Teknologi membuka banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan melalui internet. Apalagi kalau Anda termasuk orang yang lebih senang bekerja di mana saja tanpa harus datang ke kantor. Anda bisa membuat pekerjaan sendiri dengan memanfaatkan internet, salah satunya dengan menawarkan jasa atau produk milik orang lain. Di saat yang sama, kalau Anda seorang pebisnis dan ingin memperluas jangkauan pemasaran bisnis, terapkan strategi affiliate marketing saja.

 

Affiliate marketing adalah aktivitas yang memungkinkan Anda melakukan kegiatan pemasaran, kapan saja dan dari mana saja, hanya dengan menggunakan internet. Jika Anda memiliki media sosial atau website yang aktif, akan lebih mudah untuk menjalankan pekerjaan satu ini.

 

Apa Itu Affiliate Marketing?

Secara sederhana, affiliate marketing adalah sebuah bisnis atau teknik pemasaran digital yang bisa membantu Anda melakukan pemasaran dengan memanfaatkan semua platform di internet. Penghasilan yang didapat oleh umumnya berupa komisi dari setiap produk atau jasa yang terjual melalui link afiliasi Anda.

 

Anda tidak perlu modal untuk bisa menjadi seorang affiliate marketer, cukup dengan smartphone dan sosial media Anda sudah bisa menjalankan pekerjaan ini. Ketelitian dalam memilih produk dan menganalisis pasar juga sangat menentukan kesuksesan Anda saat menjalankan strategi ini. 

 

 

Cara Kerja Affiliate Marketing

Saat Anda mendaftarkan diri ke program affiliate marketing, Anda sudah bisa menjual atau menawarkan produk yang ada dalam program tersebut. Ketika ada produk yang terjual melalui link yang Anda bagikan, akan ada imbalan berupa komisi yang bisa Anda dapatkan.

 

Salah satu contoh umum bisnis afiliasi adalah penggunaan link referral. Sebagai publisher atau affiliate, Anda tinggal menempatkan link tersebut pada blog atau situs untuk mengarahkan para pengunjung ke website lain yang menyediakan produk atau layanan. Jika pengunjung melakukan pembelian, maka Anda akan mendapatkan komisi.

 

Untuk itu, Anda perlu melakukan promosi secara teratur melalui semua channel sosial media yang dimiliki. Selain melalui sosial media, Anda juga bisa menggunakan website untuk menjangkau lebih banyak orang yang sesuai dengan produk yang Anda tawarkan. 

 

Anda tidak perlu khawatir mengenai proses transaksi dan pengiriman barang. Karena hal tersebut menjadi tugas pemilik produk. Anda hanya perlu fokus melakukan promosi dan membagikan link produk sebanyak-banyaknya. Semakin banyak link yang dibagikan, semakin besar pula peluang produk terjual.

 

Keuntungan Menggunakan Affiliate Marketing Bagi Pebisnis

Bagi para pelaku bisnis, menjalankan affiliate marketing bisa memberikan keuntungan yang besar. Anda sebagai pebisnis bisa mendapatkan untung dengan penjualan produk yang bertambah dan orang yang mendaftar program afiliasi Anda pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

 

Berikut beberapa keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan sebagai pemilik bisnis jika menjalankan program affiliate marketing, antara lain:

 

 

  1. Minim Resiko

Membagikan sebuah tautan produk di sosial media bukan pekerjaan yang sulit. Jika Anda menawarkan program ini, akan ada banyak orang yang tertarik untuk bergabung dengan Anda. Hal tersebut tentu menjadi sebuah keuntungan bagi Anda sebagai pemilik bisnis. Resikonya pun terbilang kecil, karena transaksi hanya dilakukan ketika ada yang membeli produk Anda. Selain itu, Anda juga mendapatkan kesempatan promosi yang sangat luas.

 

Semakin banyak orang yang bergabung dan mempromosikan produk Anda, akan semakin besar pula kemungkinan produk Anda terjual. Bisnis Anda pun akan semakin dikenal karena banyak yang membicarakan produk dan jasa yang Anda tawarkan.

 

  1. Tidak Perlu Menambah Karyawan

Saat membuka peluang affiliate marketing, Anda tidak memiliki kewajiban membayar gaji setiap bulan kepada orang yang memasarkan produk. Anda hanya perlu membagi keuntungan dari penjualan produk kepada mereka yang berhasil menjualkan produk atau layanan bisnis Anda.

 

Agar dapat berjalan dengan baik, Anda perlu mempersiapkan program affiliate dengan sebaik mungkin. Salah satunya, dengan menyepakati besar komisi yang didapat oleh marketer untuk tiap produk yang terjual.

 

Biasanya, pembagian komisi dihitung dalam jumlah persen. Anda bisa mengambil selisih keuntungan dari harga produk atau layanan yang terjual. Dengan begitu, Anda dan marketer akan sama-sama diuntungkan.

 

  1. Memberi Keuntungan Jangka Panjang

Tidak sulit menjalankan strategi affiliate marketing bagi bisnis yang sudah memiliki channel promosi. Apalagi jika dibangun dengan baik, dan sudah dikenal oleh banyak orang. Anda hanya perlu memberikan informasi tentang program tersebut melalui berbagai media promosi yang digunakan.

 

Jika penawaran Anda menarik, akan ada banyak orang yang berminat menjalankan promosi bersama Anda. Affiliate marketing juga bisa jadi salah satu cara untuk membangun kesadaran orang lain terhadap brand Anda.

 

Strategi penawaran produk menggunakan program seperti ini merupakan salah satu cara terbaik yang bisa mendatangkan keuntungan jangka panjang bagi bisnis. Karena, semakin banyak tautan produk yang disebar, akan semakin banyak orang yang mengetahui produk yang ditawarkan. Bukan tidak mungkin, Anda sebagai pemilik brand juga akan dikenal oleh calon konsumen.

 

 

Affiliate marketing merupakan salah satu strategi promosi yang layak untuk Anda pertimbangkan. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjalankan strategi ini. Selain dapat memberikan kesempatan bagi orang lain mendapatkan penghasilan tambahan dan membuka peluang kerja digital, Anda pun memiliki tim pemasaran yang hebat dalam jumlah banyak, tanpa perlu menghabiskan budget pemasaran hanya untuk membayar gaji bulanan. Artinya, dengan modal kecil pun Anda memiliki peluang untuk memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan omzet penjualan. 

 

Ada bermacam-macam cara untuk melacak konversi. Beberapa user menggunakan kode unik untuk mengetahui asal konversi, sedangkan yang lainnya memakai “kode kupon” khusus. Temukan artikel lain di dalam Redcomm Knowledge untuk tips dan contoh strategi affiliate marketing bagi bisnis Anda. Untuk penerapan yang lebih terstruktur dan sistematis dalam upaya pencapaian hasil optimal, Anda juga bisa memanfaatkan jasa digital marketing Jakarta yang fokus menangani berbagai brand besar dalam bidang pemasaran digital yang lebih tepat sasaran.