MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Peran Penting Social Media Specialist bagi Bisnis

06 Jul  · 
4 min read
 · 
eye 4.794  
Social Media

redcomm

Media sosial tidak hanya alat branding, tetapi juga platform untuk membangun citra positif produk dan layanan yang ditawarkan. Maka untuk memaksimalkannya, Anda butuh peran social media specialist.

Kehadiran social media specialist dalam bisnis selain meningkatkan visibilitas online, juga memastikan setiap kampanye digital memberikan hasil maksimal.

Cari tahu selengkapnya apa itu social media specialist dan perannya bagi perkembangan bisnis di ulasan Redcomm Knowledge kali ini.

Apa Itu Social Media Specialist?

Social media specialist adalah profesional yang bertugas mengelola dan mengoptimalkan kinerja media sosial perusahaan. 

Sebagai social media specialist, mereka tidak hanya memposting konten, tetapi juga merancang strategi, menganalisis data, dan berinteraksi dengan audiens untuk mencapai tujuan bisnis.

7 Peran Social Media Specialist bagi Pengembangan Bisnis 

Social media specialist menjadi bagian penting yang bertanggung jawab memastikan semua konten yang dipublikasikan di media sosial perusahaan memberi impact besar bagi pertumbuhan dan keuntungan perusahaan.

Tanpa profesi ini, perusahaan akan kewalahan dalam melakukan branding, promosi, dan pemasaran. Bahkan untuk membangun interaksi dan keterlibatan dengan konsumen. 

Untuk tahu tugas dan peran social media specialist dalam pengembangan dan promosi bisnis, lanjutkan membaca penjelasannya di bawah ini:

1. Analisis dan Riset Profil Audiens

Kehadiran social media specialist bagi bisnis atau perusahaan dapat membantu kinerja di bidang promosi menjadi lebih baik. Social media specialist akan melakukan riset yang mendalam terkait audiens yang menjadi target market. 

Mereka mengidentifikasi karakter dan perilaku konsumen. Termasuk memahami demografi dan data lainnya,seperti gender atau jenis kelamin, jenis pekerjaan, usia, hobi, minat, sampai dengan domisili. 

Setelah mendapatkan semua data yang dibutuhkan dan dikumpulkan dalam database perusahaan, social media specialist kemudian membuat pengelompokkan audiens berdasarkan kategori tertentu.

Baru kemudian mereka melakukan data analisis supaya bisa mengatur strategi digital marketing berdasarkan audience data, dan akhirnya memudahkan saat mau melakukan retargeting dan remarketing di kemudian hari.

2. Mengelola Jadwal Posting yang Konsisten

Pengelolaan media sosial perusahaan tak hanya tentang membuat konten, tetapi juga harus ada pengaturan jadwal posting yang konsisten. Di sinilah peran social media specialist yang mau tidak mau harus membuat jadwal posting dalam bentuk kalender konten media sosial

Selain menggunakan content calendar, social media specialist juga membuat content plan yang isinya mengenai ide dan konsep konten yang mau dibuat, rencana pembuatan konten, hingga konten yang siap dipublikasikan.

Pembuatan konten juga tak bisa sembarangan karena harus berdasarkan customer journey. Tujuannya supaya setiap konten bisa engaged dengan konsumen, sekaligus dapat membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan.

Dengan cara ini, branding produk dan perusahaan melalui media sosial lebih terkonsep dan seluruh konten yang dipublikasikan bisa menarik perhatian lebih banyak audiens, kemudian bisa menciptakan peluang terjadinya konversi.

3. Mengoptimalkan Branding Berbasis Data

Jika branding perusahaan belum berhasil dengan baik, maka sudah waktunya Anda memiliki social media specialist. Harapannya konsep branding jadi lebih profesional sesuai kondisi audiens. 

Ahli media sosial akan bekerja melakukan survei pasar terlebih dahulu untuk mengetahui konten dan produk apa yang diminati konsumen. Selain itu mereka juga akan menganalisis tren sehingga semua materi promosi sesuai dengan apa yang digemari masyarakat saat ini.

Hal ini sejalan dengan hasil data yang dibuat oleh Deloitte, yang menyebutkan bahwa 89% konsumen cenderung memilih produk dari brand yang menawarkan pengalaman secara personal dan relevan dengan kebutuhan audiens.

Masih dari sumber yang sama juga ditemukan data bahwa audiens lebih menyukai konten dan materi promosi yang mengikuti tren terbaru dan mencerminkan brand identity yang jelas.

Inilah kenapa individu / tim yang berada dalam posisi ini sebaiknya memiliki pengalaman yang cukup, sehingga kinerja mereka dapat membantu perusahaan mencapai tujuan yang diharapkan dan Anda tak perlu khawatir mereka tidak bekerja secara maksimal.

4. Bekerja Sama dengan Digital Marketing Agency Indonesia

Cara berikutnya, Anda bisa bekerja sama saja dengan best digital marketing agency atau digital marketing agency Indonesia. Mereka memiliki tim digital marketing strategist berpengalaman, termasuk di dalamnya ada tim social media specialist

Pengalaman dalam mengelola banyak brand membuat mereka lebih memahami strategi digital marketing yang bisa diterapkan dan cocok bagi brand Anda. 

