Bagi Anda yang sedang mengelola website untuk digital marketing websites, salah satu faktor pendukung yang dapat membuat artikel di situs tampak menarik adalah pemberian gambar, baik itu gambar yang Anda buat sendiri maupun gambar dari internet.

 

Namun, saat Anda mengambil gambar di internet, Anda tidak bisa sembarangan. Karena tidak semua gambar atau foto yang tersebar luas di internet mendapat izin untuk di-posting ulang, kecuali Anda memberikan keterangan sumber. 

 

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui 5 situs download gambar gratis yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik artikel di website Anda.

 

 

Rekomendasi Situs Download Gambar Gratis

Meskipun sebuah gambar bisa Anda download secara gratis, namun setiap website yang menyediakan gambar telah menentukan lisensi yang berbeda-beda, sehingga penting bagi Anda memeriksa terlebih dahulu sebelum menyematkannya pada artikel di websites.

 

Inilah beberapa rekomendasi situs yang menyediakan gambar secara gratis agar dapat Anda gunakan sebagai pendukung artikel di website.

 

  1. Pixabay

Pixabay menjadi salah satu situs yang banyak digunakan untuk mendapatkan gambar gratis. Resolusi dari setiap gambar di Pixabay berbeda-beda, yang mana bisa Anda atur atau pilih sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan ekstensi file yang digunakan, biasanya berbentuk joint photographic group atau JPG.

 

Untuk mengunduh gambar hingga resolusi 1920 x 1280 pixel, Anda tidak perlu mendaftar dan sign in terlebih dahulu, cukup mengklik captcha yang tersedia. Namun, jika Anda memerlukan resolusi yang lebih besar, maka Anda harus melakukan pendaftaran dengan menggunakan pilihan akun Facebook, Google, dan email.

 

Walau gratis, sebelum Anda mengunduh alangkah baiknya memperhatikan terlebih dahulu ketentuan yang ada di bawah tombol download. Jika gambar tersebut bebas untuk digunakan, maka ada keterangan tulisan berupa free for commercial use dan no attribution required.

 

Anda juga bisa berdonasi melalui PayPal untuk gambar yang akan digunakan sebagai bentuk penghargaan karya atau menyematkan link profil menuju akun Pixabay pemilik gambar.

 

  1. Flickr

Situs Flickr menyediakan 3 juta lebih gambar yang secara umum memiliki resolusi tinggi. Kelebihan Flickr, saat mengunduh gambar beresolusi penuh, Anda tidak perlu melakukan log in. Namun, ada satu hal yang harus Anda perhatikan, di mana sebagian besar gambar yang tersedia di Flickr harus mencantumkan kredit dari pemiliknya, sehingga Anda tidak bisa asal-asalan dalam mengambilnya.

 

 

  1. Unsplash

Situs lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk mengambil gambar gratis adalah Unsplash. Semua gambar yang disediakan di Unsplash merupakan karya para fotografer dari berbagai kalangan, dengan kualitas gambar tergolong lebih baik dibanding situs lain yang serupa. 

 

Pada Unsplash, Anda bisa lebih mudah menemukan gambar yang dibutuhkan, bahkan memilih ukuran small, medium, large,dan original size, karena gambar sudah dikelompokkan berdasarkan tema tertentu. Meskipun boleh menggunakan gambar tanpa mencantumkan kredit dari pemiliknya, namun akan lebih baik jika Anda memberikan link foto sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih atas karya orang lain.

 

  1. Pexels

Di Pexels, Anda bisa mengunduh gambar tanpa harus mendaftar terlebih dahulu. Uniknya, selain bisa memilih resolusi gambar yang sudah disediakan, Anda pun bisa melakukan download gambar dengan ukuran custom, sehingga dapat disesuaikan dengan keinginan Anda. Jika menyukai gambar portrait, maka Pexels sangat cocok untuk Anda gunakan, mengingat sebagian besar gambar atau foto yang tersedia di sana formatnya portrait.

 

  1. Freerange Stock

Berbeda dengan situs lain yang tidak perlu mendaftar, maka Anda diharuskan mendaftar terlebih dahulu agar bisa membuka berbagai foto berkualitas yang disediakan di Freerange Stock. Situs ini juga menyediakan ribuan gambar yang memiliki domain publik dan Anda dapat melakukan modifikasi atau edit langsung ke PIXLR agar semakin keren.

 

 

Gambar Bebas Watermark Beresolusi HD

Gambar yang ingin Anda posting di artikel website, tentunya akan dipilih yang tidak memiliki watermark, bukan? Nah, melalui kelima situs di atas, Anda bisa mendapatkan berbagai gambar yang diinginkan tanpa adanya tanda air ataupun tersandung masalah copyright di kemudian hari.

 

Di sisi lain, Anda juga bisa memberikan donasi dengan metode pembayaran yang sudah ditentukan sebagai bentuk penghargaan dan rasa terima kasih atas gambar yang sudah didapat dari situs yang dipilih. 

 

Selain bebas watermark, gambar yang Anda ambil dari kelima situs tersebut telah menggunakan kualitas high resolution. Jadi, ketika ingin menggunakannya sebagai pendukung di artikel dengan ukuran dan size yang sesuai keinginan serta SEO friendly, maka Anda bisa mengkompres gambarnya terlebih dahulu.

 

Penentuan ukuran gambar penting diperhatikan, mengingat ukuran gambar yang terlalu besar dapat membuat halaman website Anda menjadi lambat saat diakses oleh pengguna internet. Website dengan loading bisa saja membuat pengunjung mengurungkan niat untuk melanjutkan keinginan membaca artikel Anda meskipun isinya bagus.

 

Nah, itulah 5 situs download gambar gratis untuk mempercantik artikel website Anda. Semoga bermanfaat dan bisa Anda pergunakan dengan bijak. Namun, jika Anda ingin memproduksi gambar atau bahkan video yang high quality, cobalah untuk bekerja sama dengan tim creative agency Jakarta yang sudah berpengalaman dalam pembuatan video marketing bisnis, konten kreatif untuk media sosial, menyelenggarakan campaign, dan sebagainya.