MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Cara Meningkatkan Engagement dengan Instagram Carousel

29 Jul  · 
2 min read
 · 
eye 4.981  
Social Media

redcomm

Penggunaan desain dan konten berbentuk carousel di Instagram dapat memberi variasi sehingga mampu menarik perhatian audiens. Dampak positif berikutnya yang bisa Anda dapatkan adalah terjadi peningkatan engagement di akun Instagram Anda. Bagaimana cara melakukannya? Berikut 5 cara meningkatkan engagement dengan Instagram carousel

Apa yang Dimaksud dengan Instagram Carousel?

Instagram carousel adalah konten yang berisi lebih dari satu foto atau video dan diunggah bersamaan dalam satu waktu sehingga berbentuk carousel.

Untuk menikmati konten jenis carousel ini, audiens pengguna gadget (smartphone, tablet, etc) dapat menggeser halaman konten satu demi satu. 

Sementara jika audiens menggunakan desktop, mereka perlu melakukan klik pada tombol panah di sebelah kanan post.

5 Cara Meningkatkan dengan Instagram Carousel

Untuk bisa meningkatkan engagement atau interaksi di Instagram menggunakan konten berbentuk carousel, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Dalam hal ini, Anda juga perlu mempertimbangkan secara matang ide konten yang hendak dibuat agar bisa menjangkau lebih banyak pengguna Instagram.

Selain itu, pastikan konten buatan Anda memang benar-benar menarik dan relevan dengan target audiens sehingga mereka mau berinteraksi secara aktif. Nah, berikut beberapa caranya:

1. Temukan Ide dan Buat Konsep

Sebelum membuat konten Instagram carousel, temukan dulu ide menarik yang relevan dengan audiens yang ingin Anda jangkau.

Setelah mendapatkan ide, buat dan rancang konsep sedetail mungkin. Misalnya, pilihan font yang mau digunakan, warna, dan gambar seperti apa yang akan digunakan. 

Perpaduan dari ketiganya sangat penting dan harus seimbang agar audiens tetap merasa nyaman ketika membaca konten Anda.

2. Memastikan Konten Bermanfaat dan Menarik

Saat membuat konten carousel untuk Instagram, Anda perlu memastikan konten benar-benar bermanfaat dan menarik. 

Selain itu, informasi yang disajikan juga harus bisa memberikan pengetahuan baru bagi audiens. Harapannya, mereka akan menjadikan akun Instagram Anda sebagai sumber referensi berbagai hal baru yang ingin mereka ketahui. 

Kalau hal ini yang terjadi, mereka tentu akan dengan senang hati membagikannya kepada pengguna Instagram lain yang jadi followers mereka. 

Konten Instagram berbentuk carousel dapat mengulas tentang tips dan trik, how to, panduan tentang sesuatu, pengetahuan baru, dan sebagainya. Jangan lupa, uraikan semuanya dalam bahasa yang santai dan sederhana. 

3. Memberikan Pertanyaan

Setelah melakukan pengkonsepan atau membuat draft, selanjutnya Anda perlu memikirkan cara agar audiens atau followers mau memberikan respons. 

Salah satu triknya, coba masukkan kalimat pertanyaan di akhir konten atau di bagian caption. Pertanyaan tersebut bisa memancing audiens untuk memberi jawaban atau melakukan tindakan tertentu seperti memberi like.

4. Pilihan Aplikasi untuk Bikin Konten Carousel

Dalam pembuatan konten carousel di Instagram, Anda bisa menggunakan beberapa pilihan aplikasi pendukung untuk desain, seperti: Canva, Adobe Photoshop, PicsArt, Phonto, PixelLab, bahkan bisa juga menggunakan Powerpoint. 

Anda dapat mencoba satu persatu setiap aplikasi, baru kemudian menentukan aplikasi mana yang paling nyaman untuk Anda gunakan.

Pastikan juga aplikasi yang digunakan sudah support dengan perangkat serta memiliki fitur yang Anda butuhkan untuk menciptakan konten. Selanjutnya, silakan berkreasi menciptakan konten Anda.

5. Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Dalam membuat konten carousel, Anda bisa menggunakan bahasa yang sopan dan mudah dipahami. Tidak hanya itu, sesuaikan gaya bahasa dengan usia pengguna Instagram yang akan Anda jadikan sasaran atau target audiens. 

Misalnya, ingin menyampaikan konten yang berkaitan dengan anak muda, maka Anda perlu menyesuaikan gaya bahasa yang seolah-olah Anda sedang berbicara dengan mereka. 

Jangan lupa, pembuatan konten Instagram sebaiknya mengikuti aturan dan algoritma Instagram terbaru ya.


Nah, demikian 5 cara meningkatkan engagement dengan Instagram carousel. Selain menggunakan foto atau image, Anda juga bisa membuatnya dalam bentuk video, infografis, grafik, dan sebagainya. Cara ini juga bisa lho mendatangkan lebih banyak audiens. Berikut penjelasan lengkapnya: Konten Instagram Carousel yang bisa Mendatangkan Audiens.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER