Seperti strategi pemasaran lainnya, kesuksesan bisnis Anda sangat bergantung pada kualitas konten yang ditampilkan. Sebelum membaca lebih lanjut cara membuat konten yang menarik untuk video live streaming, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu, layanan yang bisa membantu Anda mengoptimalkan dan membangun keterlibatan dengan audiens selama live streaming berlangsung.

 

Layanan untuk Mengoptimalkan Keterlibatan Audiens dalam Live Streaming

 

Ada banyak layanan yang dapat membantu Anda mengoptimalkan penyiaran video streaming secara langsung. Dengan platform ini, Anda dapat melakukan live streaming langsung ke berbagai media sekaligus, tanpa harus berlangganan banyak platform. Cara ini jauh lebih praktis, sehingga Anda dapat mengerjakan pekerjaan lain dan bebas memilih paket yang paling sesuai dengan bisnis dan kemampuan Anda.

 

Untuk membantu Anda dalam hal ini, berikut adalah layanan streaming secara langsung yang dapat digunakan agar konten yang ditampilkan menarik bagi audiens.

 

 

Restream.io

Jika Anda membaca artikel ini sambil berpikir, "Senang sekali ada begitu banyak platform untuk streaming secara langsung, tetapi bagaimana jika saya ingin menggunakan semuanya secara bersamaan?" maka Restream.io adalah jawabannya.

 

Dalam hal streaming langsung, Restream memungkinkan Anda melakukan video streaming ke lebih dari 30 platform media sosial pada saat yang bersamaan, menjadwalkan streaming langsung, dan video yang direkam sebelumnya, melibatkan audiens Anda melalui obrolan, dan menyatukan semua analitik video streaming di satu tempat.

 

Restream.io menyediakan berbagai paket, mulai dari paket gratis tanpa bayar, paket standar dengan harga $16 per bulan, sampai paket profesional dengan nominal harga $41 per bulan yang masih sangat wajar. 

 

Restream memberikan jaminan pengalaman terbaik untuk video streaming langsung Anda, sehingga keterlibatan banyak audiens tak diragukan lagi. Salah satu hal terbaik lainnya tentang Restream, betapa mudahnya Anda menyiapkan dan memulai acara streaming secara langsung.

 

Dengan Restream studio, Anda dapat membuka satu tab di browser dan mulai melakukan streaming di semua platform pilihan hanya dalam dua kali klik. Secara otomatis, semua akan terhubung ke kamera web dan mikrofon yang digunakan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan aplikasi pihak ketiga.

 

Restream studio memungkinkan Anda untuk menyiarkan video streaming dalam bentuk Full High Definition (1080p) dan mengundang tamu ke acara tersebut, sehingga Anda dapat mengadakan wawancara secara langsung dan tanya-jawab. Yang perlu Anda lakukan, hanyalah membagikan tautan khusus dengan tamu Anda dan menunggu sampai mereka muncul.

 

Anda juga dapat melakukan streaming secara langsung saat webinar, dibalik layar, lokakarya, promosi penjualan, dll. Jika Anda perlu menanggapi obrolan, Restream juga sangat membantu. Restream dapat menyatukan obrolan dari berbagai platform ke satu tempat dan memungkinkan Anda untuk menanggapi audiens secara langsung, bukan hanya membaca komentar mereka.

 

Setelah membuat akun, akan ada menu dasbor, tempat di mana Anda diminta untuk menambahkan saluran. Dari sini, Anda dapat memilih daftar platform yang berbeda dan menghubungkannya dengan akun Anda hanya dengan beberapa kali klik.

 

 

Cara Membuat Konten Menarik untuk Video Live Streaming

Untuk mendorong keterlibatan audiens, pertama-tama Anda harus memahami kondisi audiens, pertanyaan yang mereka miliki, dan masalah yang mungkin mereka hadapi. Setelah memiliki pemahaman yang baik tentang target audiens maka Anda dapat membuat rencana kasar tentang apa yang ingin Anda capai melalui streaming secara langsung.

 

Poin Penting yang Harus Anda Ingat

 

  1. Streaming Langsung Adalah Media Inklusif 

Libatkan selalu pemirsa Anda sebelum melakukan siaran langsung, dan tanyakan apa yang mereka ingin dengarkan dari Anda. Ini dapat menjadi panduan agar tema streaming Anda mengalir, dan memastikan Anda dapat menjawab pertanyaan audiens.

 

  1. Anda Harus Memiliki Rencana Kasar 

Anda harus cukup siap saat melakukan streaming secara langsung sehingga merasa nyaman di hadapan audiens. Ini adalah kesempatan untuk berimprovisasi dan menunjukkan karakter Anda. 

 

Audiens menyukai video langsung karena tidak dipentaskan, belum dioptimalkan, serta tidak diedit dengan sempurna. Ini adalah tampilan mentah merek dan perusahaan Anda. Jadi, Anda harus fleksibel.

 

  1. Bersikap Responsif terhadap Audiens 

Ini adalah kesempatan bagi audiens merasa benar-benar terhubung dengan merek Anda. Salah satu cara untuk mencapainya, dengan mengizinkan mereka mengarahkan diskusi. Bersikap responsif terhadap komentar dan umpan balik audiens, dan biarkan mereka memandu Anda.

 

  1. Ingatlah Tujuan Anda 

Tujuan live streaming umumnya bukan sekadar mempromosikan produk Anda. Ini tentang membangun hubungan yang solid dengan pelanggan Anda. Waspadai selalu nilai yang Anda tawarkan kepada pemirsa dan usahakan untuk memaksimalkannya jika memungkinkan.

 

 

Streaming secara langsung atau live streaming semakin populer, dan ini bukan kebetulan. Ini adalah teknologi dengan kemampuan luar biasa untuk melibatkan audiens yang ditargetkan dan meningkatkan brand awareness bisnis Anda. 

 

Berkat layanan seperti Restream.io, memulai streaming secara langsung menjadi sangat mudah. Anda jadi memiliki beragam cara untuk melibatkan banyak audiens. 

 

Penting untuk diingat, bahwa yang utama bukan hanya tentang live streaming itu sendiri. Untuk memanfaatkan layanan ini semaksimal mungkin, Anda harus fokus mengembangkan followers dari brand Anda, dan ini membutuhkan promosi yang konsisten melalui media sosial.

 

Live Streaming adalah salah satu cara yang ampuh untuk merencanakan social media marketing bagi pengembangan bisnis. Di saat yang sama, juga membantu memperluas merek dan jangkauan produk Anda ke pasar yang lebih luas. 

 

Jika Anda belum tahu cara melakukan video live streaming, coba hubungi Tim Redcomm untuk berdiskusi. Sebagai salah satu digital marketing agency Indonesia profesional, atau lebih tepatnya digital marketing agency Jakarta terpercaya, Redcomm memiliki divisi video production berpengalaman.

 

Selain itu, juga memiliki tim digital marketing strategist yang sudah membantu lebih dari 500 brand di seluruh Indonesia, juga sebagai creative marketing agency yang mampu membantu Anda secara bersama-sama mengembangkan ide bisnis yang brilian.

 

Apakah streaming secara langsung benar-benar berperan besar dalam strategi pemasaran merek dan produk Anda? Tentunya, Anda harus berani mencoba dan membuktikannya sendiri!