MENU
SEARCH KNOWLEDGE

9 Fitur Penting di Google My Business untuk Promosi Bisnis

11 Feb  · 
2 min read
 · 
eye 3.548  
Digital Marketing Strategy

redcomm

Memanfaatkan fitur di Google My Business adalah langkah bijak yang bisa Anda ambil untuk meningkatkan trafik penjualan. Mengingat fitur-fitur tersebut memang didesain agar memudahkan melakukan analisa terhadap bisnis. 

Kegunaan Google My Business

Secara sederhana, kegunaan Google My Business ini adalah untuk mendatangkan banyak pelanggan dan melakukan promosi bisnis di Google Map. Karena seperti yang Anda ketahui, Google Map saat ini tidak hanya digunakan untuk mencari jalan saja. 

Kehadiran Google My Business yang terhubung dengan Google Map, akhirnya memudahkan para calon pelanggan yang tengah mencari informasi mengenai bisnis yang sedang Anda jalankan.

Pelanggan juga jadi memiliki ketertarikan dan kepercayaan untuk datang dan bertransaksi di tempat bisnis Anda. Namun, sebelum menggunakan platform ini, ada baiknya Anda mengetahui dengan jelas mengenai fitur di Google Bisnisku.

9 Fitur Penting di Google My Business Untuk Promosi Gratis di Google Map

1. Deskripsi dan Informasi Bisnis

Fitur pertama yang cukup krusial adalah deskripsi dan informasi produk. Karena di bagian ini, Anda memiliki kesempatan untuk menjelaskan produk usaha. Pastikan untuk menerangkannya secara jelas dan jujur. Sebab, ini adalah pintu awal yang menentukan apakah calon pembeli akan memilih Anda atau tidak.

2. Foto Bisnis dan Produk Unggulan

Kegiatan promosi tentu tidak terlepas dari foto dokumentasi. Anda bisa memasukkan berbagai foto yang dirasa sangat mendukung dan memberikan nilai lebih pada pelanggan. 

Jika memiliki logo usaha, jangan lupa untuk mengunggahnya. Selain itu, pastikan foto produk unggulan juga Anda tampilkan di Google My Business beserta deskripsi dan spesifikasinya. Dengan begitu, pelanggan lebih mudah mengenal produk usaha Anda.

3. Kategori Bisnis

Fitur kategori membantu mengelompokkan usaha. Fitur ini tidak hanya membantu para pengguna atau pencari, tapi juga membantu Google untuk mengenali dengan baik jenis usaha yang sedang Anda kembangkan. 

Jadi, jika ingin bisnis Anda muncul pada halaman pertama mesin pencari, pastikan sudah mengisi kategori bisnis tersebut dengan tepat.

4. Menampilkan Review Pelanggan

Jangan salah. Saat ini, pengguna internet sudah mulai yang banyak menggunakan fitur review ini sebelum memutuskan pembelian maupun kunjungan. 

Jangan segan untuk meminta pelanggan memberikan review yang baik mengenai usaha Anda, dan pastikan jika ulasan tersebut sesuai dengan pelayanan yang tersedia.

5. Fitur Post untuk Promosi

Bisa dibilang, fitur ini mirip dengan posting di media sosial. Anda bisa mengunggah foto-foto dengan keterangan yang menarik atau memancing rasa penasaran audiens, sehingga mereka mau mencari tahu lebih banyak mengenai bisnis, produk, dan layanan bisnis. Ini merupakan salah satu cara promosi terbaik.

6. Atribut Bisnis

Ini merupakan salah fitur pelengkap di Google Bisnisku. Fitur di Google Bisnisku yang satu ini, membantu pelanggan mendapatkan informasi-informasi lain yang mereka butuhkan.

Informasi lain yang bisa Anda cantumkan, antara lain penggunaan masker bagi semua pekerja, ketersediaan kursi bayi, hingga ruang untuk rapat, misalnya

7. Q & A

Fitur ini sangat memungkin Anda melakukan komunikasi atau tanya jawab secara langsung dengan para calon pelanggan. Itulah mengapa, sebaiknya cek akun Google My Business secara berkala. 

Karena tak jarang, pembeli akan bertanya terlebih dahulu untuk memastikan beberapa hal sebelum berbelanja di tempat usaha Anda.

8. Analitik Bisnis

Fitur yang ini hanya bisa dilihat oleh pemilik usaha. Fitur ini akan sangat membantu Anda dalam melakukan evaluasi bisnis. Karena banyak data yang ditampilkan, mulai dari jumlah pengunjung hingga asal informasi bisnis bisa ditemukan.

9. Wadah Komunikasi dan Interaksi dengan Pelanggan

Fitur di Google My Business ini akan membantu mendapatkan kepercayaan dari calon pembeli. Dari komunikasi dan interaksi yang Anda bangun, pelanggan akan bisa melihat bagaimana Anda melayani mereka.


Setelah mengetahui beberapa fitur di Google My Business, sebagai pemilik usaha jangan lupa mendaftarkan bisnis tersebut ke platform ini. Ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan demi kemajuan usaha. Selamat mencoba.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER