Setiap mengunggah satu artikel untuk website, Anda pasti membutuhkan gambar yang sesuai untuk mendukung isi dari konten yang Anda buat. Tentunya artikel akan jadi lebih menarik minat pembaca, dan bisa menjadi salah satu trik untuk menciptakan konten yang SEO friendly. Hal terpenting, format ukuran gambar diatur dengan seksama.

 

Disebut-sebut sebagai produk yang dapat menarik minat pembaca dan pengunjung, ukuran gambar dan foto harus mempunyai piksel yang baik karena akan mempengaruhi keindahan yang ada pada foto atau gambar. 

 

Ketika sudah memutuskan untuk mendalami SEO, Anda perlu mempertimbangkan tampilan yang user-friendly. Secara ideal, Anda bisa memilih format pada gambar sebelum melakukan posting. Beberapa format yang seringkali digunakan, antara lain JPG atau JPEG, GIF yang berupa gambar bergerak, dan ada juga PNG.

 

 

Format Ukuran Gambar 

Format Ukuran JPEG

Format pertama pada ukuran gambar yang SEO friendly ialah format ukuran JPEG. Format ini dikenal sebagai format yang paling sering digunakan karena memiliki tingkat paling bagus di antara yang lainnya. Biasanya, format ukuran JPEG ini dipakai pada jenis situs fotografi digital. Namun juga tak jarang dipakai untuk sebuah situs yang biasa saja. Kebanyakan para praktisi content writer internet, seperti blogger, juga menggunakan format ukuran ini dengan jenis yang beragam.

 

Format Ukuran PNG

Format PNG kebanyakan digunakan sebagai media gambar dan foto yang bersifat transparan pada background-nya. Format PNG banyak pula digunakan sebagai logo sebuah situs dengan ukuran file terbilang besar dibanding JPG. Ketika format ukuran PNG ini diedit dengan dilakukan kompres sampai pada ukuran yang terendah, maka hasil gambar yang didapatkan kurang nyaman dipandang. 

 

Format PNG sering disebut sebagai  gambar yang SEO friendly karena format gambar ini sangat memperhatikan kehalusan dan kedalaman warna yang baik. Anda dapat menggunakan format gambar PNG sebagai ekstensi gambar yang memiliki tingkat kualitas yang sangat baik.

 

 

Format Ukuran GIF

Format file GIF memiliki ukuran yang paling kecil dibandingkan format lainnya. Di masa lalu format ini hanya digunakan sebagai logo, namun sekarang format GIF banyak pula digunakan sebagai file animasi sebuah gambar yang bisa bergerak. Bahkan beberapa tahun belakangan sejak media sosial menjamur dan banyak digunakan oleh pengguna internet, file gambar dengan format GIF digunakan pula pada Facebook, Whatsapp, juga Telegram. Dengan ukurannya yang kecil, sudah pasti tidak akan memakan ketersediaan kapasitas penyimpanan, baik di gadget atau perangkat lain yang Anda gunakan untuk beraktivitas di dunia maya. 

 

Kesimpulan

Sebelum menutup artikel ini, era yang semakin maju menambah jajaran format-format gambar dan foto. Para pendatang dalam dunia format gambar yang sangat baik untuk situs Anda adalah format SVG dan WEBP, yang mana kedua format gambar ini disebut sebagai format terbaik untuk sebuah situs atau website di masa mendatang.

 

 

Itulah beberapa format ukuran gambar SEO friendly yang bisa Anda gunakan. Dengan format ukuran tersebut Anda bisa menyesuaikan pada situs atau website yang dimiliki, sehingga memiliki tampilan yang baik pada saat dilihat oleh orang yang mengunjungi situs Anda.