knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE
5 Cara Membuat We...

5 Cara Membuat Website Tampil di Fitur SERP Favorit

12 Mar  · 
4 min read
 · 
eye 3.056  
SEO

Konten Tampil Di Fitur Serp

Bagi pengguna internet, fitur Search Engine Results Page atau SERP adalah media yang dapat membantu mereka menemukan informasi dengan cepat dan efisien.

Sementara bagi para pebisnis dan pemilik website, memanfaatkan fitur SERP adalah strategi penting untuk meningkatkan visibilitas, menarik lebih banyak pengunjung, dan memperbesar peluang konversi.

Namun, persaingan di halaman pencarian semakin ketat. Jika hanya mengandalkan posisi ranking, website Anda bisa saja tenggelam oleh pesaing.

Lalu, bagaimana cara agar website bisa tampil di fitur SERP favorit Google? Simak 5 cara berikut!

1. Cara Website Tampil di Featured Snippet

Featured snippet atau yang biasa disebut sebagai “Position Zero” adalah adalah salah satu fitur SERP yang menampilkan cuplikan jawaban singkat dari sebagian isi website dan munculnya di bagian paling atas halaman hasil pencarian Google.

Isi cuplikan ini sudah pasti merupakan jawaban paling relevan yang Google rekomendasikan untuk menjawab pertanyaan yang audiens ajukan.

Karena posisinya yang strategis dan tepat berada di bagian paling atas halaman hasil pencarian, featured snippet dapat meningkatkan CTR (Click Through Rate) hingga 8% lebih tinggi dibanding hasil pencarian biasa (Moz, 2023).

Kalau website Anda bisa mendapatkan posisi ini, maka akan meningkatkan visibilitas website, sekaligus memperbesar kemungkinan situs web Anda di klik pengguna internet.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan featured snippet? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Buat konten yang bisa menjawab pertanyaan pengguna internet secara spesifik. Tidak perlu panjang, namun konten harus detail, lengkap, dan mudah dipahami pembacanya.
  • Jawab pertanyaan pengguna secara spesifik. Tulislah jawaban ringkas (40-60 kata) yang langsung menjawab pertanyaan umum pengguna.
  • Gunakan format yang disukai Google: listicle, tabel, atau paragraf pendek.
  • Sisipkan kata kunci spesifik sesuai dengan query pengguna.
  • Struktur konten yang rapi. Gunakan heading (H1, H2, H3), bullet points, dan bold untuk poin penting.
  • Gunakan data yang kredibel. Tambahkan statistik atau referensi dari sumber terpercaya.
  • Di dalam konten ada solusi yang membantu audiens menyelesaikan masalah mereka.
  • Sisipkan tautan ke sumber terpercaya untuk memastikan konten memiliki kredibilitas yang tinggi.

Menurut Ahrefs, 99% featured snippets berasal dari halaman yang sudah berada di 10 besar Google (Ahrefs, 2022). 

Oleh karena itu, penting banget lho Anda melakukan optimasi SEO agar halaman-halaman website Anda mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian Google. 

Inilah yang nantinya membuka peluang situs web Anda bisa muncul di featured snippet.

2. Ingin Konten Website Muncul di People Also Ask? Ini Caranya!

People Also Ask atau PAA adalah fitur yang menampilkan pertanyaan terkait dari pengguna lain beserta berbagai situs website yang menyediakan jawabannya. 

Fitur ini sangat berguna bagi pengguna internet untuk menemukan jawaban atas berbagai pertanyaan yang mereka ajukan. Di saat yang sama, fitur PAA bagus untuk situs web bisnis karena dapat meningkatkan exposure website.

Penggunaannya pun mudah. Anda tinggal melakukan klik drop down saat melakukan pencarian informasi, lalu bisa langsung menemukan situs yang direkomendasi Google.

Kalau saat ini Anda juga ingin situs tampil di People Also Ask dan direkomendasikan Google ke banyak pengguna internet, maka ikuti langkah-langkah berikut:

a. Harus Ada Kata Kunci Spesifik

Anda harus memasukkan kata kunci yang spesifik dan relevan di dalam konten sesuai dengan topik atau pertanyaan pengguna. Mau tidak mau, Anda harus melakukan riset kata kunci yang tepat dan benar ya.

b. Gunakan Format Tanya Jawab

Untuk bisa masuk ke fitur SERP bernama People Also Ask, Anda harus menggunakan format tanya jawab. Caranya, Buat subjudul berupa pertanyaan yang sering dicari pengguna, lalu jawab secara singkat.

c. Optimasi Long Tail Keyword

Agar situs web Anda bisa masuk ke fitur PAA, jangan hanya fokus pada kata kunci utama, namun mulailah mengoptimasi long tail keyword berbasis pertanyaan, lalu berikan juga jawabannya. 

