Bisa dikatakan upaya membuat konten marketing yang 100% original itu cukup sulit. Sebab, apa yang Anda pikirkan mungkin saja sudah dilakukan oleh orang lain. Meskipun begitu, Anda tak perlu khawatir berlebihan. Anda tetap bisa selangkah lebih maju dari kompetitor saat melakukan internet marketing strategies. Caranya, carilah topik yang sedang tren atau hangat diperbincangkan, dan buatlah prediksi konten yang nantinya akan populer.

 

Cara Memprediksi Tren Konten

Agar bisa memprediksi konten, Anda perlu melakukan riset topik terlebih dahulu sebelum membuat konten. Ada berbagai tools yang bisa digunakan untuk keperluan ini. Salah satunya menggunakan Google keyword planner. Tool milik Google ini dapat membantu Anda menemukan kata kunci yang banyak dicari, termasuk yang digunakan oleh kompetitor. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memprediksi tren konten, antara lain:

 

  1. Mengamati Peristiwa Terkini di Mesin Pencari dan Media Sosial

Pemberitaan media offline dan online, unggahan netizen, serta penggunaan hashtag dari media sosial tentang suatu peristiwa, dapat dimanfaatkan untuk mengetahui topik yang sedang ramai dibicarakan. Contohnya, saat pandemi yang terjadi sepanjang tahun 2020 hingga saat ini secara tidak langsung meningkatkan pencarian topik yang berhubungan dengan menjaga kesehatan mental, meningkatkan daya tahan tubuh, aktivitas yang seru selama di rumah, juga tentang bekerja dari rumah.

 

Jika Anda terbiasa mengamati tren, akan mudah bagi Anda untuk memprediksi konten berikutnya. Hal inilah yang perlu Anda siapkan jauh-jauh hari. Tentunya, dengan persiapan dan perencanaan yang matang. Cara ini bisa membuat konten Anda jadi yang pertama dicari dan dibaca oleh banyak orang.

 

Untuk mengikuti perkembangan informasi yang up to date, Anda harus sering berkunjung ke portal berita maupun media sosial. Kumpulkan beragam informasi yang Anda dapatkan, kemudian lakukan analisis sesuai kebutuhan. 

 

Khusus analisis media sosial, Anda bisa menggunakan platform yang banyak digunakan oleh pengguna internet, seperti Facebook, YouTube, Twitter, dan Instagram. Anda juga bisa mengikuti tokoh publik yang sesuai dengan topik yang diinginkan. Agar hasil yang didapatkan lebih akurat, Anda bisa menggunakan tools, seperti Hootsuite dan tools lainnya. 

 

 

  1. Menggunakan Google Trends

Google trends merupakan layanan Google yang banyak digunakan untuk melihat topik yang sedang populer melalui tren pencarian. Hasil dari pencarian tersebut bisa diterapkan pada setiap konten di berbagai platform yang Anda gunakan, seperti blog, digital marketing websites, YouTube, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga dapat menemukan berbagai topik terkait dengan topik utama yang Anda gunakan.

 

Selain itu, Anda bisa pula menentukan lokasi pencarian berdasarkan negara dan jangka waktu tertentu. Hasil pencarian yang didapatkan, akan semakin akurat dan sesuai dengan kebutuhan. Google trends merupakan layanan gratis yang penggunaannya bisa dikombinasikan dengan layanan Google lainnya, seperti Google keyword planner.

 

 

  1. Bergabung dengan Quora dan Reddit

Quora dan Reddit merupakan platform yang memberikan informasi baru dan termasuk lengkap. Perbedaannya, Quora digunakan untuk menanyakan sesuatu, yang kemudian akan dijawab oleh orang lain. Sementara Reddit, akan menunjukkan apa saja topik yang sedang orang-orang bicarakan.

 

Saat Anda membuat konten sembari menerapkan digital marketing strategist yang ramai diperbincangkan, tentu interaksi yang Anda dapatkan jadi lebih banyak. Otomatis, kunjungan ke website maupun media sosial branding companies Anda pun turut meningkat.

 

 

  1. Melihat Tren Menggunakan BuzzSumo

Layanan BuzzSumo sering digunakan untuk mengetahui tren terkini di media sosial. Mungkin Anda merasa asing dengan layanan yang satu ini, namun sistem kerjanya tak jauh berbeda dengan Google trends.

 

Pada menu ‘temukan’, Anda bisa melihat kemiripan sekali dengan tab ‘trending’ yang ada di Google trends. Anda bisa menemukan topik-topik yang sedang tren. Hebatnya lagi, topik trending didapatkan dari publikasi yang terpercaya.

 

‘Temukan topik’ atau ‘discover topic’ bahkan selangkah lebih maju dibandingkan dengan yang lain. Sebab, mereka membuat kumpulan kata yang memiliki keterkaitan dengan topik yang Anda pilih lewat BuzzSumo. Jadi, kata-kata yang ada dalam kumpulan tersebut akan menunjukkan jumlah konten yang bisa dieksplorasi pada bidang yang Anda inginkan.

 

Anda juga bisa melakukan perbandingan data, misalnya dengan memeriksa Google Trends lalu membandingkannya dengan BuzzSumo. Dengan begitu, Anda bisa menemukan informasi terbaik yang bisa dikembangkan menjadi konten.

 

Contohnya, dalam Google trends diketahui kalau ada banyak orang yang mencari cara meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, namun jawaban yang dibutuhkan tak bisa dipenuhi karena jumlah konten yang ada sangat sedikit. Itulah peluang artikel ataupun konten yang bisa Anda kembangkan menjadi sebuah topik yang menarik.

 

Anda bisa menemukan lebih banyak informasi tentang sebuah topik dengan masuk ke menu kumpulan topik yang sudah ditemukan sebelumnya, atau mengetahui beberapa informasi tambahan, seperti jumlah artikel yang diterbitkan, perkembangan konten dari waktu ke waktu, melihat contoh konten pada topik terkait, hingga melihat interaksi yang diperoleh.

 

Setelah mengetahui semua cara yang bisa dilakukan untuk memprediksi tren konten, kini saatnya Anda menerapkan cara memprediksi topik yang sedang tren lebih dulu dari kompetitor pada konten Anda. Jika butuh bantuan terkait penciptaan konten yang cepat menarik perhatian, Anda bisa mencoba layanan yang dimiliki top digital agency Jakarta.