Alat pencarian di internet seperti Google selalu memberikan pengembangan terbaru secara terus menerus. Salah satu perkembangan yang dilakukan oleh pihak Google, adanya Google Tag Manager. Sebenarnya penggunaan Google Tag Manager ini untuk mengelola suatu script yang ada di suatu website sehingga dapat dibuka di halaman Google. Pengelolaan yang dilakukan terkait dengan pengelolaan beberapa alat pendukung lain, seperti Google Analytics, Event Tracking, Google Optimize. Agar memilikinya, Anda perlu tahu cara membuat Google Tag Manager terlebih dahulu. 

 

Google Tag Manager

Keberadaan Google Tag Manager bisa dikatakan sebagai alat yang akan mempermudah pekerjaan dari tim pemasaran dari suatu bisnis. Tentunya Google Tag ini hanya bisa Anda gunakan pada satu akun yang sama. Dengan adanya Google Tag, Anda jadi lebih mudah untuk melakukan analisis, membuat report, juga melacak beberapa hal penting yang berkaitan dengan website Anda.

 

 

Cara Membuat Google Tag Manager

Ketika Anda ingin menggunakan fasilitas Google Tag, Anda harus mengetahui beberapa langkah untuk membuat dan melakukan pengaturan yang benar. 

 

  1. Mendaftar Akun Google Tag

Hal pertama yang harus Anda miliki adalah akun Google Tag terlebih dahulu. Jika Anda belum pernah memiliki akun Google Tag Manager, Anda perlu mengisi formulir registrasi dan memasukkan nama perusahaan sebagai nama akun. Setelah mendapatkan akun Google Tag, Anda bisa melakukan beberapa pengisian data pada halaman add new account. Kemudian, masukkan URL ke setup container.

 

  1. Menambahkan Cuplikan Kode Google Tag ke Website Anda

Selanjutnya, Anda bisa melakukan penambahan beberapa kode dari halaman Google Tag ke dalam website yang Anda miliki. Anda bisa membuatnya dengan memanfaatkan plugin header, footer, dan juga post injection. Atau Anda dapat menggunakan A Functions.php Code Snippet.

 

 

  1. Melakukan Uji Coba pada Cuplikan Kode

Jika sudah melakukan langkah kedua, kini Anda perlu melakukan pengujian terhadap cuplikan kode tersebut. Berikut langkah yang bisa Anda gunakan. 

    • Buka alamat GA checker gratis.
    • Masukkan URL situs dari website yang Anda miliki.
    • Klik Check Your Site pada website tersebut.
    • Buat tag pertama. Setelah Anda memasukkan cuplikan kode, Anda bisa kembali ke halaman Google Tag untuk melihat tag yang sudah Anda buat.
    • Lakukan publikasi.

 

Keuntungan Menggunakan Google Tag Manager

Banyak orang yang sudah menggunakan Google Tag mengingat memang ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Oleh karena itu, kalau Anda memiliki dan mengelola website bisnis, Anda perlu pula menggunakan Google Tag Manager ini. Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan Google Tag.

 

 

  • Kecepatan dan kemudahan untuk melakukan pengaturan tag bisa Anda lakukan dengan lebih mudah.
  • Tersedianya user interface yang mudah dipahami oleh setiap penggunanya.
  • Adanya tool preview yang sangat membantu dalam melakukan pengecekan sebelum Anda mempublikasikan tag. 
  • Anda bisa dengan mudah melakukan pengaturan penggunaan tag dan kapan Anda perlu melakukan deploy.
  • Pengaturan tidak terbatas pada penggunaan atau penghapusan, Anda juga bisa memantau kinerja tag
  • Anda dapat menggunakan fitur lain yang disediakan Google Tag Manager, yaitu variable. Fungsi variabel membantu akses informasi yang mungkin Anda perlukan.
  • Berguna untuk meningkatkan kecepatan dari website Anda.
  • Anda dapat menggunakan kombinasi antara Tags, Triggers, dan Variables untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan pengunjung di website Anda.

 

Tahapan lengkap cara membuat Google Tag Manager juga bisa Anda dapatkan dengan langsung bertanya pada tim Redcomm.