Contohnya: 

  • Bagaimana cara ...?
  • Apa itu People Also Ask?
  • Apa yang dimaksud dengan …?

d. Gunakan Schema Markup

Menandai konten dengan structured data membantu Google memahami isi halaman. Oleh karena itu gunakan schema markup untuk memperbesar peluang konten masuk PAA.

e. Tips Konten Masuk Fitur PAA di SERP

Beberapa tips tambahan lainnya yang juga bisa Anda gunakan agar konten dari website Anda tampil di People Also Ask, yaitu:

  • Konten harus berkualitas, informatif, akurat, dan mudah dipahami oleh pembaca. Ingat, Google saat ini fokus pada konten yang bisa bermanfaat bagi pengguna internet dan memberikan pengalaman terbaik bagi mereka dalam mendapatkan informasi sesuai kebutuhan. 
  • Jawaban harus ringkas dan to the point. Idealnya antara 40-50 kata.
  • Sama seperti syarat mendapatkan featured snippet, kalau ingin konten muncul di PAA, maka Anda harus memperhatikan struktur konten, mulai dari paragraf tidak terlalu panjang, menggunakan headings & subheadings, serta lebih bagus berbentuk listicle yang membuat konten lebih mudah dibaca.

Cara lain yang bisa Anda lakukan agar banyak konten Anda tampil di People Also Ask, menurut Backlinko, adalah memastikan implementasi SEO on page sudah dilakukan dengan baik dan tepat.

3. Tips Website Muncul di Fitur Local Pack pada SERP

Dalam beberapa tahun terakhir, fitur Local Pack semakin populer di kalangan pengguna internet, sebab fitur ini dapat membantu mereka menemukan produk maupun suatu tempat pada area yang berada di sekitar lokasi pengguna berada.

Apalagi fitur Local Pack ini dapat menampilkan tiga bisnis teratas yang relevan dengan pencarian lokal. Ini sangat penting bagi bisnis yang ingin menjangkau pelanggan di area tertentu.

Nah, agar situs bisnis Anda muncul pada fitur Local Pack, lakukan beberapa hal berikut:

a. Daftarkan Bisnis di Google My Business (GMB)

Langkah pertama, Anda harus mendaftarkan bisnis Anda di Google My Business

Untuk diketahui, Google My Business adalah platform gratis dari Google yang memungkinkan Anda menampilkan informasi bisnis, mulai dari alamat, jam buka, nomor telepon, dan ulasan pelanggan.

Kalau baru pertama kali melakukannya, ikuti saja Langkah Mudah Daftar di Google My Business.

b. Gunakan Kata Kunci Lokal

Optimasi halaman website dengan menampilkan informasi yang sama seperti yang Anda daftarkan di GMB, yaitu dengan menambahkan nama kota atau wilayah dalam konten website dan deskripsi bisnis.

Tujuannya, untuk menunjukkan bahwa semua informasi yang Anda cantumkan di kedua platform adalah benar dan bisa dipercaya. 

Selain itu, penggunaan kata kunci membantu mesin pencari memahami lokasi bisnis Anda, sehingga meningkatkan kesempatan situs bisnis tampil di Local Pack.


Selain kedua poin di atas, pastikan Anda selalu rutin memperbarui informasi bisnis pada GMB dan website secara teratur. Lalu hal penting berikutnya, kelola ulasan pelanggan ya.

Ulasan positif dari pelanggan di GMB dapat membantu meningkatkan reputasi bisnis dan memperbesar peluang bisnis Anda tampil di Local Pack

Cara mendapatkan ulasan positif, Anda bisa mengajak pelanggan untuk memberikan ulasan positif di GMB dan platform online lainnya. Atau terapkan saja tips yang terdapat dalam artikel berjudul Trik Ampuh Mendapat Review Bagus dari Pelanggan.

4. Optimasi Structured Data untuk Rich Results

Structured data adalah kode yang ditambahkan ke website agar Google dapat memahami konten dengan lebih baik. 

Nah, rich results yang dihasilkan dari structured data bisa berupa bintang ulasan, harga produk, atau resep makanan.

Untuk mengoptimasi structured data, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Gunakan schema markup dan menambahkan JSON-LD atau Microdata untuk produk, artikel, event, atau bisnis lokal.
  • Pastikan tidak ada error dalam implementasi structured data Anda di dalam Google Search Console.
  • Optimalkan rich snippets untuk meningkatkan CTR. Sebab, pengguna lebih tertarik mengklik hasil pencarian dengan bintang rating atau visual yang menarik.

5. Maksimalkan Video & Gambar untuk SERP

Google semakin sering menampilkan video dan gambar di halaman hasil pencarian. Untuk memanfaatkan fitur ini, Anda bisa menggunakan video YouTube dan optimasi dengan keyword di judul dan deskripsi.

Jangan lupa untuk selalu menambahkan alt text dan deskripsi pada gambar. Ini membantu Google memahami isi gambar.

Tips lainnya: 

  • Gunakan format gambar dengan ekstensi .webp lebih disarankan daripada menggunakan JPEG atau PNG. Tujuannya untuk mempercepat waktu muat.
  • Anda bisa menggunakan timestamps di video panjang karena Google sering menampilkan cuplikan dari video berdasarkan timestamps yang relevan.


Selain kelima fitur SERP di atas, masih ada fitur lainnya. Anda bisa mencari tahu lebih lanjut di artikel 9 Fitur Penting di SERP yang Wajib Anda Tahu.

Optimalkan semua fitur tersebut untuk membantu Anda meningkatkan visibilitas bisnis di mesin pencari. Selain itu, tak ada salahnya lengkapi pengetahuan Anda tentang Google Ranking Factor.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER