Riset keyword bukan hanya tentang menemukan kata kunci yang relevan, tetapi juga mampu tidaknya Anda memahami kebutuhan dan preferensi audiens atau pengguna internet.
Riset keyword bukan hanya tentang menemukan kata kunci yang relevan, tetapi juga mampu tidaknya Anda memahami kebutuhan dan preferensi audiens atau pengguna internet.
Selain itu, optimasi SEO pada konten artikel yang ada di situs web juga berguna untuk memenangkan persaingan di mesin pencari, serta agar pesan dalam konten bisa sampai kepada audiens secara jelas.
Cari tahu manfaat riset keyword untuk optimasi SEO pada konten dengan membaca artikel ini sampai selesai.
Setiap hari, jutaan pengguna mencari informasi di Google, Bing, dan search engine lainnya. Saat pengguna mengetikkan kata kunci, search engine akan mencocokkannya dengan konten yang paling relevan dan berkualitas.
Namun menurut laporan dari Ahrefs, 90,63% dari seluruh halaman web di internet tidak mendapatkan traffic organik dari Google karena konten yang mereka buat tidak relevan dengan kata kunci yang dicari audiens.
Di sinilah pentingnya riset keyword. Dengan riset keyword, Anda dapat mengetahui kata kunci atau frasa yang paling banyak dicari oleh audiens target, sehingga konten mudah ditemukan pengguna dan muncul di halaman pertama hasil pencarian.
Ada banyak manfaat riset keyword yang bisa Anda dapatkan, apa pun tujuannya.
Baik untuk melakukan optimasi SEO pada konten artikel di website maupun untuk memperbaiki peringkat situs Anda di SERP.
Berikut beberapa manfaat riset keyword untuk optimasi SEO pada konten artikel:
Saat melakukan riset keyword, Anda jadi tahu mengenai topik yang sedang audiens minati, preferensi, hingga kebutuhan mereka.
Pengetahuan ini nantinya bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan audiens.
Ingat, konten yang berkualitas tinggi memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan tautan balik (backlink) dan dibagikan di media sosial. Pada akhirnya, juga akan meningkatkan otoritas situs web di mata mesin pencari.
Lalu saat Anda sudah memiliki banyak kata kunci dari hasil riset, hal ini akan memudahkan Anda dalam menyusun strategi konten dan memproduksi konten yang sesuai kebutuhan audiens.
Saat melakukan riset kata kunci, Anda bisa memilih kata kunci dengan volume pencarian tinggi, namun persaingannya tidak terlalu ketat. Strategi ini meningkatkan peluang konten Anda meraih page rank di Google.
Contohnya, Anda dapat menargetkan long tail keywords atau kata kunci dengan tiga - empat kata, yang lebih spesifik.
Jadi alih-alih menargetkan kata kunci “sepatu lari”, lebih baik menargetkan pencarian spesifik seperti “sepatu lari untuk jogging”, misalnya.
Situs Backlinko melaporkan bahwa sekitar 70% dari semua pencarian di internet didominasi long tail keywords.
Artinya kata kunci ini memiliki potensi besar untuk membantu situs Anda mendapatkan peringkat tinggi di Google, mendapatkan traffic organik dan visitor yang lebih banyak.
Jika tujuan Anda memiliki website adalah untuk monetisasi, maka memiliki jumlah pengunjung yang besar akan membuka peluang mendapatkan lebih banyak penghasilan.
Misalnya melalui Google adsense, menerima content placement atau pemasangan banner iklan, paid partnership, sponsored post, dan sebagainya
Sementara kalau Anda adalah pemilik website toko online, otomatis jumlah pengunjung yang besar membuka peluang terjadinya closing juga lebih besar. Jumlah visitor bisa diibaratkan sebagai jumlah pembeli di toko fisik.
Optimasi konten dengan terlebih dahulu melakukan riset kata kunci menjadi cara paling utama dalam penerapan SEO on page.
Beberapa yang termasuk teknik SEO on page, seperti:
Artinya, kata kunci yang Anda temukan dari hasil riset bisa Anda letakkan secara lebih baik pada judul, meta deskripsi, URL, dan struktur konten agar sesuai dengan preferensi mesin pencari.
Hal ini akan membantu mesin pencari memahami topik dan relevansi konten dengan lebih baik, dan akhirnya meningkatkan kemungkinan situs web Anda mendapatkan peringkat terbaik di halaman hasil pencarian.
Sebelumnya telah disebutkan bahwa meletakkan kata kunci secara tepat menjadi salah satu faktor penting sukses tidaknya optimasi yang Anda lakukan.
Maka optimasi SEO website bisnis untuk raih top rank Google memerlukan banyak upaya, mulai penggunaan tools, keyword, dan analisis data.
Nah, salah satu cara yang bisa Anda utamakan, antara lain penempatan kata kunci pada tempat-tempat strategis, seperti di judul artikel, pada URL atau link artikel, di bagian headings dan sub headings.
Bahkan, Anda juga bisa meletakkan kata kunci di awal paragraf, disebar merata dengan jumlah tertentu yang disesuaikan dengan jumlah kata di badan artikel, serta mencantumkan kata kunci di paragraf terakhir. Tujuannya, agar page view website mengalami peningkatan.
Riset keyword juga dapat membantu meningkatkan visibilitas konten di mesin pencari. Dengan catatan, Anda menargetkan kata kunci yang relevan, populer, dan sesuai preferensi audiens.
Ketika website mudah ditemukan di mesin pencari, Anda bisa menarik audiens potensial datang ke situs web Anda. Inilah nantinya yang akan meningkatkan jumlah klik dan page view situs.
Misalnya, Anda menjalankan bisnis e-commerce yang menjual produk kecantikan. Maka Anda menargetkan kata kunci “produk perawatan kulit terbaik”.
Konten ini nantinya bisa membantu Anda menarik audiens yang mencari rekomendasi produk di niche tersebut.
Semakin banyak traffic yang datang ke situs Anda, semakin besar peluang Anda untuk mengonversi audiens menjadi pelanggan setia.
Salah satu manfaat terbesar dari riset keyword adalah meningkatkan conversion rate atau rasio konversi.
Ketika menargetkan kata kunci yang tepat, Anda akan menarik audiens yang benar-benar tertarik dengan apa yang Anda tawarkan.
Ini berarti mereka lebih cenderung mengambil tindakan, seperti mendaftar newsletter, mengunduh e-book, atau membeli produk Anda.
Sebagai contoh, jika Anda menargetkan kata kunci seperti “beli laptop gaming murah”, Anda akan menarik pengguna yang sudah siap melakukan pembelian.
Strategi seperti Ini meningkatkan peluang konversi karena pengunjung tersebut sudah berada di tahap keputusan “mau beli” dalam customer journey mereka.
Dalam menentukan kata kunci tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda perlu menggunakan bantuan tools, baik tools riset keyword, tools SEO, tools copywriting, dan sebagainya. Selain itu, gunakan juga long tail keyword. Nah, ini Cara Mencari Long Tail Keyword dalam Teknik SEO.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC