MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Manfaat Riset Keyword untuk Optimasi SEO pada Konten Artikel

29 May  · 
2 min read
 · 
eye 2.531  
SEO & SEM

redcomm

Riset keyword bukan hanya tentang menemukan kata kunci yang relevan, tetapi juga mampu tidaknya Anda memahami kebutuhan dan preferensi audiens atau pengguna internet.

Selain itu, optimasi SEO pada konten artikel yang ada di situs web juga berguna untuk memenangkan persaingan di mesin pencari, serta agar pesan dalam konten bisa sampai kepada audiens secara jelas. 

Cari tahu manfaat riset keyword untuk optimasi SEO pada konten dengan membaca artikel ini sampai selesai. 

Mengapa Riset Keyword Penting?

Ada banyak manfaat riset keyword yang bisa Anda dapatkan, apa pun tujuannya. Baik untuk melakukan optimasi SEO pada konten artikel di website maupun untuk memperbaiki peringkat situs Anda di SERP. 

Berikut beberapa manfaat riset keyword untuk optimasi SEO pada konten artikel:

1. Memahami Preferensi dan Kebutuhan Pengguna

Saat melakukan riset keyword, Anda bisa mendapatkan wawasan mengenai topik yang sedang audiens minati. Pemahaman ini bisa Anda manfaatkan untuk membuat konten yang relevan dengan kebutuhan audiens, bermanfaat, dan berkualitas. 

Konten yang berkualitas tinggi memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan tautan balik (backlink) dan dibagikan di media sosial. Pada akhirnya, juga akan meningkatkan otoritas situs web di mata mesin pencari.

2. Lebih Berpotensi Meraih Page Rank Google

Saat menambahkan kata kunci dari hasil riset yang sudah Anda lakukan, artinya Anda sudah melakukan optimasi terhadap konten sesuai teknik SEO on page

Konten yang telah dioptimasi secara SEO memiliki peluang untuk meraih peringkat pertama mesin pencarian lebih tinggi dibanding konten yang tidak menggunakan optimasi.

Selain itu, konten artikel yang sudah dioptimasi secara SEO memiliki peluang lebih besar memperoleh traffic organik dan visitor dibanding konten yang tidak.

3. Membuka Banyak Peluang Baik

Jika tujuan Anda memiliki website adalah untuk monetisasi, maka memiliki jumlah pengunjung yang besar akan membuka peluang mendapatkan lebih banyak penghasilan. Misalnya melalui Google adsense, menerima content placement, paid partnership, sponsored post, dan sebagainya 

Sementara kalau Anda adalah pemilik website toko online, otomatis jumlah pengunjung yang besar membuka peluang terjadinya closing juga lebih besar. Jumlah visitor bisa diibaratkan sebagai jumlah pembeli di toko fisik.

4. Memaksimalkan Penerapan SEO On Page

Riset keyword membantu Anda mengoptimasi konten dengan cara yang paling efektif, sekaligus bisa menerapkan SEO on page. Beberapa yang termasuk teknik SEO on page, seperti meletakkan kata kunci secara terstruktur dan tepat, melakukan optimasi gambar, membangun internal link yang kuat, hingga penulisan meta deskripsi yang memuat kata kunci relevan.

Artinya, kata kunci yang Anda temukan dari hasil riset bisa diletakkan secara lebih baik pada judul, meta deskripsi, URL, dan struktur konten agar sesuai dengan preferensi mesin pencari.

Hal ini akan membantu mesin pencari memahami topik dan relevansi konten dengan lebih baik, dan akhirnya meningkatkan kemungkinan situs web Anda mendapatkan peringkat terbaik di halaman hasil pencarian.

5. Mensukseskan Upaya Optimasi Konten dengan Riset Keyword

Sebelumnya telah disebutkan bahwa meletakkan kata kunci secara tepat menjadi salah satu faktor penting sukses tidaknya optimasi yang Anda lakukan. 

Maka optimasi SEO website bisnis untuk raih top rank Google memerlukan banyak upaya, mulai penggunaan tools, keyword, dan analisis data

Nah, salah satu cara yang bisa Anda utamakan, antara lain penempatan kata kunci pada tempat-tempat strategis, seperti di judul artikel, pada URL atau link artikel, di bagian headings dan sub headings

Bahkan, Anda juga bisa meletakkan kata kunci di awal paragraf, disebar merata dengan jumlah tertentu yang disesuaikan dengan jumlah kata di badan artikel, serta mencantumkan kata kunci di paragraf terakhir. Tujuannya, agar page view website mengalami peningkatan.

6. Meningkatkan Visibilitas

Riset keyword juga dapat membantu meningkatkan visibilitas konten di mesin pencari. Dengan catatan, Anda menargetkan kata kunci yang relevan, populer, dan sesuai preferensi audiens.

Ketika website Anda mudah ditemukan di mesin pencari,  maka jumlah klik dan kunjungan akan meningkat secara signifikan.

7. Memudahkan Produksi Konten yang Lebih Produktif

Anda sudah memiliki banyak kata kunci dari hasil riset yang sudah dilakukan. Anda juga jadi tahu tren pencarian terkini, kata kunci terkait, sekaligus pertanyaan yang umum diajukan pengguna. 

Dari semua informasi ini, bisa Anda manfaatkan untuk menyusun strategi konten dan memudahkan produksi konten yang sesuai kebutuhan audiens. 


Dalam menentukan kata kunci tidak bisa dilakukan sembarangan. Untuk mengetahui volume pencarian kata kunci yang dibidik, Anda bisa menggunakan bantuan tools, baik tools riset keyword, tools SEO, tools copywriting, dan sebagainya. Selain itu, gunakan juga long tail keyword. Nah, ini Cara Mencari Long Tail Keyword dalam Teknik SEO.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER