Landing page adalah halaman suatu website yang sengaja dibuat untuk tujuan mendorong audiens melakukan tindakan. Biasanya disertai dengan penempatan satu atau dua tombol Call to Action (CTA).
Landing page adalah halaman suatu website yang sengaja dibuat untuk tujuan mendorong audiens melakukan tindakan. Biasanya disertai dengan penempatan satu atau dua tombol Call to Action (CTA).
Supaya bisa memaksimalkan fungsi landing page, cek dulu di sini jenis landing page serta contoh landing page dari beberapa situs ternama.
Lead generation landing page adalah satu halaman pada suatu website yang dibuat secara khusus dengan tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pengunjung situs web.
Halaman landing yang dikenal pula dengan nama landing page pendaftaran biasanya menyertakan formulir yang harus audiens isi demi mendapatkan penawaran gratis.
Misalnya, harus mengisi nama, alamat email, media sosial, dan nomor telepon, untuk bisa mendapatkan white paper, e-book, atau ikut webinar gratis.
Salah satu contoh landing page jenis lead generation landing page ini bisa Anda temukan pada website Hubspot saat Anda ingin mengunduh e-book yang mereka sediakan.
Landing page juga bisa lho berisi tentang pertumbuhan bisnis atau prestasi yang pernah bisnis Anda capai demi menarik perhatian calon pelanggan.
Isinya bisa berupa nama perusahaan, jumlah pelanggan yang sudah bekerja sama, impact yang pernah bisnis Anda berikan kepada pelanggan, dan sebagainya.
Bahkan Anda bisa mencantumkan beberapa case study dari campaign yang pernah Anda selenggarakan.
Salah satu contoh landing page jenis ini, misalnya halaman landing pada situs digital marketing agency Jakarta Redcomm.
Click Through Landing Pages adalah halaman dalam suatu website yang dirancang untuk membujuk audiens agar melakukan klik pada URL yang telah Anda tentukan.
URL tersebut nantinya akan membawa audiens menuju ke halaman promosi, diskon untuk penawaran khusus, ke halaman produk, dan sebagainya.
Landing page jenis ini paling banyak dan paling mudah Anda temukan di mesin pencari.
Salah satu contohnya, seperti website Samsung yang langsung menyajikan harga. Kemudian jika audiens ingin mencari tahu lebih lanjut, bisa klik “Beli Sekarang.”
Product Landing Page adalah halaman landing yang berfokus memperkenalkan berbagai produk atau layanan bisnis tertentu.
Selain menampilkan foto atau video produk, biasanya pada halaman ini juga disediakan tombol yang bisa audiens klik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai fitur, cara kerja, bahkan link menuju ke halaman pembelian.
Contoh product landing page, misalnya pada website UniQlo berikut ini:
Anda pasti pernah dong masuk ke website milik Netflix? Ya, platform penyedia film berbayar ini memiliki halaman landing yang memungkinkan audiens melakukan sign up atau pembuatan / pendaftaran akun.
Kolom yang tersedia di halaman ini kebetulan cukup dengan memasukkan email saja. Lalu nanti pihak Netflix yang akan menghubungi Anda via email untuk penawaran membership.
Selain menyediakan kolom untuk input email, ada pula halaman jenis ini yang meminta data lengkap audiens, mulai dari nama, email, no ponsel, bahkan preferensi tertentu.
Squeeze landing page adalah salah satu jenis landing page yang juga cukup banyak digunakan oleh website untuk mengumpulkan alamat email calon pelanggan yang potensial.
Cara ini menjadi salah satu strategi digital marketing cukup efektif, di mana data email yang terkumpul bisa Anda manfaatkan untuk menerapkan email marketing.
Misalnya dengan mengirimkan konten terbaik secara berkala atau memberikan penawaran yang relevan dan sesuai dengan audiens. Contohnya pada website digital agency Jakarta ini:
Untuk bisa membuat halaman landing seperti gambar di atas, Anda bisa mempelajarinya dari tulisan berikut: Cara Mahir Mengoptimalkan Landing Page Seperti Seorang Profesional. Atau Anda bisa hubungi Kontak Redcomm.
Untuk diketahui, Redcomm adalah digital marketing agency Indonesia yang memiliki tim profesional dan bisa membantu Anda membuat landing page yang cakep dan tinggi konversi.
Testimonial landing page adalah landing page yang berisi testimoni atau review dari pelanggan bahkan ada pula question and answer hasil interaksi antar pelanggan.
Manfaat landing page jenis ini untuk memancing ketertarikan audiens baru yang mungkin masih mencari informasi tambahan terkait layanan bisnis yang ditawarkan.
Adakah website yang menggunakan landing page jenis ini? Ya, tentu saja ada. Salah satu contoh landing page berisi ulasan pelanggan, yaitu yang terdapat pada website AirBnB.
Nah, bagaimana? Anda sudah tahu beberapa jenis landing page, bahkan sudah juga mempelajari berbagai contoh landing page dari ulasan di atas. Sekarang waktunya Anda membuat landing page di website Anda sendiri.
Namun sebelum itu, pelajari dulu elemen apa saja yang wajib ada dalam landing page. Cek pembahasan lengkapnya di sini: Elemen Penting dalam Landing Page yang Wajib Ada.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC