knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
Perbedaan Antara ...

Perbedaan Antara Local SEO dan Organic SEO yang Pemilik Website Wajib Tahu

01 Mar  · 
4 min read
 · 
eye 9.389  
SEO

Perbedaan Antara Local Seo Dan Organic Seo

Apabila Anda sudah memiliki pengalaman tentang organic SEO, maka bersyukurlah karena semua yang Anda pelajari sebelumnya ternyata juga berlaku untuk marketing di bisnis lokal.

Prinsipnya, baik strategi local SEO maupun organic SEO sama pentingnya. 

Hanya saja untuk bisa mengimplementasikan kedua strategi tersebut dengan benar, Anda harus paham dulu definisi dan perbedaan antara local SEO dan organic SEO.

Apa Itu Local SEO?

Pengertian local SEO adalah strategi optimasi mesin pencari yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas bisnis di pencarian lokal. 

Penerapan strategi yang satu ini sangat penting, terutama bagi Anda yang memiliki bisnis dengan lokasi fisik di daerah tertentu atau bisnis Anda melayani area geografis tertentu.

Apalagi di zaman sekarang, hampir semua orang mencari sesuatu, termasuk mencari lokasi bisnis, menggunakan Google. 

Misalnya, sate padang yang enak, toko sepatu terdekat, coffee shop di Jalan Merdeka, dan sebagainya.

Untuk bisa memenangkan hasil pencarian, tentunya Anda harus tahu faktor apa saja yang mempengaruhi local SEO. 

Nah, Google menggunakan berbagai faktor, seperti relevansi, jarak, dan popularitas untuk menentukan peringkat dalam pencarian lokal.

Gampangnya, hasil dari membangun local SEO bisa Anda lihat pada Google Business Profile (GBP), Google Maps, Local Pack (3 bisnis teratas dalam pencarian lokal), maupun pencarian berbasis lokasi seperti “restoran enak di dekat saya”.

Apa Itu Organic SEO?

Organic SEO adalah strategi optimasi untuk meningkatkan peringkat halaman web di hasil pencarian organik tanpa bergantung pada lokasi tertentu. 

Menerapkan strategi organic SEO bertujuan untuk meningkatkan visibilitas jangka panjang dengan mengoptimalkan aspek, seperti:

Beda Local SEO dan Organic SEO

Agar Anda bisa lebih memahami perbedaan local SEO dan organic SEO, maka pembahasan di bawah ini akan dibagi dalam poin-poin pentingnya ya:

1. Target Audiens

Perbedaan local SEO dan organic SEO yang pertama terletak pada penargetan audiens. SEO organik berfokus mendapatkan sebanyak mungkin audiens global atau siapa pun yang jadi pengguna internet.

Sementara itu, SEO lokal mempersempit fokusnya untuk pasar geografis terbatas yang lokasinya ada di sekitar lokasi fisik bisnis Anda.

2. Fokus Optimasi

Kalau Anda ingin menargetkan kata kunci berbasis lokasi, seperti “digital marketing agency Jakarta”, maka Anda perlu melakukan optimasi local SEO.

Tetapi jika Anda hanya mau berfokus pada kata kunci yang tak berhubungan dengan lokasi, lakukan optimasi organic SEO. Misalnya, “digital marketing agency”.

3. Faktor yang Mempengaruhi Peringkat

Untuk bisa mendapatkan posisi terbaik dalam peringkat yang ditetapkan Google, maka local SEO membutuhkan Google My Business, ulasan pelanggan, dan kedekatan lokasi (jarak lokasi).

Selain itu, Anda juga perlu melakukan optimasi pada GMB dan memiliki manajemen ulasan pelanggan yang baik.

Lalu faktor yang mempengaruhi peringkat organic SEO meliputi kemampuan Anda dalam membuat dan mempublikasikan konten berkualitas (punya strategi konten), mendapatkan backlink, serta penerapan strategi SEO yang mumpuni.

4. Hasil Pencarian yang Dihasilkan

Local SEO bertujuan membuat suatu bisnis menonjol dalam hasil telusuran lokal. Contohnya, pada platform ulasan bisnis lokal, peta lokasi Google, Apple Maps, atau antarmuka yang terhubung.

Fokus organic SEO, bisnis Anda mudah ditemukan di halaman hasil pencarian organik di Search Engine Result Page (SERP).

5. Pengaruh Ulasan Pengguna

Banyak sedikitnya ulasan pelanggan, termasuk bagus tidaknya ulasan yang Anda dapatkan,akan sangat mempengaruhi peringkat local SEO bisnis Anda.

Sebaliknya, ulasan pelanggan tidak terlalu berpengaruh pada organic SEO dibandingkan dengan faktor lain, seperti kualitas konten dan optimal tidaknya strategi SEO yang Anda terapkan.

