Salah satu digital marketing strategist yang efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan potensial maupun leads secara personal adalah email marketing. Email marketing merupakan kegiatan promosi digital yang ditujukan kepada sekelompok orang yang menjadi target dengan menggunakan media elektronik mail.

 

Email marketing mempunyai bentuk yang bervariasi sehingga lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Jika dilakukan secara efektif dan benar, email marketing bisa menghasilkan ROI yang lebih tinggi dibandingkan dengan social media campaign. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis email untuk digital marketing. 

 

Jenis-jenis Email untuk Digital Marketing

Hingga saat ini, isi dari email marketing tidak terbatas pada teks saja. Untuk menunjang kebutuhan promosi atau pemasaran digital, Anda dapat menyisipkan gambar maupun video sehingga penawaran bisa menarik perhatian pelanggan.

 

 

  1. Newsletter 

Newsletter merupakan jenis email marketing yang informatif. Isinya bisa berupa promo produk terbaru, voucher diskon, survei, hingga informasi mengenai produk atau perusahaan. Melalui jenis email ini, Anda bisa menyisipkan link yang mengarahkan pelanggan ke website bisnis Anda. 

 

Semakin banyak email yang Anda kirimkan kepada pelanggan, semakin besar pula peluang produk Anda dikenal. Meski begitu, jenis email ini membutuhkan desain yang lebih rumit. Desain newsletter harus menyesuaikan dengan isinya. Sebagai solusi, ada berbagai macam tools yang bisa digunakan untuk membuat template email marketing

 

  1. Email Khusus

Berbeda dari newsletter, email khusus bisa dikirim melalui alamat email pribadi. Biasanya email jenis ini hanya mengandung suatu informasi tertentu. Salah satu contoh dari email marketing jenis ini adalah undangan untuk bergabung dalam suatu komunitas ataupun organisasi. 

 

Jika dibandingkan dengan jenis email marketing lainnya, Anda bisa mengirim lebih banyak pesan dengan email khusus. Kendati demikian, perbedaan alamat email bisa menimbulkan keengganan pada konsumen untuk membuka email yang Anda kirimkan. 

 

 

  1. Digest Email 

Jenis digest email dibuat secara otomatis menggunakan mailing list elektronik. Melalui digest mail, Anda dapat membatasi jumlah penerima pesan dalam satu kali pengiriman. Selain itu, Anda dapat mengatur periode penggunaan email, apakah akan dikirim dalam hitungan hari, minggu, atau bulan. 

 

  1. Email Sponsor

Email sponsor dapat digunakan untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas dan menjaring konsumen baru. Jenis email ini memungkinkan Anda dapat memilih vendor mana yang akan diajak bekerja sama atau berkolaborasi dan mempunyai banyak pelanggan potensial.

 

Selain itu, Anda juga bisa menentukan target pasar secara spesifik melalui email sponsor. Namun, email marketing jenis ini tidak bisa Anda nikmati secara gratis. Ada biaya yang harus dikeluarkan agar email bisa masuk ke dalam salinan newsletter milik vendor lain. 

 

 

  1. Email Follow-up

Email follow-up juga termasuk email informatif yang dikirim secara berkelanjutan kepada pelanggan. Informasi yang terdapat dalam email ini biasanya sangat ditunggu oleh pelanggan setia Anda. Lebih lanjut, email follow-up berguna untuk menjaga pelanggan setia Anda agar tidak berpindah ke lain hati. 

 

  1. Email Transaksional 

Jenis email marketing yang terakhir adalah email transaksional. Email ini biasanya dipicu tindakan yang diambil oleh kontak email Anda. Salah satu tindakan yang biasa dilakukan adalah terjadinya transaksi. Setelah melakukan transaksi, pelanggan akan menerima email berisi data log in, harga produk, rincian belanja, dan lain sebagainya. 

 

Itulah 6 jenis email yang bisa digunakan dalam digital marketing. Masing-masing jenis mempunyai kelebihan dan kekurangan. Namun, terlepas dari kekurangannya, email marketing menjadi metode pemasaran yang efektif untuk meningkatkan page view maupun penjualan. 

 

Anda bisa menggunakan tools email marketing untuk memaksimalkan promosi digital. Beberapa fitur yang ditawarkan tools email marketing, seperti template, landing page builder, broadcast email, dan sebagainya. Selain menggunakan versi gratis, Anda bisa menggunakan tools email marketing versi berbayar untuk menikmati fitur lengkap.