MENU
SEARCH KNOWLEDGE

R/GA Singapore dan SAMH Hadirkan Pameran Seni AI Generatif yang Mengungkap Kehidupan dengan Gangguan Kesehatan Mental

 · 
1 min read
 · 
eye 1.141  
Digital Campaign

redcomm

Pameran 'Prompting Feelings' oleh R/GA Singapore, pameran seni AI generatif pertama di dunia yang mengungkapkan pengalaman sebenarnya hidup dengan gangguan kesehatan mental. 

Dalam kolaborasi dengan Singapore Association for Mental Health (SAMH), pameran ini diciptakan oleh delapan warga Singapura yang mengidap berbagai kondisi kesehatan mental, termasuk skizofrenia, gangguan kecemasan, gangguan bipolar, dan lainnya. 

Mereka menampilkan delapan karya seni yang kuat, dihasilkan dari kebenaran yang mereka ungkapkan sendiri.

Pameran yang mencerahkan kesehatan mental

Pameran 'Prompting Feelings' muncul setelah R/GA dan SAMH menyadari bahwa salah satu aplikasi AI generatif yang belum pernah hadir di platform publik adalah eksternalisasi pemikiran yang rumit dan seringkali tidak dipahami oleh mereka yang hidup dengan gangguan kesehatan mental.

Ed Cheong, Direktur Kreatif Eksekutif R/GA Singapore, mengatakan: "Banyak yang telah dikatakan dan ditampilkan mengenai hasil dari Generative A.I. Untuk proyek ini, kami berfokus pada hasil akhir.”

Ia menambahkan, “Bahwa teknologi dapat menjadi alat bagi seniman dalam diri setiap orang, bahkan bagi mereka yang hidup dengan gangguan kesehatan mental untuk mengungkapkan perasaan batin mereka dalam bentuk seni. Bagi sebagian besar dari kita”

“Sulit untuk membayangkan seperti apa rasanya berada dalam posisi mereka. Dengan pameran ini, kami berharap dapat memberikan lebih banyak pemahaman dan pada gilirannya, meningkatkan literasi kesehatan mental.” Ujarnya. 

Untuk pameran ini, tim dari R/GA dan SAMH pertama-tama menghabiskan waktu dengan setiap peserta dalam wawancara tertutup untuk lebih memahami perjuangan, pengalaman, harapan, dan impian mereka. 

Percakapan jujur tersebut menghasilkan perasaan yang akurat menggambarkan cerita unik setiap seniman. 

Dengan menggunakan model terlatih Stable Diffusion, tim juga dapat membuat parameter khusus untuk aplikasi A.I. agar tidak melanggar hak cipta karya yang ada, tetapi pada saat yang sama, karya akhir juga menghormati gaya seni yang diinginkan oleh setiap peserta.

Kekuatan terapi dalam media kreatif

Serene Goh, Team Lead for Outreach, Creative Services, Singapore Association for Mental Health menyatakan bahwa, “AI generatif memperluas kosakata visual kita untuk perasaan dan pengalaman yang mungkin sulit diungkapkan secara verbal.”

Karya seni yang dihasilkannya juga membantu pemirsa untuk merasakan berbagai perasaan dan pemikiran sekaligus, yang mungkin mencerminkan pengalaman manusia tentang kebingungan, duka, keterkejutan, dan kelebihan beban.

"Kami senang bahwa pengalaman kolaboratif ini dengan R/GA telah memungkinkan klien kami untuk mendapatkan perhatian yang signifikan dan menguatkan suara mereka kepada khalayak yang segar, memicu perasaan dan memupuk empati untuk penyebab kesehatan mental." Ujar Serene.

"Prompting Feelings adalah proyek istimewa bagi kami sejak awal. Kesehatan mental adalah topik yang selalu relevan dan kadang terabaikan, dan mereka yang belum pernah mengalaminya mungkin kesulitan memahaminya," kata Marianne Whitman, General Manager, R/GA Singapore. 

"Selama proses ini, sangat mengharukan melihat para seniman mengakui pengalaman mereka, dan dengan berani membagikan kisah mereka. Kami berharap dapat memicu keberanian serupa pada orang-orang untuk mengunjungi pameran ini dan meningkatkan pemahaman dan kesadaran mereka."

"Pameran 'Prompting Feelings' akan berlangsung di Visual Arts Centre Singapore mulai 27 Oktober hingga 3 November 2023. Dibuka setiap hari mulai pukul 12 siang hingga 9 malam, dan gratis masuk."

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER