knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Manfaat Penerapan Digital Marketing untuk Bisnis di Era Teknologi

31 Jul  · 
2 min read
 · 
eye 62.233  
Digital Marketing

Manfaat Penerapan Digital Marketing Untuk Bisnis Di Era Teknologi

Marketing adalah faktor penting yang menentukan perkembangan bisnis. Tak ayal, bisnis apa pun membutuhkan marketing demi menjangkau pasar dan meningkatkan konversi yang diinginkan. 

Sayangnya, cara marketing yang saat ini perlu Anda terapkan harus pula sesuai dengan trend dan kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat. 

Itu sebabnya, Anda sebagai pebisnis dalam bidang apa pun mesti menerapkan dan memahami dengan baik berbagai trik marketing. Terutama memahami cara marketing berbasis teknologi demi mendapatkan manfaat digital marketing.

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah aktivitas pemasaran yang menggunakan teknik atau pemanfaatan media digital dengan tujuan untuk mendapatkan data, pasar, dan pelanggan. 

Di masa lalu, strategi pemasaran lebih banyak menggunakan media konvensional untuk promosi, seperti majalah, spanduk, baliho, dan sebagainya.

Saat ini, di mana teknologi dan internet sedemikian maju, kegiatan pemasaran tentu saja perlu memanfaatkan teknologi dan internet yang jauh lebih menguntungkan. 

Ini karena hampir semua orang di dunia, khususnya di Indonesia, lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget, teknologi terkini, yang semuanya terhubung ke internet. 

Untuk dapat menerapkan digital marketing, semua promosi akan diarahkan ke penggunaan media sosial, website, platform e-commerce, aplikasi, dan sebagainya.

5 Manfaat Digital Marketing untuk Pertumbuhan Bisnis

1. Hemat Biaya Marketing / Promosi  

Menerapkan strategi digital marketing bisa menghemat biaya marketing dan promosi. Hal ini menjadi salah satu faktor utama yang menarik para pebisnis untuk menggunakan pemasaran digital sebagai sarana promosi produk. 

Anda tidak perlu menghabiskan dana untuk membuat brosur, spanduk, baliho, atau iklan di media cetak maupun televisi.

Anda cukup menggunakan media digital untuk mempromosikan produk, seperti Facebook, Twitter, TikTok, dan Instagram. 

Membuat akun di berbagai platform tersebut jauh lebih mudah dan praktis, serta tak membutuhkan banyak biaya. Malah sebagian besar media sosial bisa digunakan dengan gratis.

2. Jangkauan Pasar Luas dan Tepat Sasaran

Dengan menggunakan digital marketing, Anda dapat menemukan target pasar yang lebih luas karena tak terbatas letak geografis. 

Selain itu, Anda juga bisa menentukan sasaran customer market seperti apa yang hendak Anda bidik sebagai target promosi, baik dari profesi, usia, lokasi, hobi, dan sebagainya.

Agar target promosi bisa tercapai, Anda perlu membuat konten promosi yang menarik dan disesuaikan dengan kebutuhan calon pelanggan yang Anda bidik. 

Hal tersebut penting mengingat setiap customer itu unik. Mereka pasti memiliki rasa ketertarikan terhadap sesuatu yang berbeda antara satu dengan lainnya. 

Membidik pasar milenial jelas berbeda perlakuan, sarana, jenis konten, dan media yang dibutuhkan. Begitu pula ketika Anda membidik pasar profesional, maka konten digital marketing yang Anda buat haruslah yang mampu menjadi solusi bagi kebutuhan para profesional.

3. Dapat Meningkatkan Penjualan

Selain hemat biaya promosi dan menjangkau pasar yang lebih luas, penerapan digital marketing juga bisa meningkatkan penjualan

Ada berbagai trik yang harus Anda terapkan memang dalam hal ini. Anda bisa mempelajari lebih dalam berbagai trik digital marketing dengan mengikuti workshop, seminar, training, dari membaca buku, dan sebagainya.

Cara lain untuk dapat meningkatkan penjualan, Anda bisa berkolaborasi dengan para pelaku internet marketing strategy lainnya, membaca berbagai artikel yang berkaitan dengan social media dan digital marketing.

Anda juga bisa menghubungi digital agency terbaik di Jakarta dan mengajak mereka bekerja sama untuk membantu Anda memaksimalkan pemanfaatan search engine marketing

Saat ini, ada banyak digital agency yang siap membantu memenuhi kebutuhan Anda untuk melakukan promosi secara online.

Dengan jangkauan pasar yang luas serta dapat diakses oleh banyak orang, tentunya bisa berdampak pada peningkatan penjualan secara signifikan. 

Apalagi jika penerapan digital marketing yang Anda lakukan mampu memberikan masukan, memotivasi, informatif dan bisa menjadi solusi bagi target pasar yang ingin Anda jangkau.

4. Menjaga Komunikasi Antara Penjual dan Pelanggan

Membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan merupakan faktor penting dalam dunia bisnis. 

Dengan menggunakan digital marketing, Anda dapat menyediakan layanan pelanggan online selama 24 jam penuh dan 7 hari dalam seminggu. 

Artinya, Anda membuka kesempatan bagi para pelanggan untuk bisa mengenal, berkomunikasi, berinteraksi, bahkan membangun hubungan yang solid demi terciptanya loyalitas terhadap produk dan brand.

5. Analisis Digital secara Cepat dan Tepat

Penerapan digital marketing secara tepat akan sangat membantu Anda mendapatkan data akurat terkait pelanggan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan mereka. 

Anda bisa sekaligus menganalisis kebutuhan para pelanggan, kebiasaan mereka dalam berbelanja, produk-produk yang mereka sukai, dan sebagainya. 

Dari data yang Anda dapatkan tersebut, Anda bisa melakukan analisis yang lebih cepat dan tepat untuk melakukan perbaikan atau untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi.

 

Selain 5 manfaat penerapan digital marketing untuk bisnis yang telah dijabarkan dalam artikel ini, masih ada banyak lagi manfaat lainnya.  Misalnya WhatsApp Channels: Inovasi Digital Marketing yang Wajib Dicoba!

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER