MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Cara Kerja SERP dan Faktor yang Mempengaruhinya

02 May  · 
2 min read
 · 
eye 8.841  
SEO & SEM

redcomm

Bagaimana cara kerja SERP? Cara kerja SERP dimulai dengan pengumpulan informasi melalui proses crawling, untuk kemudian diindeks di halaman hasil pencarian. 

Nanti ketika audiens mengetikkan kata kunci tertentu, mesin pencari akan memeriksa indeks, lalu menampilkan halaman web yang paling relevan dengan pencarian tersebut. 

Untuk lebih jelasnya, baca cara kerja SERP dan faktor yang mempengaruhinya di bawah ini.

Apa Itu SERP?

Search Engine Results Page atau SERP adalah halaman hasil pencarian yang ditampilkan oleh mesin pencari, seperti Google, Yahoo, Bing, dan sebagainya, setelah Anda mengetikkan kata kunci tertentu pada kotak pencarian. 

Mudahnya, coba Anda ketikkan satu kata kunci di kolom pencarian Google. Setelah Anda menekan “Enter” atau klik “Go”, maka akan muncul daftar halaman-halaman web lengkap dengan URL yang bisa Anda klik. Nah, inilah yang dinamakan SERP.

Daftar yang tampil SERP disusun berdasarkan peringkat halaman web yang ditentukan algoritma mesin pencari. Nantinya, tinggal Anda memilih mana halaman web yang mau dikunjungi atau yang sesuai dengan topik yang sedang Anda cari.

Jenis Hasil Pencarian yang Tampil pada Halaman SERP

Pada halaman hasil pencarian, pasti Anda pernah melihat tanda sponsor atau iklan, di bagian atas halaman, kan? Itu salah satu hasil pencarian. Selain sponsor, masih ada beberapa jenis hasil pencarian lainnya, yaitu: 

1. Featured Snippets

Featured snippets adalah hasil pencarian yang ditampilkan di bagian atas halaman SERP dan memberikan informasi terkait pertanyaan pengguna.

2. Organic Result

Organic results adalah hasil pencarian yang muncul secara alami dan tidak dibayar.

3. Paid Result

Paid results adalah hasil pencarian yang muncul karena Anda menggunakan iklan berbayar. Itulah sebabnya, mesin pencari akan menampilkan iklan di bagian atas halaman SERP dan ditandai dengan sponsored.

4. Knowledge Graph

Knowledge graph adalah hasil pencarian yang menampilkan informasi terkait subjek yang dicari, seperti gambar, fakta, dan informasi lainnya.

5. Image Result

Image results adalah hasil pencarian yang menampilkan gambar berdasarkan kata kunci tertentu yang Anda gunakan.

6. Video Result

Video results adalah hasil pencarian yang menampilkan video berkaitan dengan kata kunci yang Anda masukkan.

Faktor yang Mempengaruhi Cara Kerja SERP 

Mesin pencari seperti Google menggunakan algoritma kompleks untuk menampilkan hasil pencarian pada halaman SERP. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi cara kerja SERP:

1. Relevansi Konten

Mesin pencari seperti Google selalu berusaha menampilkan hasil pencarian yang paling relevan dengan kata kunci yang Anda masukkan ke kotak pencarian. 

Artinya, jika ingin konten muncul di halaman pertama hasil pencarian, Anda harus memastikan konten di website memiliki relevansi yang tinggi, dan sesuai dengan kueri yang banyak user / pengguna internet gunakan untuk mencari topik tertentu. 

2. Otoritas Halaman

Otoritas halaman juga mempengaruhi cara kerja SERP. Halaman yang memiliki otoritas tinggi, ditulis dengan baik, banyak direferensikan oleh website lain, dan terpercaya, akan lebih mudah muncul di halaman pertama SERP.

3. Kecepatan Situs

Kecepatan situs atau loading speed website juga mempengaruhi cara kerja SERP. Mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian yang berasal dari situs yang mempunyai waktu loading yang cepat. 

Maka pastikan situs Anda memiliki kecepatan yang baik. Cara check kecepatan situs bisa menggunakan tools yang juga sudah disediakan Google, seperti PageSpeed Insights.

4. Optimasi SEO

Optimasi SEO adalah teknik meningkatkan peringkat situs pada halaman SERP dengan menggunakan kata kunci yang relevan, membuat konten berkualitas, serta memperbaiki struktur dan meta deskripsi situs. 

Semakin baik optimasi SEO yang dilakukan, baik SEO on page, SEO off page, maupun technical SEO, maka akan semakin tinggi peluang situs Anda muncul di halaman pertama.

Cara Kerja SERP

Pada artikel Redcomm sebelumnya yang berjudul Apa Itu SERP, Konsep, Fungsi, dan Cara Kerjanya, Anda seharusnya sudah tahu mengenai bagaimana SERP bekerja. 

Namun tidak ada salahnya kalau pada artikel ini Anda baca ulang dalam penjelasan yang lebih detail. Yuk, lanjutkan membaca cara kerja SERP berikut ini:

1. Pengindeksan Halaman Web

Pertama-tama, mesin pencari harus menemukan dan merayapi halaman web sebelum dapat mempertimbangkan halaman tersebut layak tampil di hasil pencarian atau tidak. Proses perambatan yang dilakukan oleh mesin pencari dikenal dengan nama crawling.

Pada proses crawling, bot atau spider dari mesin pencari untuk menjelajahi internet dan menemukan halaman web baru. 

Setelah bot menemukan halaman web baru, bot harus mengenali isi dan struktur halaman terlebih dahulu sebelum akhirnya diindeks dalam database mesin pencari.

2. Pemrosesan Permintaan Pencarian

Ketika ada pengguna internet memasukkan kata kunci tertentu ke kotak pencarian yang ada di mesin pencari, maka mesin pencari akan memproses permintaan pencarian dengan menggunakan algoritma pencarian yang rumit. 

Algoritma ini akan mempertimbangkan ratusan faktor yang berbeda untuk menentukan halaman web mana yang harus ditampilkan pada halaman pertama hasil pencarian.

3. Penentuan Peringkat

Setelah mesin pencari mengumpulkan semua hasil pencarian yang relevan, mesin pencari akan menentukan peringkat untuk setiap halaman web. 

Tentunya proses menentukan peringkat ini akan bergantung pada berbagai faktor, seperti relevansi konten dengan kata kunci yang dimasukkan, kualitas konten, otoritas halaman, loading speed situs, dan sebagainya.


Nah, Anda sudah tahu cara kerja SERP dan faktor yang mempengaruhinya. Lalu, bagaimana supaya situs web Anda berada di halaman pertama hasil SERP? 

Pertama, cari tahu dulu, bagaimana search engine menentukan peringkat untuk suatu website. Anda bisa membaca penjelasan lengkapnya di artikel berjudul: Ingin Situs Berada di Page One? Pelajari Cara Search Engine Menentukan Peringkat. Kalau sudah, baru pelajari Cara Meningkatkan Peringkat Situs di SERP.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER