist, dan lainnya, termasuk job desc masing-masing.

 

Kemudian, Anda pun harus membuat pondasi yang kokoh terkait produk yang hendak Anda pasarkan. Hal ini, bertujuan agar bisnis dapat terus berkembang atau terus tumbuh menjulang layaknya gedung pencakar langit, dan tak mudah goyah saat hambatan datang.

 

Anda bisa melakukannya sesuai saran Denny Santoso, pakar digital marketing dan entrepreneur Indonesia, yang tertuang pada channel YouTube-nya. Jadi, buatlah sesuatu yang dibutuhkan banyak orang, berdasarkan fear dan pain point dari target audience Anda. 

 

 

Contoh lain, misalnya Steve Jobs yang menciptakan Apple. Lalu, ada Elon Musk dengan penemuan-penemuan jeniusnya, SpaceX dan mobil listrik Tesla. Mereka menciptakan produk baru yang dapat menjawab kebutuhan manusia. Terkait penciptaan produk ini, Anda pun bisa melakukan inovasi pada produk lama, yang diperbarui dan disesuaikan dengan perkembangan zaman.

 

Setelah menemukan produk yang menjadi solusi atas masalah yang dihadapi konsumen dan faktor lainnya, kini saatnya Anda masuk ke tahap otomatisasi.

 

Tahap ini bertujuan untuk membuat pembeli melakukan repeat order terhadap produk Anda. Terdapat beberapa strategi yang dipakai, seperti penggunaan landing page yang atraktif. Kemudian, menyediakan layanan secara gratis, seperti free trial sebelum berlangganan, demo, freebies atau sampel produk gratis, bahkan bisa pula menyediakan ebook, yang membuat konsumen secara sukarela memberikan kontak mereka.

 

Selanjutnya, maksimalkan dengan bantuan iklan, seperti Google ads, Facebook ads, iklan di Instagram ads, dan sebagainya, untuk meningkatkan traffic. Anda bisa pula menerapkan strategi reseller yang berdampak pada angka penjualan. 

 

Untuk hasil yang maksimal semua hal tersebut, bekerja sama dengan tim digital marketing agency Indonesia atau tim digital marketing agency Jakarta, bisa menjadi solusi terbaik. Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai perbedaan antara digital marketing agency dengan creative agency.

 

 

Perbedaan Creative Agency dengan Digital Marketing Agency pada Umumnya

Agensi kreatif adalah sebutan untuk agensi yang menawarkan berbagai jasa pemasaran dan periklanan, untuk keperluan promosi dengan strategi yang out of the box. Umumnya, beberapa creative agency memiliki spesialisasi dalam satu hal atau lebih, seperti menyediakan:

 

  • Layanan strategi, mulai dari strategi periklanan, strategi merek, strategi konten, pemasaran, social media campaign, dan masih banyak lagi lainnya.
  • Melakukan riset dan analisis.
  • Content creation, meliputi pembuatan konten, penulisan blog dan artikel, copywriting, perencanaan dan penerbitan konten, visualisasi data, pembuatan ebook. Kemudian juga video tutorial, desain, infografis, video animasi, fotografi, dan pengembangan web.
  • Layanan komunikasi, seperti media planning dan media buying, kerja sama pembuatan konten bersponsor, marketing influencer dan lain-lain.

 

Singkatnya, agensi kreatif adalah mitra kreatif yang akan membantu brand atau bisnis Anda menjadi lebih dikenal masyarakat luas dengan cerita yang unik.

 

Bagaimana Bentuk Tim Creative Agency?

Creative agency terdiri dari berbagai pakar yang dapat mendukung strategi merek yang Anda miliki. Meskipun beberapa agensi dapat memberikan layanan yang hampir serupa dengan agensi kreatif, banyak agensi yang berfokus pada satu layanan atau kategori tertentu. Inilah yang membedakan antara digital marketing agency dengan creative agency.

 

Misalkan design agency akan menawarkan layanan desain untuk berbagai media visual, termasuk versi cetak dan digital. Sementara, digital marketing agency akan berfokus pada strategi pemasaran digital, terutama penerapan teknik SEO dan perolehan prospek. Sedangkan agen periklanan, berfokus secara khusus pada periklanan, baik digital, iklan komersial di TV, iklan cetak, dan sebagainya.

 

 

Keuntungan Bekerja Sama dengan Creative Agency

Keuntungan menggunakan jasa creative agency, di antaranya:

 

  1. Perusahaan bisa lebih fokus pada tujuan utama, karena tak perlu memusingkan strategi branding dan inovasi produk secara bersamaan. Hal ini karena personal branding perusahaan sudah ditangani oleh tim creative agency Indonesia.
  2. Perusahaan bisa membentuk branding sesuai dengan keinginan.
  3. Menghemat anggaran dan fungsional karena creative agency menyediakan paket yang bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki perusahaan.
  4. Perusahaan dapat membangun hubungan yang interaktif dengan pelanggan. Problem mayoritas pengusaha adalah terbatasnya waktu dalam mengelola akun media sosial. Nah, saat Anda menggunakan jasa creative agency, maka pengelolaan seluruh akun media sosial akan dilakukan oleh tim creative agency.
  5. Perusahaan dapat menghasilkan konten menarik yang berhubungan dengan produk yang dimiliki. Suatu creative agency akan membantu mengemas produk bersama konten menarik yang berpotensi viral dan mengikuti perkembangan.

 

 

Nah, saat ini pemasaran menggunakan platform digital semakin dimudahkan karena keberadaan creative agency maupun digital marketing agency Indonesia. Lalu, mengetahui perbedaan masing-masing akan memudahkan Anda memilih dalam jasa yang tepat.