Berkonsultasi, berdiskusi, bahkan berkolaborasi dengan tim digital agency Jakarta bisa membantu Anda mendapatkan gambaran yang lebih jelas, campaign seperti apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan brand awareness

Ingin langsung berkonsultasi dan berdiskusi untuk menemukan strategi social media campaign yang paling tepat untuk bisnis Anda? Klik Kontak Redcomm.

Istilah branding memiliki pengertian, semua aktivitas promosi untuk menanamkan citra diri bisnis yang positif, sehingga bisa menaikkan intensitas dan kapabilitas produk maupun layanan yang tersedia. 

Mengenai branding, Anda bisa membaca secara lengkap pada artikel sebelumnya, yang berjudul Pengertian Brand Awareness, Tips Membangun Branding Produk, Metode Agile untuk Branding dan Marketing, dan masih banyak lagi artikel serupa di Redcomm Knowledge.

5. Membantu Meningkatkan Customer Support

Dalam kaitannya dengan operasional perusahaan, kehadiran customer support sangat penting, karena mereka berperan menjadi jembatan komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan atau calon pelanggan. 

Nah, kehadiran social media specialist di sini dapat membantu meningkatkan customer support bagi perusahaan. Social media specialist akan menjawab memberikan jawaban atas permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan. 

Tentu saja tidak secara langsung, melainkan memberikan data yang akurat dan detail kepada tim customer support sehingga bisa mengambil tindakan lebih lanjut.

6. Kontrol Media Sosial Lebih Baik

Karena sudah menjadi tugas dari social media specialist untuk memberikan informasi, pemahaman, dan melayani pelanggan atau calon pelanggan di media sosial, maka reputasi brand Anda akan lebih terkontrol. 

Dengan kata lain, social media specialist menjadi bagian dalam melakukan kontrol terhadap komentar atau feedback audiens yang masuk ke akun media sosial perusahaan.

Mengenai ekspektasi konsumen tentang respons brand terhadap pemenuhan kebutuhan mereka pernah pula diulas oleh Sprout Social.

Dalam penelitian Sprout Social disebutkan bahwa 76% konsumen menghargai brand yang mengutamakan dukungan pelanggan dan bisa memberi respons dengan cepat dalam waktu 24 jam. 

Lalu dari data tersebut, kurang lebih 69% konsumen mengharapkan brand memberikan jawaban atas apa pun pertanyaan dan permasalahan yang mereka ajukan di hari yang sama setelah mereka menghubungi Anda.

7. Pengelolaan Krisis dan Reputasi

Jika social media specialist mendapatkan briefing dengan benar dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya, Anda akan lebih hemat waktu dan tidak perlu kehilangan banyak  tenaga untuk mengatur segala hal ketika terjadi krisis maupun upaya membangun reputasi.

Harvard Business Review menemukan bahwa 45% konsumen mengubah keputusan pembelian berdasarkan tanggapan brand terhadap masalah di media sosial. 

Itulah sebabnya, social media specialist memainkan peran penting dalam mengelola krisis dengan memberikan respons yang cepat dan profesional terhadap komentar negatif atau situasi darurat. Ini membantu menjaga dan bahkan meningkatkan reputasi brand.

8. Inovasi Berkesinambungan

Menurut Social Media Examiner, 63% spesialis media sosial menggunakan video dalam strategi konten mereka, dengan 87% melaporkan bahwa video meningkatkan visibilitas brand di media sosial. 

Nah, tugas social media specialist dalam hal ini juga harus bisa berinovasi dan paham tren terbaru, kemudian mengimplementasikannya dalam bentuk konten untuk meningkatkan visibilitas dan engagement

Penggunaan konten visual seperti video, gambar, dan infografis merupakan strategi efektif yang bisa mereka terapkan agar kegiatan promosi perusahaan Anda menjadi lebih inovatif sesuai dengan tuntutan tren yang terus berubah.

9. Analisis Kinerja dan Pelaporan

Semua aktivitas digital campaign harus ada data yang bisa dijadikan wawasan, dan kemudian bisa dianalisis untuk tahu apakah kampanye yang dijalankan memberi hasil baik atau tidak.

Maka mau tidak mau, spesialis media sosial perlu melakukan analisis kinerja dan membuat laporan secara berkala. Dari analisis ini, Anda dapat mengidentifikasi peluang untuk perbaikan dan pengoptimalan lebih lanjut.

Selain itu, data tersebut akan membantu Anda menyelenggarakan social media campaign yang lebih baik di masa depan demi mencapai tujuan yang diinginkan.

 

Nah, Anda sudah tahu peran penting social media specialist bagi pertumbuhan bisnis. Ikuti tren terkini terkait promosi di media sosial dari ulasan yang ada di Redcomm Knowledge. Langsung klik link ini: Social Media Knowledge.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER