MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Konten Powerful dengan Prinsip 3E untuk Peningkatan Traffic Website Bisnis

13 Jun  · 
2 min read
 · 
eye 6.677  
Website & Mobile Apps

redcomm

Di era digital business, konsumen menjadi lebih mudah dalam mencari informasi mengenai suatu produk. Mereka tinggal berselancar di internet atau media sosial, lalu bisa membandingkan dulu antara satu produk dari brand tertentu dengan produk dari brand lain, baru kemudian melakukan pembelian.

Hal ini tentu menjadi salah satu tantangan terbesar bagi para pebisnis untuk memenangkan persaingan dalam memikat calon pelanggan. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena pada Redcomm Knowledge kali ini akan membahas cara membuat konten powerful

Konten Powerful dengan Prinsip 3E Anti Gagal!

Konten menarik adalah konten yang isinya bisa memberi pengetahuan atau cara menyelesaikan masalah, yang bisa menggugah minat audiens sejak pertama kali melihatnya. Konten ini biasanya terdiri atas kombinasi teks, gambar, hingga video.

Lalu, bagaimana membuat konten powerfull yang menarik perhatian? Ya, gunakan saja prinsip edukasi, engaging, dan emosional atau 3E. Yuk, baca penjelasannya dan langsung praktikkan ya!

1. Edukasi

Dalam menjalankan strategi content marketing, Anda tidak wajib membuat konten yang menampilkan produk setiap saat. Karena, konten yang baik justru merupakan informasi yang bersifat edukatif.

Di bawah ini alasan mengapa konten edukasi sangat penting:

  • Konten edukatif dapat memberikan kepercayaan audiens terhadap produk.
  • Mampu meningkatkan kunjungan calon pelanggan ke website dan media sosial.
  • Membantu memberikan pengetahuan kepada audiens.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat konten edukasi, seperti tetap mengacu pada kaidah Search Engine Optimization (SEO). 

Dengan menerapkan konten yang SEO friendly, kunjungan pada situs web maupun media sosial Anda bisa bertambah, sehingga turut meningkatkan konversi untuk penjualan.

Berikut ini beberapa konten edukasi yang bisa Anda pilih dalam melakukan social media and digital marketing campaign!

Tips dan Trik

Untuk membuat konten edukasi yang mengusung tema tips dan trik, Anda bisa membuat konten yang masih berhubungan dengan produk yang Anda tawarkan.

Contohnya, ketika Anda menjual produk fashion. Anda bisa membuat konten mix and match pakaian. 

Agar memudahkan audiens untuk memahami konten, buatlah dengan lebih singkat, namun tetap informatif menggunakan poin-poin listicle dan tampilan visual yang eye-catching.

Review

Pada konten review, Anda bisa mengulas informasi produk secara lengkap, mulai dari bahan pembuatan, bentuk, tekstur, aroma, rasa, dan lainnya, sesuai dengan produk yang Anda jual.

Beritahukan juga kegunaan dan manfaat dari produk. Misalnya, Anda menjual skin care berupa pelembap wajah. Informasikan manfaatnya untuk menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit dari sinar UVA/UVB.

Selain itu, ulaslah keunggulan dan kelebihan produk. Contoh, cream wajah bisa mencerahkan kulit dalam dua minggu, sudah terdaftar BPOM, bisa untuk semua jenis kulit, dan dermatology tested.

Melalui pembuatan konten review yang lengkap, Anda dapat membantu audiens atau calon pelanggan untuk lebih memahami keunggulan produk. Di saat yang sama, Anda bisa mendorong mereka untuk lebih cepat dalam mengambil keputusan, mau beli produk atau tidak.

Tutorial

Membuat konten edukasi berupa tutorial bisa dengan membagikan tata cara penggunaan produk. Contohnya pada bisnis hijab.

Anda bisa membuat tutorial menggunakan berbagai macam model hijab atau memberikan tutorial penggunaan hijab yang cocok untuk busana tertentu. 

Intinya, konten tutorial harus berkaitan dengan kemudahan menggunakan produk Anda.

2. Engaging

Konten engaging adalah konten yang mampu menawarkan sesuatu yang baru, baik pengetahuan maupun perspektif yang bermanfaat serta dapat menginspirasi sekaligus menghibur audiens.

Jika ingin memiliki konten dengan engaging yang tinggi, buatlah konten yang unik dan out of the box, atau yang belum pernah ada sebelumnya.

Anda juga bisa memanfaatkan teknik SEO agar memudahkan audiens untuk menemukannya di mesin pencari. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat konten engaging, antara lain:

  • Opening konten harus menarik. Hal ini karena audiens hanya perlu melihat 3 detik pertama pada konten video atau paragraf pertama di konten artikel untuk menilai konten menarik atau tidak. 
  • Sematkan pertanyaan yang membuat pembaca penasaran dan mencari tahu lebih lanjut. Ini cara terbaik agar audiens bisa merefleksikan dan mengimplementasikan pengetahuan yang ada di konten Anda. 

Gunakan teknik storytelling dan kemas dengan cara menarik supaya audiens tidak menyadari jika Anda sedang menawarkan produk atau layanan kepada mereka.

3. Emosional

Konten yang powerful tidak hanya konten yang mampu menggunakan fakta dan logika saja. Konten ini harus mampu menyentuh emosi audiens.

Semakin sering menghadirkan konten yang mampu menyentuh emosi, Anda akan semakin mudah menggiring audiens bertindak sesuai dengan keinginan Anda.

Cara membuat konten yang emosional, misalnya:

  • Buat konten dalam bentuk video, mengingat gen Z dan audiens dari kelompok milenial cenderung menyukai konten berformat video.
  • Tambahkan unsur emosi, seperti emosi sedih, gembira, antusias, hingga marah. Baik dalam bentuk penceritaan, musik latar, caption, dll. 
  • Unsur visual gerak dan audio dalam konten akan menambah kekuatan pesan yang ingin Anda sampaikan supaya bisa lebih mudah menyentuh emosi audiens. 

Jika memerlukan referensi iklan atau video commercial yang mampu mempengaruhi audiens, Anda bisa menonton iklan dari Thailand. Iklan yang mereka buat cenderung lebih bisa memberikan kesan emosional, apalagi ditambah penggunaan teknik storytelling yang memikat.

Jadi, sudahkah Anda memahami cara membuat konten yang powerful agar menarik minat audiens? Jika sudah, kini giliran Anda mempraktikkannya. Pastikan Membuat Konten Evergreen untuk Meningkatkan Traffic Website dan Optimasi Konten Agar SEO Friendly.

Apabila membutuhkan bantuan untuk membuat konten powerful dengan prinsip 3E, Anda juga bisa hubungi Kontak Redcomm untuk mendiskusikannya. Redcomm Indonesia adalah digital marketing agency Indonesia profesional yang berhasil meraih gelar Agency of The Year 6 tahun berturut-turut serta termasuk digital advertising agency terpercaya.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER