Untuk melakukan pemasaran melalui internet atau media digital, ada banyak cara yang bisa ditempuh. Salah satunya dengan melakukan digital campaign yang menerapkan strategi social media marketing dan pemasangan iklan berbayar.

 

Pemasaran dengan digital marketing strategist tersebut ampuh untuk menjangkau pelanggan dari kaum milenial, yang mana gemar menggunakan media sosial dan internet dalam kesehariannya. Lalu, bagaimana dengan pemasangan iklan berbayar? Jangkauan target iklan yang seperti apa yang cocok untuk promosi dengan pasang iklan berbayar? 

 

Lebih Untung Mana, Promosi dengan Social Media Marketing atau Pasang Iklan Berbayar?

Kalau Anda bertanya lebih untung mana, promosi dengan social media marketing atau pasang iklan berbayar dalam melakukan pemasaran digital, maka jawabannya bisa Anda temukan dari artikel yang Recomm Knowledge bagikan kali ini.

 

 

  1. Keuntungan dan Kekurangan Social Media Marketing untuk Promosi Produk

Saat ini, ada berbagai media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan atau memasarkan produk maupun bisnis Anda secara gratis, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, Linkedln, TikTok, YouTube, Podcast, bahkan Pinterest. Media sosial menjadi media promosi online yang memang telah terbukti mampu meningkatkan brand awareness, juga penjualan produk dan jasa. Hal ini didukung dengan adanya data dari survei yang pernah dilakukan We Are Social, pengguna aktif di media sosial yang berasal dari Indonesia di tahun 2020 telah mengalami peningkatan hingga 10 juta pengguna.

 

Untuk memulai digital marketing pada platform media sosial, tentunya Anda harus membuat akun media sosial untuk bisnis Anda terlebih dahulu. Kemudian, menyiapkan format konten yang tidak hanya menarik, namun sesuai dengan para pengguna terbanyak di platform tersebut. Contoh, penggemar TikTok dan Instagram kebanyakan adalah generasi milenial sehingga Anda perlu menyesuaikan konten promosi Anda dengan target pasar yang Anda incar.  

 

Selain konten, Anda perlu pula menyiapkan deskripsi atau caption yang mengundang rasa penasaran calon pelanggan Anda. Tidak cukup sampai di situ, Anda harus berusaha menggaet followers dan menciptakan interaksi yang bagus dengan para pengikut Anda di media sosial untuk mendapatkan kepercayaan mereka dan membuat mereka mau mengenal dan menggunakan produk Anda. 

 

 

Walaupun gratis, pada dasarnya Anda harus meluangkan waktu dan tenaga dalam melakukan social media marketing ini. Karena tanpa riset yang dilakukan secara berkesinambungan, maka konten yang dibuat belum tentu bisa menjangkau pasar yang ditarget dengan maksimal. 

 

Persaingan dengan kompetitor juga perlu Anda waspadai karena jika tidak, Anda bisa tertinggal dan campaign yang Anda lakukan pun jadi tak berguna. Untuk bisa mengoptimalkan social media marketing, Anda bisa menggandeng social media agency, creative media agency, digital agency Indonesia, atau digital agency yang benar-benar paham dengan penerapan social media and digital marketing.

 

  1. Kelebihan dan Kekurangan Pasang Iklan Berbayar

Iklan berbayar atau dikenal juga dengan Paid Ads merupakan cara pemasaran digital melalui pemasangan iklan di platform tertentu sehingga mengundang pemirsa atau calon pelanggan untuk mengunjungi halaman produk terkait. Untuk menggunakan fitur iklan ini, tentunya Anda harus membayar biaya pemasangan iklan pada penyedia layanan yang Anda pilih.

 

Jika dulu hanya ada Google Ads dengan fitur paid search, saat ini ada pilihan platform lain untuk memasang iklan media digital. Ya, pasang iklan berbayar di media sosial seperti Instagram Ads, Facebook Ads, TikTok Ads, YouTube Ads, Linkedln, dan lain-lain, disebut juga social media advertising atau Paid Social.

 

 

Dengan memasang iklan media sosial melalui digital advertising agency, Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dari promosi yang dilakukan. Alasannya, ketika Anda menggunakan paid social, maka kemungkinan untuk menargetkan calon pelanggan Anda bisa lebih spesifik atau sesuai target serta dapat disesuaikan dengan demografi, baik dari segi gender, usia, pekerjaan, hobi, bahkan minat mereka.

 

Pasang iklan berbayar di media sosial memiliki keuntungan lain berupa meningkatkan awareness, consideration, conversations, views, serta engagement yang maksimal untuk bisnis Anda karena format iklannya yang lebih beragam. Ini jelas sangat menguntungkan dalam upaya menarik calon pelanggan baru maupun meningkatkan penjualan dari pelanggan lama. Anda tak perlu repot melakukan berbagai cara agar media sosial bisnis Anda dikunjungi. 

 

Calon pelanggan yang bukan followers Anda pun bisa tahu keberadaan produk atau bisnis Anda secara lebih praktis berkat iklan berbayar. Namun tentu saja, Anda harus menyiapkan anggaran iklan yang lebih banyak dibandingkan dengan melakukan social media marketing yang natural atau organik.

Jadi, dapat disimpulkan jika pasang iklan berbayar di media sosial membuat kegiatan promosi Anda lebih efektif dibandingkan menggunakan social media marketing tanpa iklan. Di saat yang sama, social media marketing juga memiliki kelebihannya sendiri yang akan membantu Anda meningkatkan brand awareness. Oleh karena itu, Anda sangat dianjurkan untuk mengkolaborasikan keduanya sebagai strategi pemasaran digital bagi bisnis Anda.