2. Gunakan Google Trends
Google trends adalah layanan Google yang banyak digunakan untuk melihat topik yang sedang populer melalui tren pencarian. Penggunaannya akan jadi lebih maksimal kalau Anda kombinasikan dengan Google keyword planner.
Catat semua topik yang ramai diperbincangkan di dunia digital, kemudian gunakan hasil pencarian ini pada setiap konten di berbagai platform, seperti blog, digital marketing websites, YouTube, TikTok, dan lain-lain. Bahkan Anda bisa menentukan lokasi pencarian berdasarkan negara dan jangka waktu tertentu.
3. Bergabung di Quora dan Reddit
Quora dan Reddit merupakan platform yang memberikan informasi terbaru dan cukup lengkap. Lalu apa perbedaan antara keduanya?
Quora adalah platform tanya jawab online. Anda bisa bertindak sebagai penanya maupun pemberian jawaban.
Sementara Reddit adalah forum sekaligus agregator berita yang dapat menunjukkan berbagai topik yang sedang hangat diperbincangkan.
Bergabung di Quora dan Reddit akan memberikan manfaat berikut:
- Mendapatkan lebih banyak wawasan atau pengetahuan terkait berbagai topik.
- Menemukan komunitas yang relevan dengan bisnis.
- Menjadi media promosi tambahan untuk meningkatkan visibilitas website bisnis.
- Mengetahui informasi yang sedang populer di kalangan masyarakat atau warganet.
Membuat konten sambil menerapkan strategi digital marketing sesuai topik yang sedang populer, tentu bisa mendorong lebih banyak interaksi. Otomatis, kunjungan ke website maupun media sosial branding companies juga turut meningkat.
4. Lihat Tren di BuzzSumo
Layanan BuzzSumo sering digunakan untuk mengetahui tren terkini di media sosial. Sistem kerjanya tak jauh berbeda dengan Google trends.
Berikut beberapa menu penting BuzzSumo yang bisa Anda maksimalkan penggunaannya:
- Menu “Temukan” mirip dengan tab “Trending” di Google trends. Anda bisa menemukan topik-topik yang sedang tren. Hebatnya lagi, topik trending didapatkan dari publikasi yang terpercaya.
- Menu “Temukan Topik” atau “Discover Topic” bahkan selangkah lebih maju dibandingkan layanan serupa. Mereka membuat kumpulan kata yang memiliki keterkaitan dengan topik yang Anda pilih lewat BuzzSumo. Jadi, kata-kata yang ada dalam kumpulan tersebut akan menunjukkan jumlah konten yang bisa dieksplorasi pada bidang yang Anda inginkan.
- Menu “Kumpulan Topik” akan membantu Anda menemukan lebih banyak informasi tentang suatu topik atau mengetahui beberapa informasi tambahan, seperti jumlah artikel yang diterbitkan, perkembangan konten dari waktu ke waktu, melihat contoh konten pada topik terkait, hingga melihat interaksi yang diperoleh.
Untuk bisa menemukan informasi terbaik yang bisa dikembangkan menjadi konten, Anda dapat melakukan perbandingan data, misalnya dengan memeriksa Google trends, lalu bandingkan dengan data yang Anda dapatkan di BuzzSumo.