Algoritma Local SEO dan Organic SEO yang Terpisah

Prinsip utama dalam perbedaan antara local SEO dan organic SEO adalah adanya algoritma yang terpisah, meski keduanya memiliki banyak persamaan.

Demikian pula dengan bisnis lokal, semua brand online berusaha keras meyakinkan Google bahwa mereka memiliki kelayakan menjadi fokus pencarian yang relevan dan menonjol dalam SERP.

Contohnya, seorang penjual pakaian eceran yang memiliki lima cabang di Jakarta tak perlu terhubung dengan pembeli global untuk menjajakan semua barang dagangannya.

Meski demikian, bisnis tersebut harus menonjol di SERP organik lokal agar para pengguna internet yang sedang mencari pakaian dan memiliki lokasi dekat dengan masing-masing cabang dapat menemukannya.

Organic SEO banyak diterapkan di berbagai brand online agar bisnis dapat bersaing di SERP organik lokal milik Google. Hal ini membuat batasan antara SEO organik dan lokal pun menjadi semakin kabur. 

Namun tenang saja, ada perincian yang paling sederhana untuk algoritma lokal, yaitu:

1. Relevansi

Bila dikaitkan dengan relevansi, maka yang akan ditanyakan oleh algoritma adalah “Apakah bisnis ini memiliki sesuatu yang dibutuhkan oleh para pengguna internet?” 

Sebenarnya, ini sesuatu yang sangat mudah karena berhubungan dengan berbagai faktor, bisnis Anda sesuai dengan pencarian atau tidak.

Agar lebih menonjol, algoritma juga akan menanyakan, "Bisnis manakah yang paling populer di area lokal tersebut?”

2. Kedekatan

Untuk poin ini, pertanyaan yang diajukan adalah “Apakah bisnis yang dianggap relevan tersebut cukup dekat dengan lokasi pengguna internet?”

Contohnya, jika seseorang berada di lokasi tertentu dan ingin makan sosis telur, tentu saja permintaannya adalah makanan tersebut. 

Kemudian, ia akan melakukan pencarian jasa kuliner yang menyediakan sosis telur di sekitar tempat tinggalnya. Nah, penyedia kuliner terdekat inilah yang akan dipilih oleh algoritma.

3. Keunggulan

Dalam contoh kasus di atas, beberapa bisnis sosis telur yang paling dekat dengan si pengguna internet akan mendapatkan peringkat Google berdasarkan keunggulan yang mereka miliki.

Jadi, saat audiens meminta sesuatu, di tempat tertentu, algoritma akan memberi keuntungan untuk bisnis yang ada di sekitar lokasi pengguna internet.

Jika pencariannya ditambah dengan kalimat “Sosis telur yang buka sekarang”, maka bisa jadi bukan hanya lokasi terdekat saja yang muncul, lokasi yang jauh pun akan masuk ke dalam pencarian. Relevansi memegang peranan dalam hal ini. 

Beda lagi ketika pengguna internet mengganti pencariannya menjadi “Sosis telur termurah”, maka lokasi yang muncul dan disarankan oleh Google akan berbeda. 

Coba lagi dengan kalimat lain, “Sosis telur terbaik”, bisa jadi hasil yang muncul memiliki lokasi sangat jauh, atau merupakan kombinasi dari berbagai lokasi. 

Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan kedekatan antara pengguna internet dengan bisnis lokal sebagai hal yang fleksibel, tergantung pada apa pertanyaannya, lokasi si pencari, relevansi dengan kueri yang ada, dan keunggulan bisnis tersebut.

Anda juga bisa membaca beberapa artikel lain untuk lebih memahami tentang local SEO, seperti:

Apakah Anda bisa memahami perbedaan antara local SEO dan organic SEO? Jika belum, jangan segan untuk langsung menghubungi Redcomm Indonesia dengan klik tulisan Kontak Redcomm ini. 

Redcomm adalah salah satu digital marketing agency Indonesia dan dikenal pula sebagai digital marketing agency Jakarta


Hingga hari ini, Redcomm telah membantu lebih dari 500 brand dan menolong brand tersebut memenangkan persaingan dalam pasar bisnis yang sangat pesat. 

Berbagai layanan yang tersedia di digital agency Redcomm, antara lain branding companies, online marketing services, local advertising, dan digital marketing campaign.

Selain itu, tersedia pula layanan dan jasa media planning and media buying, data driven marketing, data analysis, social media marketing, search engine marketing, jasa SEO profesional, creative advertising agency, dan sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai perbedaan local SEO dan organic SEO. Semoga memberikan wawasan baru untuk Anda sebagai pemilik bisnis yang masih bingung agar dapat mempelajari dan mempraktekkannya.

Jika ingin meningkatkan performa SEO lebih lanjut, pertimbangkan untuk menerapkan Local Business Optimization.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER