MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Cara Membuat Website Tampil di Fitur SERP Favorit

12 May  · 
2 min read
 · 
eye 1.757  
SEO & SEM

redcomm

Bagi pengguna internet, fitur Search Engine Results Page atau SERP adalah fitur mesin pencari yang memudahkan mereka mencari informasi yang dibutuhkan secara cepat dan efisien. 

Sedangkan bagi para pebisnis, penting sekali memanfaatkan fitur SERP untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. 

Bagaimana cara agar website bisa tampil pada fitur SERP? Baca penjelasan lengkap beserta cara membuat website tampil di fitur SERP pada artikel Redcomm Knowledge kali ini.

3 Cara Membuat Website Tampil di Fitur SERP Favorit

1. Cara Website Tampil di Featured Snippet

Featured snippet atau yang biasa disebut sebagai “Position zero” adalah fitur SERP yang menampilkan cuplikan sebagian isi website. Cuplikan ini merupakan jawaban paling relevan atas pertanyaan yang diajukan audiens.

Biasanya, featured snippet muncul di bagian paling atas halaman hasil pencarian. Karena posisinya yang menarik perhatian dan langsung memberikan jawaban kepada audiens, tentunya bisa meningkatkan visibilitas website Anda, sekaligus memperbesar kemungkinan di klik oleh pengguna internet.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan featured snippet? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Buat konten yang bisa menjawab pertanyaan pengguna internet secara spesifik. Tidak perlu panjang, namun konten harus detail, lengkap, dan mudah dipahami pembacanya.
  • Ada kata kunci spesifik yang sesuai dengan pembahasan atau topik konten agar mudah ditemukan bot mesin pencari. 
  • Di dalam konten ada solusi yang membantu pengguna internet menyelesaikan masalah mereka.
  • Struktur konten harus benar, mulai dari judul, headings, dan subheadings.
  • Sisipkan tautan ke sumber terpercaya untuk memastikan konten memiliki kredibilitas yang tinggi.

2. Ingin Konten Website Muncul di People Also Ask? Ini Caranya!

People Also Ask atau PAA adalah salah satu fitur SERP yang sangat berguna bagi pengguna internet dalam mencari informasi. Sebab, fitur ini akan menampilkan sejumlah pertanyaan terkait dengan kata kunci yang banyak pengguna internet cari. 

Pada setiap pertanyaan, pengguna tinggal melakukan klik drop down, lalu bisa langsung menemukan situs yang direkomendasi Google. 

Anda pasti juga ingin, kan, situs tampil di People Also Ask dan direkomendasikan Google ke banyak pengguna internet? Kalau iya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Harus ada kata kunci di dalam konten yang relevan dengan topik atau pertanyaan pengguna internet. Untuk itu, Anda perlu melakukan keyword research. Dengan menggunakan kata kunci yang tepat, peluang konten Anda untuk muncul di fitur People Also Ask akan semakin besar.
  • Konten harus berkualitas, informatif, akurat, dan mudah dipahami oleh pembaca. Ingat, Google saat ini fokus pada konten yang bisa bermanfaat bagi pengguna internet dan memberikan pengalaman terbaik bagi mereka dalam mendapatkan informasi sesuai kebutuhan. 
  • Sama seperti syarat mendapatkan featured snippet, kalau ingin konten muncul di PAA, maka Anda harus memperhatikan struktur konten, mulai dari paragraf tidak terlalu panjang, menggunakan headings & subheadings, serta lebih bagus berbentuk listicle yang membuat konten lebih mudah dibaca.
  • Supaya masuk People Also Ask, konten juga harus memberikan jawaban yang tepat dan lengkap bagi pengguna internet.

3. Tips Website Muncul di Fitur Local Pack pada SERP

Dalam beberapa tahun terakhir, fitur Local Pack semakin populer di kalangan pengguna internet, sebab fitur ini dapat membantu mereka menemukan produk maupun suatu tempat pada area yang berada di sekitar lokasi pengguna berada. 

Nah, agar situs bisnis Anda muncul pada fitur Local Pack, lakukan beberapa hal berikut:

  • Daftarkan bisnis Anda pada Google My Business (GMB). Google My Business adalah platform gratis dari Google yang memungkinkan Anda menampilkan informasi bisnis, mulai dari alamat, jam buka, nomor telepon, dan ulasan pelanggan.
  • Optimasi halaman website dengan menampilkan informasi yang sama seperti yang Anda daftarkan di GMB. Tujuannya, untuk menunjukkan bahwa semua informasi yang Anda cantumkan di kedua platform adalah benar dan bisa dipercaya. 
  • Gunakan kata kunci lokal yang relevan dalam konten website, seperti nama kota atau daerah sekitar bisnis. Penggunaan kata kunci membantu mesin pencari memahami bahwa bisnis Anda berada di lokasi tertentu, sehingga meningkatkan kesempatan situs bisnis tampil di Local Pack.
  • Perbaharui informasi bisnis pada GMB dan website secara teratur. 
  • Ulasan positif dari pelanggan dapat membantu meningkatkan reputasi bisnis dan memperbesar peluang bisnis Anda tampil di Local Pack. Untuk itu, ajak pelanggan untuk memberikan ulasan positif di GMB dan platform online lainnya.


Featured Snippet, People Also Ask, dan Local Pack, merupakan 3 fitur SERP favorit yang dapat membantu Anda meningkatkan visibilitas bisnis di mesin cair. 

Sayang kalau tidak Anda manfaatkan. Maka, terapkan 3 cara membuat website tampil di fitur SERP yang sudah Anda baca di atas. Selain itu, tak ada salahnya lengkapi pengetahuan Anda tentang Google Ranking Factor.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER

RELATED TOPIC