Local SEO adalah praktik mengoptimalkan website bisnis agar visibilitasnya meningkat dalam pencarian di lokasi terdekat dengan menggunakan mesin telusur organik lokal. Yang membuatnya menjadi menonjol adalah tiga pilar yang harus dimiliki dalam pencarian lokal, yaitu kedekatan, keunggulan, dan juga relevansi.

 

Cara kerja local SEO merupakan gabungan berbagai cara teknis dan kreatif untuk meyakinkan mesin pencari agar bisnis yang paling dekat dengan pengguna internet dapat ditampilkan sesuai pertanyaan lokasi terdekat yang diajukan pengguna,

 

Setelah membahas tentang pengertian local SEO, sudahkah Anda memiliki bayangan tentang hal ini? Menjadi hal yang penting bagi pemilik bisnis lokal agar bisnisnya selalu muncul dalam pencarian dan dikenal oleh masyarakat setempat yang ada di sekitar lokasi bisnis berdiri. 

 

Pastikan pengguna internet dapat menemukan bisnis Anda, menyukainya, selalu terhubung, dan akhirnya memutuskan melakukan pembelian dari usaha Anda. Jadi, local SEO ini merupakan peluang luar biasa yang sangat sayang jika tidak Anda manfaatkan. 

 

Terdapat beberapa strategi online dan offline yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan penemuan bisnis Anda dalam penelusuran lokal. Memang tidak mudah dan diperlukan konsistensi untuk menerapkannya.

 

 

Mengapa Harus Mempelajari Cara Kerja Local SEO?

Setiap bisnis memiliki keunggulan masing-masing, semuanya unik, dan bisa Anda temukan secara online. Jika Anda berhasil memanfaatkan prinsip local SEO, bukan tidak mungkin bisnis Anda menjadi lebih menonjol dibandingkan bisnis lainnya.

 

Untuk mengoptimalkannya, Anda harus mendaftarkan terlebih dahulu bisnis yang Anda miliki di Google my business, mempraktikkan optimasi website bisnis, optimasi halaman produk, menyusun pencantuman bisnis lokal, ulasan pelanggan dikelola dengan baik, dan setiap tautan yang mengarah kepada website Anda harus ditanggapi agar keterlibatan secara online terus meningkat.

 

Penting untuk Anda ketahui bahwa Google telah menyatakan, sebanyak 46% penelusuran Google pada tahun 2020 lalu bertujuan mencari bisnis lokal, dan ini adalah jumlah penelusuran yang dilakukan setiap hari. 

 

Dari hasil ini, Anda dapat melihat betapa menguntungkannya penggunaan mesin telusur lokal, juga pencarian organik menggunakan keyword yang dilakukan menggunakan Google. Semua ini mendorong pengguna internet memilih bisnis dengan lokasi terdekat.

 

Nah, selain mempelajari pengertian local SEO, Anda juga sebaiknya mempersiapkan beberapa hal berikut ini untuk memaksimalkan penerapan local SEO terhadap bisnis Anda:

 

 

  1. Siapkan Panduan yang Akan Mewakili Bisnis Anda di Google 

Panduan ini adalah dokumen yang wajib dimiliki setiap pemasar dalam bisnis lokal, termasuk Anda. Nantinya panduan ini akan mewakili bisnis Anda di mata Google. 

 

Dalam panduan ini, akan diajarkan cara mengoptimalkan bisnis dengan menggunakan istilah-istilah Google dan bagaimana cara memasarkan produk melalui Google my business, serta cara menghindari berbagai kesalahan yang mungkin terjadi. 

 

Adanya pelanggaran terhadap panduan akan menyebabkan beberapa masalah, seperti peringkat yang hilang, hukuman dalam berbagai tingkat, atau dalam bentuk sanksi terhadap pencantuman bisnis lokal Anda. 

 

  1. Miliki Data Bisnis yang Detail

Jika Anda sampai melewati langkah ini, bersiaplah menghadapi masalah di kemudian hari. Pastikan Anda membuat salinan spreadsheet yang mudah dan gratis tentang data bisnis Anda, lalu tetapkan kode toko di setiap lokasi bisnis, dan isilah seluruh data dengan lengkap. 

 

Apabila brand yang Anda promosikan memenuhi syarat untuk masuk ke dalam daftar multi-departement sesuai pedoman yang Google berikan, pastikan Anda telah mengisi kolom yang disediakan untuk masing-masing entitas yang tersedia.

 

 

  1. Melakukan Identifikasi Model Bisnis yang Jelas

Panduan yang digunakan untuk menampilkan bisnis Anda di Google memiliki sejumlah persyaratan dan peluang yang unik bagi setiap model bisnis. Tidak akan ada informasi detail yang membahas keseluruhan dokumen, sebab panduan ini akan terus mengalami perubahan dan pembaruan. 

 

Pastikan Anda selalu meluangkan waktu untuk mempelajari cara kerja local SEO dalam pedoman Google, sehingga Anda paham bagaimana cara menggunakan jalur yang tepat sesuai wilayah online yang telah Google tetapkan.

 

  1. Pernyataan Mengenai Tujuan Bisnis yang Jelas

Anda harus memastikan bahwa cakupan bisnis Anda di masa depan terbatas atau luas. Tentukan sejak awal untuk memperbesar persentase keberhasilan Anda. 

 

Kembangkan seluruh spektrum aset online dan offline bisnis yang Anda miliki, mulai dari email, situs web, akun media sosial, dan masih banyak lagi. Mulailah menentukan kesuksesan yang Anda inginkan. Dari sini, Anda dapat menemukan strategi yang paling tepat untuk mengoptimalkan bisnis lokal ini.

 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami apa pengertian local SEO dan cara kerjanya. Selamat mempraktikkan dan menerapkannya dalam bisnis Anda.