3. Profil yang Ramah SEO
Untuk memastikan audiens mudah dalam menemukan Anda secara online, lakukan penelitian dan penerapan keywords yang relevan dengan bidang atau profesi Anda.
Penelitian kata kunci adalah bagian penting dari setiap inisiatif personal branding. Namun alih-alih memikirkan kata kunci yang bisa mengasosiasikan diri sendiri, lebih baik pertimbangkan untuk menggunakan frasa yang sering digunakan audiens untuk menemukan seseorang seperti Anda.
Setelah memutuskan satu atau dua kata kunci, masukkan keywords tersebut ke dalam profil LinkedIn, bio Twitter, blog, resume, situs web, dan media sosial lainnya yang Anda miliki.
Hal berikutnya yang harus diperhatikan, usahakan untuk memaksakan penggunaan kata kunci yang hanya membuat kalimat Anda di profil jadi aneh. Hindari juga melakukan keyword stuffing yang hanya membuat Anda terlihat tidak profesional.
Aturan praktis yang baik dalam penggunaan kata kunci:
- Letakkan kata kunci di header LinkedIn.
- Kata kunci pada pernyataan posisi.
- Sebutkan kata kunci sebanyak dua hingga tiga kali di bagian about.
4. Sudut Pandang yang Unik
Cara Anda menyampaikan sesuatu turut menentukan personal brand. Sederhananya begini, kalau Anda terdengar dan terlihat seperti kebanyakan orang, maka audiens akan kesulitan mengenali dan mengingat Anda.
Itu sebabnya, miliki ciri suara dan gaya komunikasi yang khas. Gunakan pilihan kata yang menarik dan tidak biasa.
Untuk memahami sudut pandang yang bisa Anda tawarkan, coba jawab beberapa pertanyaan berikut:
- Bagaimana saya akan menggambarkan diri saya dalam 3-5 kata?
- Apakah nada saya formal atau santai?
- Apakah saya menggunakan kata-kata tertentu atau menghindari kata-kata tertentu? Misalnya kata-kata kasar atau istilah / jargon industri.
- Apakah yang saya lakukan lebih baik dari yang lain?
- Apa nilai yang bisa saya tawarkan kepada komunitas / industri / jaringan saya?
Ketika sudah tahu apa yang membedakan Anda dengan orang lain, buat konten atau artikel, kemudian publikasi di media digital. Bagikan sudut pandang unik Anda dan mulailah meningkatkan personal branding dari tahap ini.
Dengan merepresentasikan personal brand yang berbeda, Anda akan mempermudah pembeli untuk memilih Anda daripada penyedia lain. Nantinya, Anda dapat meningkatkan otentisitas dan bisa menghasilkan penjualan yang lebih banyak. Oh ya, sembari menerapkan panduan meningkatkan personal branding, jangan lupa terapkan juga Tips Efektif Memperkuat Personal Branding yang Memikat.