MENU
SEARCH KNOWLEDGE

9 Usaha Rumahan yang Menguntungkan di Bulan Ramadhan

05 Jan  · 
2 min read
 · 
eye 20.086  
Business

redcomm

Menjelang bulan puasa Ramadhan, banyak orang yang mencari ide bisnis atau ide usaha rumahan yang menjanjikan keuntungan dan bisa dikerjakan selama bulan Ramadhan. Apakah Anda salah satunya? 

Ada banyak jenis usaha rumahan yang tak perlu tempat usaha khusus untuk menjalankannya di bulan Ramadhan, seperti jualan takjil, jual kue kering, buka katering sahur, jualan kue kering, jual toples untuk penjual kue kering, dan sebagainya. 

Semua jenis usaha rumahan tersebut bisa Anda jalankan dengan modal kecil, namun berpotensi mendapatkan keuntungan yang lumayan. Yuk, baca 9 ide usaha rumahan berikut ini:

Rekomendasi 9 Ide Usaha Rumahan di Bulan Puasa Ramadhan

1. Jasa Fotografi dan Video

Selama bulan puasa Ramadhan, cukup banyak orang yang menyelenggarakan acara, mulai dari acara buka puasa bersama rekan sekantor, buka puasa alumni sekolah, acara keagamaan komunitas, dan sebagainya. 

Momen seperti ini sangat sayang kalau tak diabadikan dalam bentuk foto dan video. Nah, ini bisa jadi peluang bagi Anda membuka jasa fotografi atau jasa pembuatan video marketing, khusus untuk acara yang diselenggarakan selama bulan Ramadhan. 

2. Jualan Produk Halal

Sebenarnya produk yang Anda jual merupakan produk kebutuhan yang juga banyak dijual oleh pengusaha lain, seperti makanan, produk kecantikan, dan sebagainya. 

Namun karena ini bulan Ramadhan, Anda bisa lho menjual produk yang mengutamakan halal dan menargetkan konsumen muslim.

Contoh produknya: jualan makanan kering halal, paket bahan sayuran organic yang halal, atau bisa juga produk kosmetik yang sudah terjamin kehalalannya.

3. Menjual Produk Islami

Memang ada banyak jenis usaha yang juga menjual produk islami, namun biasanya produk mereka bercampur dengan produk lain. 

Otomatis untuk mendapatkannya jelas membutuhkan waktu dan tenaga, terlepas harus keluar biaya juga untuk membelinya.

Untuk membantu konsumen mendapatkan produk Islami dengan cara yang lebih mudah, Anda bisa membuka usaha rumahan dengan menjual produk Islami, kemudian lakukan promosi di media sosial

Misalnya, menjual buku-buku tentang puasa, ibadah, dan buku Islami lainnya. Lalu, bisa pula menjual peralatan ibadah, seperti sarung, sajadah, mukena, atau baju Muslim. 

Selain mendapatkan keuntungan, Anda juga akan mendapatkan pahala lain karena sudah membantu konsumen memenuhi kebutuhan mereka selama menjalankan ibadah puasa.

4. Katering Makan Sahur

Usaha rumahan berikutnya yang bisa Anda jalankan selama bulan Ramadhan adalah katering sahur. Seperti yang Anda tahu, sahur memiliki waktu yang sangat terbatas. Alhasil banyak orang yang tidak sempat memasak.

Nah, target konsumen untuk usaha rumahan Anda ini adalah konsumen yang sibuk dan kesulitan untuk memasak menu sahur sendiri. 

Anda tinggal menyebar daftar menu makan sahur yang bisa dipilih kepada target konsumen. Minta mereka memilih menu untuk jangka waktu 1 bulan dengan sistem berlangganan. 

Nanti setiap mendekati jam sahur, Anda akan mengantarkan menu sahur ke rumah masing-masing konsumen.

5. Jasa Pengantaran Menu Berbuka dan Sahur Untuk Orang yang Mau Berbagi

Umumnya, cukup banyak orang yang ingin berbagi kepada orang lain selama bulan Ramadhan dengan cara menyediakan makanan berbuka dan sahur. Misalnya berbagi makanan untuk tukang ojek, sopir angkutan umum, petugas keamanan, dan orang yang membutuhkan.

Namun sayangnya, tidak semua di antara mereka punya waktu dan kemampuan untuk membagikannya. 

Ini bisa jadi peluang Anda yang ingin menjalankan usaha rumahan modal kecil, yaitu dengan membuka jasa pengantaran makanan bagi orang di jalanan.

6. Berjualan Aneka Takjil

Ramadhan tentu saja tidak bisa dipisahkan dari keberadaan takjil untuk berbuka puasa. Takjil adalah makanan ringan atau minuman yang dikonsumsi pada saat berbuka puasa selama bulan Ramadhan. 

Ini bisa menjadi usaha rumahan yang mudah dilakukan dan menjanjikan keuntungan. Cukup sediakan beragam jenis takjil, seperti kolak pisang dan ubi jalar, kolak biji salak, es buah, bubur sumsum, dadar gulung, timus, bubur mutiara, bubur kacang hijau, dan sebagainya. 

Kemas dalam wadah bertutup, kemudian Anda tinggal menjualnya di depan rumah, atau di pinggir jalan yang banyak dilalui orang.

7. Jualan Paket Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa

Selama bulan Ramadhan, sudah banyak pelaku usaha yang menjual makanan untuk berbuka puasa. Tetapi masih sedikit lho yang fokus menjual makan sehat. 

Anda bisa memulai usaha rumahan ini dengan cara menyediakan beragam makanan sehat yang mudah disiapkan untuk orang yang ingin berbuka puasa. 

Makanan tersebut dapat berupa buah-buahan segar, sayuran, atau camilan sehat yang rendah kalori dan tinggi serat.

8. Usaha Rumahan Menjual Minuman Tradisional

Selain makanan sehat, Anda juga dapat menjual minuman tradisional yang dapat membantu mengembalikan energi setelah berpuasa seharian. 

Beberapa minuman yang populer untuk berbuka puasa adalah air kelapa, air lemon, beras kencur, atau air jahe gula merah.

9. Kurma dan Manisan Buah

Kurma adalah salah satu makanan yang paling banyak diburu ketika bulan Ramadhan. Tidak hanya untuk berbuka atau sahur, tapi kurma sangat cocok untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Selain menyediakan berbagai jenis kurma, Anda juga bisa menjual banyak manisan buah. Kudapan manis ini sangat cocok untuk dimakan bersama keluarga besar termasuk anak-anak.


Mana usaha rumahan yang menarik minat dan ingin Anda jalankan di bulan Ramadhan tahun ini? Kalau masih butuh ide bisnis lainnya, langsung klik artikel berikutnya: 5 Ide Bisnis dari Rumah yang Bisa Dijalankan Siapa Pun.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER