knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Ini Pentingnya Brand Bekerja Sama dengan Blogger dan Manfaatnya

30 Sep  · 
3 min read
 · 
eye 3.966  
Digital Marketing

Ini Pentingnya Brand Bekerja Sama Dengan Blogger Dan Manfaatnya

Saat ini, keberadaan blogger di Indonesia semakin bertambah disertai berkembangnya berbagai tema blog yang semakin beragam. 

Jika dulu blog hanya digunakan sebagai jurnal pribadi, sekarang blog justru bisa menjadi media untuk berbagi informasi dan promosi produk secara online

Di saat yang sama, sudah banyak pula brand papan atas yang bekerja sama dengan blogger untuk melakukan promosi online dan berhasil meningkatkan brand awareness, visibilitas bisnis, hingga meningkatkan online presence bisnis secara online.

Alasan Brand Harus Bekerja Sama dengan Blogger

Performa blogger tidak kalah dengan para influencer yang mampu membangun branding produk atau bisnis Anda. 

Karena kini, orang-orang juga banyak mencari informasi melalui mesin pencari seperti Google, terutama ketika mereka ingin mendapatkan informasi tentang suatu produk yang ingin mereka gunakan. 

Nah, biasanya tulisan para blogger akan muncul di halaman Google dan menjadi referensi yang bagus karena ditulis berdasarkan user experience untuk mengutamakan keunggulan produk atau layanan yang mereka tulis. 

Selain itu, ketika tulisan blogger muncul di halaman pertama Google, tulisan tersebut berpeluang menjangkau audiens yang lebih luas. 

Hal ini, tentunya tidak hanya meningkatkan brand awareness saja. Tetapi, juga bisa mendorong terjadinya lebih banyak pembelian atas produk maupun layanan yang direferensikan oleh para blogger. 

Dengan banyaknya tulisan yang mengulas produk dan layanan bisnis Anda, akan semakin meningkatkan kepercayaan audiens terhadap produk tersebut.

Manfaat Brand Bekerja sama dengan Blogger

Jika Anda sedang membangun brand, alangkah baiknya kalau Anda mengajak blogger untuk bekerja sama mempromosikan produk, jasa, layanan, maupun brand Anda. 

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengajak blogger bekerja sama, seperti:

1. Audiens Lebih Tertarget

Biasanya, suatu blog memiliki tema atau niche yang konsisten. Misalnya, ada blog yang memiliki tema beauty, teknologi, dan juga parenting

Jika bekerja sama dengan blogger, Anda akan mendapatkan audience atau pembaca yang sesuai. Karena dengan tema blog yang konsisten, audiens mereka lebih tepat sasaran.

Contoh lain, Anda adalah pengusaha produk produk kecantikan. Untuk melakukan promosi, Anda bisa mengajak beauty blogger untuk bekerja sama

Sementara, jika Anda memiliki produk yang berhubungan dengan teknologi, Anda perlu bekerja sama dengan penulis blog yang memiliki tema teknologi.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih blogger yang memiliki konten sesuai dengan tema produk atau jenis bisnis. 

Kalau belum paham cara memilih blogger yang tepat, Anda bisa bekerja sama dengan digital agency Jakarta, atau inbound marketing agency, yang paham dengan baik mengenai Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO).

Tim dari digital marketing agency Jakarta akan siap membantu Anda menemukan blogger yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

2. Meningkatkan Performa SEO

Peranan SEO, atau Search Engine Optimization, sangat penting bagi blog atau website bisnis. Melakukan kerja sama dengan blogger membuat Anda bisa meningkatkan performa dan traffic website bisnis

Hal ini karena semakin baik performa SEO sebuah web, maka akan semakin mudah orang menemukan brand Anda melalui mesin pencari seperti Google.

Apalagi sebagian besar pengguna internet mengandalkan mesin pencari ketika mereka ingin mencari informasi tertentu, termasuk produk atau bisnis yang sedang mereka butuhkan. 

Itu sebabnya, menjalin kerja sama yang solid dengan para blogger dan meminta mereka menulis artikel tentang produk Anda, sudah jelas memberi dampak yang positif bagi bisnis.

Tips yang perlu Anda perhatikan:

  • Pastikan memilih blogger yang benar-benar paham dengan kaidah SEO dalam penulisan konten yang mereka buat. 
  • Penerapan teknik SEO dalam penulisan artikel akan memperbesar peluang tulisan muncul di halaman pertama Google. Jadi saat ada audiens yang membutuhkan informasi tentang produk Anda akan langsung tertuju pada artikel tersebut atau malah langsung menuju ke website bisnis Anda.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Berbeda dengan platform media sosial lain, menggunakan blog bisa lebih leluasa dalam menyajikan informasi yang lengkap. 

Apalagi blogger biasanya akan mengulas suatu produk dengan lebih detail dan berdasarkan pengalaman mereka terkait produk maupun brand.

Hal berikutnya yang perlu Anda pahami adalah, perilaku konsumen saat ini sudah banyak mengalami perubahan. Saat ingin beli suatu produk, mereka cenderung mencari ulasan terlebih dahulu di internet. 

Banyak orang beranggapan, ulasan yang ditulis oleh para blogger lebih kredibel dan genuine. Itu karena para blogger akan lebih sering membuat ulasan sesuai dengan opini mereka, sehingga audiens menganggap mereka lebih objektif dalam memberi ulasan. 

Inilah salah satu alasan mengapa Anda harus bekerja sama dengan blogger jika ingin calon konsumen tertarik dengan produk, jasa, atau layanan bisnis yang Anda tawarkan.

4. Meningkatkan Referring Menuju Web Bisnis

Bekerja sama dengan blogger juga bisa meningkatkan traffic website bisnis Anda Caranya sangat mudah, Anda bisa meminta blogger menambahkan backlink dofollow yang mengarah ke website, halaman produk, maupun ke landing page yang bikin konsumen terdorong untuk konversi

Dengan penggunaan backlink tersebut, Anda juga bisa sekaligus meningkatkan performa SEO website bisnis Anda. 

Untuk ketentuan backlink, alangkah baiknya jika Anda menghubungi best digital agency maupun digital marketing agency Indonesia terpercaya untuk membantu Anda menyusun digital marketing campaign yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

Tim digital agency biasanya juga akan ikut membantu menentukan anchor text dan blog seperti apa yang bagus menjadi tempat untuk menitipkan backlink yang menuju ke website bisnis.

Selain itu, pastikan backlink yang sudah disisipkan berstatus dofollow dan lifetime atau akan tetap ada selamanya tanpa batas waktu tertentu. 

Ini penting disepakati bersama sejak awal, jangan sampai Anda sudah bayar, backlink yang menuju website Anda malah dihapus.

5. Ulasan Produk Tayang dalam Jangka Panjang

Apabila Anda melakukan kerja sama dengan blogger, ulasan produk yang mereka buat bisa tayang sepanjang waktu di website blogger tersebut. 

Anda bisa meminta hal ini sejak awal kerja sama, atau pastikan saja, apakah ulasan yang ia buat nantinya akan tayang sepanjang waktu atau memiliki jangka waktu.

Jika perjanjian di awal postingan ulasan produk Anda tidak dihapus, maka tulisan tersebut akan terus muncul di pencarian Google ketika ada orang yang mencari produk Anda. 

Berbeda dengan promosi melalui baliho yang terpampang di jalan, maka bekerja sama dengan blogger justru lebih menguntungkan. Bahkan Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas. 

Di mana pun audiens mencari produk Anda, mereka cukup mengetikkan nama produk di mesin pencari Google dan dengan mudah langsung mendapatkan ulasannya.


Apakah Anda tertarik untuk menjalin kerja sama dengan para blogger? Langsung saja hubungi Kontak Redcomm dan diskusikan kebutuhan Anda.

Sebagai digital marketing agency Indonesia yang selama 6 tahun berturut-turut meraih penghargaan sebagai Digital Agency of the Year, Redcomm Indonesia sudah berpengalaman membantu lebih dari 500++ brand dan menyelenggarakan lebih dari 1000++ digital campaign dengan hasil yang bagus serta memberi impact besar bagi pertumbuhan brand.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER