MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Mengenal Digital Marketing, Jenis, dan Contohnya

13 Feb  · 
2 min read
 · 
eye 2.106  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Digital marketing itu apa sih? Pemasaran digital atau digital marketing adalah kegiatan promosi atau pemasaran produk maupun jasa dari suatu usaha dengan memanfaatkan media digital. Bisa pula dikatakan, digital marketing adalah penggunaan teknologi digital yang didukung perangkat dan jaringan internet untuk mencapai target promosi dan pemasaran. Nah, apa saja jenis digital marketing dan contohnya? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Kenapa Digital Marketing Penting?

Penggunaan digital marketing sebagai salah satu cara mempromosikan dan memasarkan bisnis semakin meningkat. Sebab, penerapan digital marketing yang tepat akan membantu pemilik bisnis menjangkau pasar yang lebih luas dengan biaya yang lebih murah. 

Selain itu, masih ada beberapa faktor yang membuat pebisnis perlu menerapkan digital marketing, antara lain:

  • Penyebaran informasi dan materi iklan sangat cepat. Bahkan dalam hitungan detik, sudah banyak audiens yang bisa menemukan iklan digital Anda.
  • Digital marketing memungkinkan Anda menjangkau pasar yang lebih luas, baik dalam negeri maupun luar negeri.
  • Lebih cepat dalam membangun brand awareness dan brand voice, misalnya dengan menerapkan strategi digital marketing di media sosial atau website.
  • Branding bisnis lebih sustainable dengan cara yang efektif dan hemat anggaran biaya iklan.

Banyak ya ternyata kelebihan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan kalau bisa menerapkan digital marketing yang tepat sasaran. Namun sebelum bisa menggunakannya, alangkah baiknya Anda tahu dulu berbagai jenis digital marketing dan contohnya. Tujuannya, agar Anda bisa memilih mana strategi yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Yuk, lanjutkan membaca.

Jenis Digital Marketing

1. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) adalah kegiatan pemasaran yang berupaya meningkatkan visibilitas website bisnis pada mesin pencarian, seperti Google, Yahoo, Bing, dan sebagainya. Dengan menerapkan SEM, baik secara organic menggunakan SEO maupun secara berbayar dengan iklan, situs bisnis Anda jadi lebih mudah ditemukan oleh audiens di search engine.

2. Website & Search Engine Optimization (SEO)

Saat ini, kesadaran untuk memanfaatkan website sebagai media promosi meningkat tajam di kalangan pebisnis. Memang, adanya website membuat Anda jadi lebih terbantu dalam mempromosikan bisnis secara 24 jam dan 7 hari seminggu tanpa henti dengan biaya yang jauh lebih murah. 

Nah, agar website memiliki performa yang bagus dan bisa muncul di hasil pencarian saat audiens mengetikkan kueri tertentu, Anda harus mengkolaborasikan penerapan SEM dan SEO sekaligus pada website bisnis. SEO atau Search Engine Optimization adalah kegiatan mengoptimasi konten berdasarkan keyword tertentu. Selain itu, harus pula menerapkan SEO Off Page dan SEO On Page.

3. Social Media Marketing (SMM)

Social Media Marketing adalah strategi marketing menggunakan media sosial untuk melakukan promosi dan pemasaran. Anda bisa melakukannya dengan dua cara, yaitu mengoptimasi dan produksi konten di media sosial secara konsisten atau dengan memasang iklan di media sosial.

Hampir semua platform media sosial memungkinkan Anda posting konten, beriklan, atau melakukan keduanya, seperti di TikTok, Instagram, Facebook, Twitter, dan sebagainya. Namun hal penting yang perlu Anda pertimbangkan adalah pilih media sosial yang paling banyak digunakan oleh target market yang ingin dijangkau, sekaligus relevan dengan produk dan bisnis Anda.

4. Email Marketing

Jenis digital marketing berikutnya, yaitu email marketing. Email marketing adalah email yang dibuat secara khusus untuk menyampaikan iklan, menjalin komunikasi dan interaksi dengan pelanggan, hingga meningkatkan traffic menuju ke situs bisnis. 

Poin penting penggunaan email marketing dalam penerapan strategi digital marketing adalah bagaimana Anda mendorong audiens mau membaca isi email yang Anda kirimkan, kemudian mau melakukan tindakan tertentu yang Anda sarankan. Misalnya, klik link promosi, mengisi survei, dan lain sebagainya.

5. Video Marketing

Video marketing adalah salah satu cara mempromosikan dan memasarkan produk, layanan bisnis, maupun memperkenalkan bisnis secara khusus, menggunakan konten berbentuk video. Di dalam video marketing tidak hanya tentang produk saja atau jualan saja, tetapi tetap menerapkan storytelling agar lebih menarik. Tujuannya, agar ada lebih banyak audiens yang menonton video tersebut. 

Contoh video marketing, misalnya testimoni pelanggan, kisah tentang Ibu yang bekerja keras dan berinvestasi sehingga anaknya bisa mendapatkan pendidikan tinggi (untuk produk asuransi/investasi), seorang ayah yang baru di PHK dan menemukan peluang dengan menjadi driver (iklan taksi online), dan sebagainya.

6. Content Marketing

Sesuai namanya, maka promosi dan pemasaran yang menggunakan content marketing berfokus pada produksi dan posting berbagai konten. Isi kontennya harus mampu mendorong audiens untuk melakukan tindakan yang Anda harapkan, baik untuk meningkatkan traffic web, menciptakan konversi, mendatangkan lebih banyak leads, dan sebagainya.

7. Influencer Marketing

Untuk bisa menerapkan influencer marketing, Anda perlu mengeluarkan sejumlah biaya untuk membayar jasa influencer di media sosial. Mereka akan membantu Anda mempromosikan dan memasarkan produk di media sosial masing-masing sesuai dengan ketentuan yang Anda berikan.

8. Digital Advertising

Digital advertising adalah bentuk iklan digital untuk membangun merek sekaligus melakukan penjualan dengan memanfaatkan berbagai media internet. Contohnya, social media ads, native ads, display ads, dan masih banyak lagi.

9. Internet Marketing

Internet marketing merupakan berbagai aktivitas atau upaya yang Anda lakukan untuk memasarkan produk, jasa, maupun layanan bisnis menggunakan berbagai media elektronik yang terhubung ke internet. Dalam penerapannya, Anda bisa menggunakan sistem affiliate marketing, email marketing, promosi di website, banner digital, dan sebagainya.


Di era digital seperti sekarang, penting bagi bisnis untuk mulai menerapkan berbagai jenis strategi digital marketing menggunakan salah satu jenis di atas. Alasannya, karena ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan. Cek di sini yuk: Manfaat Digital Marketing bagi Pelaku Usaha.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER