MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Optimasi Konten SEO Menggunakan People Also Ask

28 Feb  · 
4 min read
 · 
eye 34.916  
SEO & SEM

redcomm

Penerapan teknik SEO untuk optimasi konten memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan page view, page rank, dan masih banyak lagi.

Untuk mengoptimasi konten agar lebih SEO friendly, Anda bisa lho memanfaatkan fitur People Also Ask yang sudah disediakan Google. Bagaimana caranya? Baca artikel ini sampai selesai, yuk.

Apa Itu Fitur People Also Ask (PAA)?

Fitur PAA atau People Also Ask adalah bagian dari hasil pencarian Google yang menampilkan serangkaian pertanyaan terkait dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna. 

Kotak PAA ini biasanya muncul di antara hasil organik dan hasil pencarian lainnya. Anda bisa memanfaatkan berbagai pertanyaan yang muncul pada PAA untuk memberikan informasi tambahan yang relevan dan menarik minat pengguna untuk mengeksplorasi lebih lanjut.

Cara Kerja People Also Ask

Google menggunakan algoritma dan machine learning untuk menampilkan pertanyaan yang relevan dalam fitur People Also Ask. Penyusunannya berdasarkan pola pencarian pengguna secara global.

Jadi, saat audiens mengetikkan kueri tertentu, maka akan muncul halaman hasil pencarian. Di antara barisan situs yang Google rekomendasikan, terdapat daftar pertanyaan yang sering diajukan pengguna internet.

Lalu kalau Anda klik salah satu pertanyaan pada kotak PAA, maka akan tersedia jawaban singkat yang diambil dari salah satu sumber yang direkomendasikan Google. 

Rangkuman inilah yang kemudian bisa mendorong audiens untuk membaca lebih lanjut dengan melakukan klik menuju situs websitenya.

Daftar pertanyaan dalam PAA bisa saja berubah dalam periode waktu tertentu, mengingat Google secara terus-menerus memperbarui dan mengoptimalkan hasil PAA untuk meningkatkan relevansi dan kualitasnya.

Hal Penting dalam Pembuatan Konten SEO

Optimasi konten merupakan kerja tambahan sebenarnya bagi Anda, mengingat kegiatan ini berfokus pada perbaikan konten yang sudah ada, bahkan sudah tayang. 

Maka untuk meminimalkan banyaknya konten yang harus diperbaiki, seharusnya Anda sudah mulai mengoptimalkan kualitas konten sejak dari proses pembuatannya pertama kali.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat konten yang SEO friendly, antara lain:

1. Informatif

Dalam pembuatan konten, pastikan konten mengandung hal-hal yang informatif dan bermanfaat bagi para audiens. 

Selain melakukan pemilihan kata kunci yang relevan dengan konten, Anda harus menyusun konten menggunakan struktur yang jelas.

Contohnya, saat Anda menulis artikel tips tetap bugar dengan menggunakan kata kunci “latihan fisik efektif” atau “nutrisi seimbang”. 

Di dalam konten artikel, Anda bisa merinci manfaat menjaga tubuh tetap sehat, resep makanan sehat, hingga jenis olahraga dan panduan latihannya.

2. Memiliki Nilai Lebih

Selain konten yang informatif, usahakan konten mengandung nilai lebih atau ciri khas yang membedakannya dengan konten sejenis yang sudah banyak tersebar di situs web lainnya. 

Misalnya, website Anda berisi konten terkait destinasi wisata. Anda tidak hanya menampilkan review destinasi wisata populer saja, namun juga menghadirkan tempat wisata yang jarang tersorot atau hidden game

Lalu di dalam konten tersebut juga ada detail alamat, cara berkunjung, estimasi biaya, hingga gambar-gambar HD yang mempesona.

3. Menarik & Kredibel

Konten harus berkualitas, unik, dan spesifik. Selain itu juga memiliki kredibilitas dan bisa dipercaya. Audiens biasanya lebih menyukai konten yang berdasarkan pengalaman pribadi.

Anda bisa menambahkan berbagai aspek lain, misalnya referensi pendukung, image, infografis, video, atau foto hasil jepretan Anda sendiri, sehingga isi konten semakin menarik minat audiens. 

Konten yang mengandung banyak aspek visual lebih menarik minat audiens daripada konten yang hanya berupa tulisan.

Tahap Persiapan Sebelum Melakukan Optimasi Konten SEO

Selain memperhatikan poin di atas, ada beberapa tahapan yang sebaiknya Anda lakukan sebelum mulai melakukan optimasi konten secara SEO menggunakan people also ask, antara lain:

1. Buat Daftar Pertanyaan dari List People Also Ask

Hal ini terlihat remeh, tetapi memiliki pengaruh besar dalam pembuatan konten digital. Anda harus membuat sebanyak mungkin daftar pertanyaan yang bisa ditemukan dari list atau daftar people also ask yang Anda temukan di mesin pencari besar seperti Google.

