MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Bagaimana Membuat Iklan Facebook yang Menarik Perhatian Pelanggan

 · 
2 min read
 · 
eye 724  
Social Media

redcomm

Untuk menulis iklan Facebook yang efektif, Anda perlu mengenal audiens dengan menggunakan persona pembeli merek Anda untuk menjelaskan hal-hal dasar ini:

- Apa demografi target Anda?

- Di mana audiens Anda tinggal dan bekerja?

- Apa minat dan keyakinan pelanggan Anda?

- Apa kebutuhan dan tantangan pelanggan Anda?

Tetapi bagaimana cara menyusun kalimat agar audiens Anda tertarik? Untuk menulis pesan yang tepat, Anda perlu menggali sedikit lebih dalam. Baca komentar dan analisis ulasan produk yang mereka tinggalkan di halaman Anda. Catat frasa-frasa kunci yang mereka ulangi dan gaya yang mereka gunakan. 

Kemudian masukkan bahasa yang berfokus pada pelanggan ini ke dalam iklan Facebook Anda. Dengan berbicara dengan suara pelanggan, Anda dapat terhubung dengan target audiens dengan lebih baik, memberi Anda peluang yang lebih baik untuk mendapatkan konversi yang Anda inginkan.

1. Sorot Fitur dan Manfaat Produk

Semakin Anda mengenal audiens target Anda, semakin baik Anda dapat memahami tantangan dan tujuan mereka, yang memungkinkan Anda menulis iklan Facebook yang lebih menarik. Dengan menggunakan wawasan ini tentang tujuan mereka, Anda dapat menyelaraskan fitur dan manfaat yang ditawarkan produk Anda dengan tujuan yang ingin dicapai audiens Anda.

Ketika Anda menulis untuk audiens yang ditargetkan secara spesifik, Anda mungkin ingin memfokuskan iklan Facebook pada manfaat kunci yang penting bagi pelanggan. Anda mungkin memilih untuk membuat iklan Facebook terpisah untuk menyoroti setiap poin penjualan individu. Tetapi ketika Anda menulis untuk audiens yang ditargetkan secara luas, menyebutkan beberapa manfaat dapat membantu Anda menarik minat yang lebih banyak dan menghasilkan lebih banyak konversi.

2. Berikan Nilai Tanpa Biaya

Dalam beberapa kasus, manfaat produk Anda mungkin cukup meyakinkan bagi audiens Anda untuk langsung melakukan konversi. Tetapi dalam kasus lain, Anda mungkin perlu melakukan serangkaian interaksi kecil sebelum Anda dapat mencapai konversi akhir. Misalnya, Anda mungkin perlu membuat audiens baru mempercayai merek Anda, atau Anda mungkin perlu membangkitkan minat audiens sebelum menawarkan barang bernilai tinggi.

Dalam kedua kasus tersebut, memberikan nilai secara gratis dapat membuat saluran iklan Anda bekerja lebih lancar. Ketika Anda menawarkan sesuatu yang diinginkan oleh audiens secara gratis, Anda dapat membangun kesadaran merek, membangun kredibilitas, dan membuat prospek lebih mungkin untuk mengeluarkan uang dengan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa ide tentang apa yang dapat Anda berikan secara gratis:

- Lead magnet seperti eBook, white paper, studi kasus, dan panduan dapat mencakup penelitian berharga dan mengedukasi prospek tentang topik kunci.

- Checklist dan template yang dapat diunduh memberikan materi yang dapat digunakan prospek untuk mengatasi tantangan segera.

- Percobaan, demo, dan langganan memungkinkan prospek bergabung dengan komunitas Anda atau menguji produk Anda sebelum membeli.

3. Bagikan Bukti Sosial

Memberikan sumber daya gratis bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap merek Anda dan mendapatkan konversi yang Anda inginkan. Bukti sosial menunjukkan bahwa orang lain, yaitu merek terkenal, tokoh industri terkemuka, atau sejumlah besar konsumen lain telah membeli dari merek Anda.

Ketika prospek melihat bukti sosial, mereka sering merasa lebih nyaman membuat keputusan yang sama dengan yang telah diambil orang lain. Bukti sosial dapat hadir dalam berbagai format, termasuk:

- Logo merek yang menggunakan produk Anda.

- Penyebutan selebritas atau influencer.

- Jumlah total pelanggan yang telah dilayani.

4. Manfaatkan Ulasan Pelanggan

Perhitungan pelanggan dapat meyakinkan, tetapi dalam beberapa kasus, ulasan pelanggan mungkin lebih meyakinkan. Studi telah menunjukkan bahwa lebih dari 90% pelanggan percaya pada ulasan dan memberi nilai sebesar rekomendasi dari seorang teman.

Berbagi testimonial juga memberi Anda kesempatan untuk langsung menyampaikan kata-kata pelanggan dan berbicara dalam bahasa prospek Anda dengan lebih efektif. Faktanya, testimonial mungkin menjadi satu-satunya yang Anda butuhkan untuk menulis teks iklan Facebook yang tepat sasaran. Baca artikel kami tentang Facebook.

5. Tawarkan Diskon Waktu Terbatas

Anda mungkin ingin pelanggan melakukan pembelian atau mengisi formulir lead segera. Tetapi prospek Anda mungkin lebih suka memikirkannya terlebih dahulu dan membuat keputusan nanti. Bagaimana Anda dapat mendorong mereka untuk mengonversi lebih cepat? Berikut adalah beberapa ide:

- Berikan penawaran yang waktu terbatas. Sebutkan tanggal kadaluarsa sehingga pelanggan tahu mereka perlu memanfaatkannya sebelum hilang.

- Tampilkan barang yang hanya tersedia dalam jumlah terbatas. Beri tahu prospek bahwa hanya ada beberapa yang tersedia untuk menciptakan rasa urgensi.

- Tawarkan diskon eksklusif atau penawaran spesial untuk mereka yang bertindak cepat. Memberikan insentif tambahan untuk melakukan konversi segera.

6. Buat Iklan yang Dipersonalisasi dan Interaktif 

Personalisasi iklan dapat membantu Anda menciptakan hubungan yang lebih dekat dengan audiens Anda dan memperkuat ikatan mereka dengan merek Anda. Anda dapat menggunakan informasi yang Anda miliki tentang pelanggan, seperti nama atau lokasi mereka, untuk membuat iklan yang lebih relevan dan pribadi.

Iklan Facebook yang interaktif dapat membantu meningkatkan keterlibatan dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens Anda. Saat audiens berinteraksi dengan iklan Anda, mereka cenderung menghabiskan lebih banyak waktu dengan merek Anda dan lebih terlibat secara emosional. Beberapa jenis iklan interaktif yang dapat Anda pertimbangkan termasuk:

- Kuis yang menguji pengetahuan atau preferensi audiens.

- Gambar bergerak atau gif yang menarik perhatian dan membangun minat.

- Iklan yang meminta audiens untuk meninggalkan komentar atau membagikan pengalaman mereka sendiri.


Jika Anda tertarik dengan topik media sosial sebagai platform pemasaran, jelajahi berbagai tools media sosial yang efektif dengan membaca artikel kami tentang "5 Tools Desain untuk Membuat Konten Media Sosial"

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC