Siapa yang tak kenal dengan Instagram? Semua orang sudah pasti familiar dengan media sosial berbagi foto yang satu ini. Hal ini bukan sekadar kata-kata, sebab menurut data yang telah dirilis oleh Napoleon Cat, untuk periode Januari sampai Mei 2020 saja, total pengguna Instagram di Indonesia sekitar 69,2 juta pengguna! Tentu saja angka ini akan terus meningkat dari bulan ke bulan.

 

Instagram telah menjadi sebuah media sosial dengan pengaruh yang kuat, untuk membangun eksistensi seseorang di muka umum. Bukan hanya para selebriti dan influencer saja, bahkan profesi profesional, pejabat, sampai masyarakat awam sekalipun, benar-benar memaksimalkan Instagram untuk membangun branding diri.

 

Nah, bagi Anda yang menggunakan Instagram untuk bisnis, pengguna personal, atau sebagai social media manager atau marketer, maupun bagi para pemilik brand yang ingin meningkatkan eksposur brand melalui explore page Instagram, sebaiknya baca artikel ini hingga tuntas.

 

Tips Bikin Postingan Instagram Muncul Explore Page untuk Tingkatkan Engagement

Berikut adalah beberapa tips penting untuk memunculkan postingan Instagram di explore page.

 

  1. Membangun Komunitas yang Tepat

Coba bukalah Instagram Anda. Kemudian, buka tab explore dan akan ditemukan tulisan “berdasarkan hal-hal seperti orang yang Anda ikuti”. Makna tulisan tersebut kurang lebih adalah apa yang ditemukan pada explore page sesuai dengan yang telah Anda telusuri sebelumnya. Karena itu, pastikan Anda membangun komunitas yang tepat, yakni dengan membuat orang yang Anda follow, semua follower, dan juga konten yang Anda like berada di satu vibe dengan brand yang sedang dibangun.

 

Jika komunitas yang Anda miliki mayoritas bukan target audiens yang tepat, maka sulit sekali untuk mendapatkan keuntungan masuk di explore page. Maka alangkah baiknya, kalau sejak awal Anda membangun komunitas yang tepat, yang relevan dan sejalan dengan brand yang sedang Anda bangun. Segala sesuatu yang dimulai dengan cara benar, akan membuat Anda berkesempatan menggaet banyak follower yang relevan setelah masuk ke explore page.

 

 

  1. Ciptakan Konten yang Mengundang Engagement

Tujuan adanya explore page untuk menunjukkan konten serta berbagai akun baru yang sekiranya cocok dengan interest pemilik akun. Harapannya, supaya para pengguna akan terus menggunakan Instagram dengan berada bersama komunitasnya (berangkat dari interest pada konten-konten yang sebelumnya mereka lihat). Instagram sekalipun menggunakan engagement untuk kriteria utama menampilkan konten di explore page. Engagement didapatkan dari share, komentar, like dan juga simpan post.

 

  1. Optimalkan Konten Anda

Ternyata, dari 100% postingan di Instagram, ada sebanyak 70% justru tak muncul karena engagement yang buruk! Dengan engagement yang buruk, tentu saja tak akan muncul di explore page. Dampak buruk pun akan menimpa brand yang ingin berkembang di Instagram. Supaya visibilitas meningkat dan bisa muncul pada tab explore, cobalah untuk memaksimalkan waktu unggah postingan.

 

Gunakan berbagai tools yang mendukung Anda bisa mendapatkan serta membaca insight dan metrik akun Instagram Anda. Pelajari dan ambil kesimpulan dari data yang Anda dapatkan untuk memposting konten berdasarkan data historis dan demografi followers Anda. Jika melakukan riset terlebih dahulu, maka Anda bisa mendapatkan engagement yang bagus pada postingan berikutnya.

 

  1. Cobalah Live Video Instagram

Tiap hari, sebanyak 400 juta orang menggunakan IG stories. Inilah alasannya membuat live video malah membuat konten Anda lebih populer ketimbang postingan di feed. Hal itu juga membuat tab khusus live video bisa muncul di halaman explore yang disediakan oleh Instagram. Berbekal dari fasilitas tersebut, tentunya bisa membantu brand Anda untuk mendapatkan lebih banyak audiens dan mendapatkan eksposur yang lebih besar lagi.

 

 

  1. Jangan Asal-Asalan dalam Menggunakan Hashtag

Ketahuilah bahwa sebuah postingan Instagram dengan satu hashtag, engagement bisa 12% lebih tinggi dibandingkan yang tanpa hashtag. Sebab, Instagram lebih mudah menemukan konten yang menarik bagi mereka lewat tagar tersebut. Maka dari itu, gunakan hashtag sebijak mungkin agar peluang konten Anda muncul di tab explore menjadi lebih besar.

 

  1. Partnership dengan Brand yang Satu Niche

Bukan cuma memanfaatkan hashtag dan waktu posting yang optimal, namun dengan brand partnership pun Anda bisa meningkatkan visibilitas. Adapun yang dimaksud dengan partnership itu sendiri adalah kerjasama antara dua brand (atau dua akun) dengan membagikan konten di masing-masing akunnya. Cara ini akan membuat keduanya menjangkau lebih banyak pelanggan baru, serta mendapat kesempatan supaya bisa muncul di explore page. Contoh brand A tagging akun brand B di post terbaru, kemudian brand B akan repost konten tersebut. Hasilnya, jangkauan akun akan lebih luas lagi.

 

  1. Tandai Lokasi Anda

Banyak orang yang menyepelekan lokasi atau keberadaan brand di kehidupan nyata. Faktanya, postingan dengan tag lokasi memiliki engagement yang lebih tinggi 79% ketimbang yang tidak menggunakan tag lokasi sama sekali. Bahkan di explore page terdapat fitur lokasi yang tren. Dari sini terbukti, tag lokasi pun meningkatkan engagement dan tak ada salahnya jika Anda mulai mencoba hal ini.

 

 

Memang tidak mudah untuk bisa masuk ke dalam explore page, apalagi algoritma Instagram sangat rahasia. Hanya saja, saat Anda mampu menguasai prinsip dasarnya, maka brand Anda pun bisa mendapatkan followers dengan cepat bahkan key message brand pun lebih kuat lagi. Oleh sebab itu, jangan terpaku dengan algoritma Instagram untuk masuk explore page. Hal terpenting, ikuti prinsipnya dan biarkan sistem otomatis Instagram yang menyelesaikan sisanya. Diskusi mengenai meningkatkan engagement bisa terus Anda lanjutkan dengan klik Redcomm.