Catat atau rangkum dulu semuanya satu persatu. Semakin banyak semakin bagus. Nantinya, Anda dapat mengelompokkan pertanyaan yang satu tema.

Lalu kelompokkan juga pertanyaan mana saja yang bisa dibuat dalam satu konten, hingga yang memungkinkan Anda membuat beberapa konten sekaligus. Selain itu, Anda juga bisa menemukan berbagai topik berdasarkan kategori tertentu, seperti:

  • Topik yang sedang hangat-hangatnya menjadi perbincangan. Misalnya terkait isu kesehatan global, tren teknologi, perubahan iklim, dan lainnya.
  • Topik tertentu yang dapat mendatangkan profit atau keuntungan bagi bisnis. Contohnya terkait pemasaran digital, peningkatan penjualan melalui platform e-commerce, dan lainnya.

Apa pun topik pilihan Anda, pastikan Anda sudah menguasai dan memahaminya. Jika belum, carilah referensi yang relevan terlebih dahulu.

2. Riset Kata Kunci

Setelah menentukan topik, saatnya Anda melakukan riset untuk beberapa kata kunci yang mendukung optimasi SEO pada konten

Bagaimana cara melakukan riset kata kunci? Caranya cukup mudah. Anda harus mencari berbagai tools di internet yang biasanya mempunyai kata kunci keyword tools pada kolom pencarian.

Lalu, bagaimana cara mengetahui kata kunci yang relevan dengan konten? Contoh, jika ingin membuat konten tentang brand awareness, Anda harus mencantumkan kata kunci yang paling banyak dicari pada kolom pencarian.

Misalnya, kata kunci: cara membangun brand awareness. Dengan menggunakan kata kunci yang paling banyak hasil pencariannya, harapannya konten Anda juga bisa mendapatkan posisi yang lebih baik di search engine.

3. Membuat Outline dan Format yang Relevan

Saat membuat konten, pastikan Anda menggunakan format yang membuat audiens nyaman untuk membaca isinya. Berikut beberapa poin yang perlu Anda perhatikan:

  • Menggunakan format heading dan subheading untuk membedakan mana judul, ringkasan, dan isi. Selain itu, pastikan struktur heading mencerminkan hierarki informasi yang jelas.
  • Apabila membuat konten berupa listicle (artikel yang berbentuk daftar), Anda harus membuat outline yang sesuai (logis) dan tidak membingungkan audiens. Pastikan setiap poin dalam daftar memiliki subheading yang relevan.
  • Perhatikan jarak antar-paragraf dan penggunaan paragraf singkat agar audiens tidak lelah saat membaca. Namun, jaraknya jangan terlalu jauh.
  • Lakukan penyesuaian saat menggunakan tanda baca dan ejaan sesuai aturan bahasa yang berlaku. Hindari kesalahan ejaan dan tanda baca supaya terlihat profesional.
  • Sisipkan aspek visual yang relevan dengan konten, bisa berupa gambar, grafik, atau video setelah 150-300 kata.

4. Tidak Keluar dari Topik Pembahasan

Banyak penulis atau pembuat konten yang melakukan kesalahan ini. Biasanya terjadi karena memilih topik pembahasan yang cukup menarik. Tanpa sadar mereka terbawa arus dan tidak memperhatikan relevansi atau kesinambungan topik antar-paragraf. 

Jangan sampai hal ini terjadi jika Anda ingin mengoptimalkan konten agar memenuhi persyaratan SEO.

Dalam proses pembuatan konten yang SEO friendly, Anda juga bisa menerapkan beberapa hal berikut ini:

5. Memasukkan Backlink dalam Konten

Dalam membuat suatu konten, keberadaan backlink yang relevan juga dapat mempengaruhi posisi SEO. 

Apabila memiliki beberapa kenalan atau rekan yang kebetulan pernah membahas topik yang sama pada kontennya, Anda dapat mengajak mereka bekerja sama untuk menyisipkan backlink dofollow pada konten.

Dengan cara optimasi SEO yang satu ini, mesin pencari atau search engine akan mengenali situs Anda telah dipercaya oleh beberapa orang, walaupun itu hanyalah rekan kerja Anda.

Google sebagai search engine terbesar di dunia saat ini sangat mementingkan kredibilitas. Menyisipkan backlink yang relevan dan tidak berlebihan bisa membantu Anda untuk mewujudkan kesempatan mendapatkan peringkat teratas SEO.

Kesimpulannya, jika ingin membuat konten yang SEO friendly, Anda harus menciptakan konten yang sifatnya informatif, terpercaya, dan menarik. Maksimalkan hasilnya dengan lebih dulu melakukan Riset Keyword untuk Optimasi SEO pada Konten Artikel.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER