MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Manfaat Landing Page dan Tujuannya

03 Jan  · 
2 min read
 · 
eye 470  
Website & Mobile Apps

redcomm

Website bisnis penting banget memiliki landing page karena bisa membantu mendatangkan lebih banyak leads (calon pelanggan) potensial, meningkatkan konversi, hingga meningkatkan angka penjualan. Yuk, pahami selengkapnya tentang apa itu landing page dan manfaatnya bagi bisnis di artikel Redcomm Knowledge ini.

Pengertian Landing Page

Landing page adalah halaman web yang dirancang secara khusus untuk menarik perhatian pengunjung dan memotivasi mereka untuk melakukan tindakan tertentu. 

Ada banyak tujuan yang bisa Anda capai dengan pembuatan landing page, mulai dari mengarahkan pengunjung untuk mengisi formulir, melakukan klik ke halaman produk, melakukan pembelian, atau lainnya. 

7 Tujuan & Manfaat Landing Page Bagi Bisnis

Landing page tidak hanya menjadi cara terbaik untuk mendorong konsumen mencari tahu lebih banyak tentang produk Anda atau melakukan pembelian saja. Ada banyak manfaat lain dari penggunaan halaman landing bagi perkembangan bisnis. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Meningkatkan Konversi

Tujuan utama penggunaan landing page adalah membuat konsumen terfokus pada pesan utama yang Anda buat untuk mengarahkan mereka mengambil tindakan spesifik.

Contoh tindakannya, seperti melakukan pembelian, mengisi formulir, melakukan klik link pada konten yang Anda harapkan mereka mau baca, melakukan pendaftaran untuk acara yang Anda tawarkan, dan sebagainya. 

Supaya fokus konsumen hanya tertuju pada pesan utama, pastikan informasi yang ada di landing page detail, serta ada Call to Action (CTA) yang jelas dan tidak membingungkan.

Selain itu, Anda juga perlu mengurangi distraksi dengan cara meminimalkan penggunaan elemen di halaman landing yang tidak berhubungan dengan tujuan yang ingin Anda capai.

2. Membangun Branding

Bisnis yang bisa terus berkembang dan dikenal dengan baik oleh konsumen adalah bisnis yang memiliki branding kuat. Salah satu cara membangun branding bisnis bisa dengan membuat landing page yang mengkomunikasikan nilai-nilai bisnis, memperkuat citra merek, dan bisa memberikan pengalaman terbaik bagi pengunjung situs web. 

Maka pastikan di halaman landing bisnis, Anda mencantumkan identitas bisnis secara cermat dan desain yang konsisten. 

Hal ini meliputi penggunaan warna, logo, tagline, gaya visual, dan identitas merek lainnya. Pada prinsipnya, semua elemen tersebut bisa membuat bisnis dan produk Anda diingat dengan baik oleh konsumen.

3. Membuat Brand Lebih Dipercaya dan Kredibel

Logika sederhananya, Anda saja pasti lebih memilih membeli produk, jasa, atau layanan bisnis yang kredibel dan bisa dipercaya, kan? Nah, begitu juga dengan konsumen di luar sana.

Itulah sebabnya, pembuatan landing page yang dirancang secara profesional, lengkap dengan identitas brand yang jelas, bisa meningkatkan kepercayaan dan kredibilitas lho.

Jangan lupa, semua informasi yang ditampilkan di halaman landing harus informatif, benar, dan memang terbukti. Tak ada gunanya melebih-lebihkan keunggulan produk hanya untuk promosi, namun kenyataannya berbeda.

4. Pencapaian ROI Lebih Cepat

Jika membuat landing page yang benar dan dengan isi berupa informasi yang terstruktur, menawarkan nilai tambah (benefit) bagi pelanggan, dan membantu pelanggan mengambil keputusan (dengan adanya CTA), maka sudah pasti landing page Anda dapat meningkatkan konversi.

Ketika terjadi peningkatan konversi, apalagi Anda mampu mengubah pengunjung situs web menjadi pelanggan atau pembeli, maka tak mustahil pencapaian Return on Investment (ROI) jadi lebih cepat.

5. Mengumpulkan Data Pelanggan

Tujuan lain dari keberadaan landing page juga bisa Anda manfaatkan untuk mengumpulkan data pelanggan. Anda bisa menggunakan formulir pendaftaran atau formulir kontak yang tepat.

Kemudian, Anda bisa menggunakan Call to Action (CTA) untuk mendorong pelanggan mengisi formulir tersebut dengan nama, alamat email, nomor telepon, dan preferensi mereka.

Kenapa mengumpulkan data pelanggan penting Anda lakukan? Karena adanya data pelanggan bisa membantu Anda menerapkan email marketing yang lebih personal, menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Bahkan Anda bisa mendapatkan umpan balik dari pelanggan mengenai produk maupun layanan bisnis, yang nantinya bisa Anda gunakan untuk meningkatkan layanan, melakukan inovasi, dan mengembangkan bisnis.

6. Menguji Produk atau Layanan Baru

Landing page juga bisa digunakan untuk menguji produk atau layanan baru. 

Dengan membuat landing page khusus untuk produk atau layanan baru, Anda dapat mengukur minat pelanggan sebelum memutuskan untuk memasarkannya secara luas. 

Hal ini dapat membantu mengurangi risiko dan biaya yang terkait dengan pengembangan dan pemasaran produk baru.

7. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Anda bisa memanfaatkan landing page untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan baru, sekaligus mempertahankan pelanggan lama yang sudah loyal.

Caranya, tampilkan informasi yang relevan dan bermanfaat, serta testimonial atau sertifikat keamanan. Selain itu, buat kolom review positif di situs web bisnis untuk social proof.


Ingin kinerja situs web bisnis lebih optimal, Anda perlu menggunakan landing page dengan cara yang benar sehingga seluruh manfaat di atas bisa Anda dapatkan. Selanjutnya, cari tahu dan terapkan juga Tips Desain Landing Page yang Bisa Meningkatkan Potensi Konversi.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER