Apa yang dimaksud social media specialist? Apakah penting bagi bisnis atau perusahaan untuk memiliki orang atau tim social media specialist

 

Sebelum membahas tentang social media specialist, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai peran media sosial dalam kegiatan promosi bisnis. Peran media sosial bagi bisnis atau perusahaan memiliki manfaat sebagai alat branding

 

Istilah branding memiliki pengertian, semua aktivitas promosi untuk menanamkan citra diri atau bisnis yang positif, sehingga bisa menaikkan intensitas dan kapabilitas produk maupun layanan yang tersedia. 

 

Mengenai branding, Anda bisa membaca secara lengkap pada artikel sebelumnya, yang berjudul Pengertian Brand Awareness, Tips Membangun Branding Produk, Metode Agile untuk Branding dan Marketing, dan masih banyak lagi artikel serupa di Redcomm Knowledge.

 

Peran dan Manfaat Keberadaan Social Media Specialist bagi Pengembangan Bisnis 

Social media specialist merupakan suatu profesi di mana orang atau tim yang bertugas pada bagian ini memiliki tanggung jawab besar untuk mengelola seluruh akun media sosial perusahaan. Tanpa profesi ini, perusahaan akan kewalahan dalam melakukan branding. Oleh sebab itu, kedudukan social media specialist dalam perusahaan tak boleh diremehkan. 

 

Manfaat lain betapa penting profesi social media specialist dalam perusahaan dapat Anda baca di bawah ini:

 

 

  1. Dapat Memahami Profil Audiens dengan Baik

Kehadiran social media specialist bagi bisnis atau perusahaan dapat membantu kinerja di bidang promosi menjadi lebih baik. Anda dapat mengetahui siapa saja orang yang tertarik dengan produk maupun layanan bisnis Anda secara lebih mudah, karena social media specialist yang melakukan pengumpulan data. 

 

Biasanya, data-data yang dikumpulkan terdiri atas berbagai macam informasi, seperti gender atau jenis kelamin, jenis pekerjaan, usia, hobi, sampai dengan domisili. Data pribadi yang tercantum di akun media sosial audiens ini, kemudian dijadikan sebagai database perusahaan. 

 

Dengan melakukan data analisis terkait demografi audiens, Anda bisa mengatur strategi digital marketing terhadap audiens secara lebih tepat sasaran. Ada baiknya, database yang sudah dikumpulkan juga dikelompokkan dalam kategori tertentu untuk lebih memudahkan saat retargeting dan remarketing di kemudian hari.

 

  1. Memiliki Jadwal Posting yang Terarah

Dengan hadirnya seorang social media specialist, akun media sosial perusahaan dapat dikelola lebih aktif dan dengan konten yang interaktif serta unik. Tujuannya, agar konten-konten di media sosial bisa menarik perhatian lebih banyak audiens. Social media specialist bertanggung jawab penuh terhadap konsep konten yang ingin ditampilkan, termasuk jadwal posting konten. 

 

Selain itu, program promosi dilakukan lebih berdasarkan customer journey, sehingga dapat menjalin dan membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan. Untuk memperlancar pengelolaan media sosial, mereka juga menggunakan kalender konten media sosial. Cara ini, membuat branding produk atau perusahaan lewat media sosial lebih terkonsep.

 

  1. Lebih Memaksimalkan Branding

Jika sebelumnya branding perusahaan belum terkontrol dengan baik, dengan memiliki social media specialist diharapkan konsep branding lebih profesional sesuai kondisi audiens yang ada. Mereka harus melakukan survei khalayak terlebih dahulu untuk mengetahui konten dan produk apa yang diminati pelanggan. Jika menyelenggarakan program promosi pun perlu disesuaikan dengan tren terkini. 

 

 

Inilah kenapa individu / tim yang berada dalam posisi ini sebaiknya memiliki pengalaman yang cukup, sehingga kinerja mereka dapat membantu perusahaan mencapai tujuan yang diharapkan dan Anda tak perlu khawatir mereka tidak bekerja secara maksimal.

 

Cara berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk lebih memaksimalkan branding, bekerja sama saja dengan best digital marketing agency Indonesia. Mereka memiliki tim digital marketing strategist berpengalaman, termasuk di dalamnya ada tim social media specialist

 

Pengalaman dalam mengelola banyak brand membuat mereka lebih memahami strategi digital marketing yang bisa diterapkan dan cocok bagi brand Anda. Berkonsultasi, berdiskusi, bahkan berkolaborasi dengan tim digital agency bisa membantu Anda mendapatkan gambaran yang lebih jelas, campaign seperti apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan brand awareness.

 

  1. Membantu Meningkatkan Customer Support

Dalam kaitannya dengan operasional perusahaan, kehadiran customer support sangat penting. Customer support dapat menjadi jembatan antara perusahaan dengan pelanggan atau calon pelanggan dalam menjalin komunikasi. 

 

Nah, kehadiran social media specialist di sini dapat membantu meningkatkan customer support bagi perusahaan. Social media specialist akan menjawab memberikan jawaban atas permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan. Tentu saja tidak secara langsung, melainkan memberikan data yang akurat dan detail kepada tim customer support sehingga bisa bisa mengambil tindakan lebih lanjut.

 

  1. Menjadikan Kontrol Media Sosial Lebih Baik

Karena sudah menjadi tugas dari social media specialist untuk memberikan informasi, pemahaman, dan melayani pelanggan atau calon pelanggan di media sosial, maka reputasi brand Anda akan lebih terkontrol. Dengan kata lain, social media specialist menjadi bagian dalam melakukan kontrol terhadap komentar atau feedback audiens yang masuk ke akun media sosial perusahaan.

 

 

  1. Lebih Hemat Waktu

Jika social media specialist mendapatkan briefing dengan benar dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya, Anda akan lebih hemat waktu dan tidak perlu kehilangan banyak  tenaga untuk mengatur segala hal yang berhubungan dengan promosi bisnis di media sosial. Tenaga dan pikiran Anda dapat difokuskan untuk melakukan hal lain, seperti pengembangan produk, atau invasi bisnis yang lebih besar lagi.

 

Itulah beberapa aspek penting kenapa Anda sebaiknya memiliki social media specialist dalam bisnis atau perusahaan. Untuk perkembangan suatu bisnis, apalagi bisnis di era digital, kehadiran social media specialist sangat penting dan tak boleh diremehkan.