Pengguna internet menemukan website Anda melalui berbagai macam cara. Ada yang menemukannya ketika menjelajah di media sosial atau bisa juga karena iklan. Tetapi yang paling banyak, mereka menemukan website yang diharapkan bisa menjadi solusi atas permasalahan mereka melalui search engine. Penemuan suatu website di mesin pencari bisa terjadi karena adanya kata kunci. Untuk itulah, Anda memerlukan 3 tools SEO powerful yang akan membantu Anda mendatangkan lebih banyak pelanggan ke website bisnis Anda. 

 

Manfaat Penggunaan Berbagai Tools SEO

Kenapa Anda perlu menggunakan berbagai tools SEO untuk mendapatkan banyak pengunjung ke website bisnis Anda? Tujuan dari penggunaan berbagai perangkat SEO adalah agar bisa mendapatkan data penting terkait kualitas website dan potensi serta posisi website Anda di mesin pencari. Secara lengkap, berikut manfaat penggunaan berbagai tools SEO, antara lain: 

 

  1. Bisa Menggunakan Kata kunci Terbanyak yang Dicari Pengguna Internet dan Sesuai dengan Bisnis Anda

Pengguna internet akan mengetikkan kata kunci sesuai dengan kebutuhan mereka. Kata kunci itulah yang seharusnya Anda temukan menggunakan tools yang powerful. Semakin banyak Anda menemukan kata kunci terkait kebutuhan banyak orang, semakin mungkin Anda menciptakan konten yang sesuai dengan bisnis Anda, sekaligus yang bisa menjadi solusi bagi kebutuhan calon pelanggan Anda. 

 

 

Tools SEO yang powerful akan membantu Anda mendapatkan berbagai informasi terkait hasil penelusuran untuk keyword spesifik (impression) dan berapa kali website Anda di klik orang hasil dari penelusuran tersebut (click through rate). Dengan cara ini pula, Anda bisa mengenali mana keyword yang paling efisien dan kurang efisien bagi optimalisasi SEO web Anda.

 

  1. Cara untuk Menganalisis Top Page di Website Anda

Setiap web memiliki halaman yang lebih terkenal dibandingkan dengan halaman lain dalam hasil penelusuran search engine. Menggunakan tools SEO yang tepat akan memudahkan Anda mengenali halaman web mana yang terbanyak mendatangkan pengunjung dan halaman mana yang sama sekali tak ada pengunjung. Anda tinggal mengumpulkan data ini dan mengurutkan setiap halaman website bisnis Anda berdasar impression dan click through rate (CTR), kemudian lakukan pengoptimalan kembali. Artinya, bantuan tools bisa membuat Anda melakukan berbagai perbaikan pada setiap halaman website dengan lebih spesifik agar ada lebih banyak pengunjung datang ke website Anda.

  

  1. Mencari Tahu Backlink ke Website Anda serta Broken Link yang Harus Diperbaiki

Ada banyak tools SEO yang membantu Anda melihat seberapa banyak backlink yang mereferensikan website Anda. Backlink menjadi faktor penting dalam penentuan posisi website Anda di mesin pencari. 

 

Di saat yang sama, Anda juga bisa menemukan broken link atau link yang rusak pada website Anda. Link yang rusak ini menunjukkan bahwa Anda perlu melakukan perbaikan pada link-link tersebut sehingga pengunjung tidak sampai masuk ke halaman yang rusak tadi, kemudian kecewa dan berhenti mengunjungi website Anda. 

 

Masih ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan berbagai tools SEO yang powerful. Anda bisa menemukannya di artikel lain pada Redcomm Knowledge. Lalu, tools SEO powerful itu apa saja? Mari lanjutkan membaca.

 

3 Tools SEO Powerful Bantu Tingkatkan Traffic Pengunjung Website

  1. Ahrefs

Banyak praktisi dan pakar SEO yang menyebutkan bahwa Ahrefs adalah salah satu alat analisis SEO yang bagus untuk digunakan dalam menganalisis keyword potensial, mempelajari backlink, bahkan berbagai fitur pendukung lain yang bisa digunakan untuk memaksimalkan kinerja website

 

 

Pada Ahrefs terdapat fitur content explorer yang dapat membantu Anda menemukan berbagai website dan mempelajari konten populer dan kata kunci yang mereka gunakan, termasuk posisi setiap halaman di mesin pencari. Jangan lupa pula untuk memanfaatkan fitur keyword explorer 2.0 yang akan secara detail menginformasikan kepada Anda tentang volume pencarian kata kunci, baik dalam pencarian secara global atau berdasarkan negara tertentu. Kemudian, Anda bisa pula mendapatkan data ikhtisar SERP dan riwayat posisi, ide kata kunci terkait, dan tingkat kesulitan setiap kata kunci potensial.

 

Sementara pada fitur penjelajahan situs, Anda bisa mendapatkan profil tautan balik terperinci dari situs web mana pun. Artinya, fitur ini memungkinkan Anda melakukan analisis lebih lanjut terkait kinerja website secara optimal, sekaligus bisa mempelajari website kompetitor dan kata kunci seperti apa yang mereka bidik. 

 

Jika Anda ingin menaikkan peringkat situs web, Ahrefs juga bisa membantu Anda karena tools ini dapat memberi gambaran besar mengenai peringkat kata kunci melalui fitur pelacak posisi. 

  

  1. Plugin Yoast SEO

Yoast adalah plugin yang bisa digunakan pada website berbasis WordPress dan berguna sebagai alat pengoptimalan website berdasarkan kaidah SEO. Menggunakan plugin Yoast memudahkan Anda dalam membuat konten sesuai kaidah SEO yang seharusnya, misalnya jumlah kata kunci pada artikel yang panjangnya 500 kata, kata kunci yang dibidik, penggunaan heading dan subheading dalam konten artikel, dan masih banyak lagi. Bahkan penggunaan ALT Image apakah sesuai dengan teknik SEO atau tidak, bisa diketahui hanya dengan menggunakan plugin Yoast ini. 

 

  1. All in One SEO Pack

Paket SEO All in One juga merupakan tools SEO yang sangat digemari di kalangan pengguna website dengan CMS berbasis WordPress, karena penggunaannya yang praktis, efisien dalam penerapan strategi SEO, serta dapat memberikan hasil SEO yang powerful

 

Dari data yang dicantumkan pada halaman resmi All in One SEO Pack, tools ini telah diunduh dan digunakan oleh lebih dari 30 juta pengguna di seluruh dunia. Maka, dari data ini bisa dilihat bahwa sudah banyak orang membuktikan betapa alat ini bisa membantu Anda melakukan pengoptimalan search engine untuk menempatkan situs web Anda di posisi terbaik. 

 

 

Beberapa fitur favorit yang terdapat dalam All in One SEO Pack, antara lain: 

- Dukungan Peta Situs XML
- Dapat terintegrasi dengan Google Analytics
- Memberi data mengenai URL kanonis lanjutan
- Pembuatan tag META secara otomatis
- Kompatibel dengan sebagian besar plugin lainnya
- Tersedia dalam 57 bahasa

 

Sekarang, Anda sudah tahu mengenai manfaat menggunakan tools SEO dalam hal mendatangkan lebih banyak pengunjung ke website bisnis Anda. Begitu pun, Anda telah mengetahui 3 tools SEO powerful yang kinerjanya sudah dibuktikan banyak orang. Sekarang, giliran Anda yang menentukan, apakah ingin merasakan manfaat SEO bagi website bisnis Anda atau tidak. Cara lain yang lebih mudah, Anda bisa bekerja sama dengan best digital agency Jakarta.