knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Berbagai Fitur Instagram Terbaru yang Bisa Bantu Dongkrak Penjualan Online

26 Aug  · 
2 min read
 · 
eye 5.937  
Digital Marketing

Berbagai Fitur Instagram Terbaru Yang Bisa Bantu Dongkrak Penjualan Online

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus terus mempelajari dan memanfaatkan pembaruan fitur-fitur Instagram. Seperti saat fitur e-Commerce hadir untuk menunjang kegiatan pemasaran di Instagram.

Selain fitur tersebut, Instagram juga sudah memiliki beberapa fitur Instagram terbaru lainnya, seperti toko Instagram atau Instagram shopping dan Facebook pay.

Selain itu, ada pula fitur aturan kelayakan perdagangan, fitur penggalangan dana, hingga fitur Reels yang lengkap dengan berbagai efek dan kemudahan dalam pengeditan video. Berikut penjelasannya.

5 Fitur Instagram Terbaru untuk Meningkatkan Penjualan Online

1. Toko Instagram

Instagram Shop adalah salah satu fitur yang ada pada aplikasi Instagram mobile

Fitur Instagram Shopping atau Toko Instagram memungkinkan Anda berbelanja di Instagram tanpa harus meninggalkan aplikasi.

Setiap pengguna akan melihat rekomendasi produk sesuai merek yang mereka ikuti. 

Sebagai pebisnis, Anda perlu memanfaatkan fitur ini untuk mempromosikan dan memasarkan produk secara organik, sekaligus bisa mendukung Instagram campaign yang Anda selenggarakan.

2. Facebook Pay

Facebook Pay adalah fitur yang dirancang sebagai pembayaran instan, serupa fitur check out pada Amazon Pay atau PayPal yang sudah akrab dengan pengguna di sejumlah negara.

Fitur ini pertama kali diuji coba penggunaannya di Amerika, kemudian disebarkan di seluruh dunia agar bisa dimanfaatkan oleh pebisnis dan pengguna Instagram maupun Facebook. 

Memanfaatkan fitur ini memungkinkan Anda memiliki pilihan pembayaran yang sangat aman dan tanpa kendala. 

Anda bisa melakukan pembelian dan berdonasi lebih mudah dalam satu aplikasi karena Instagram dan Facebook berada dalam satu perusahaan.

Semua produk yang memenuhi syarat untuk Anda beli melalui check out Instagram bisa Anda bayar menggunakan Facebook Pay dengan keamanan transaksi yang terjamin.

3. Aturan Kelayakan Perdagangan

Instagram juga mengumumkan adanya perubahan mengenai persyaratan kelayakan perdagangan, yang akan memberikan akses ke Instagram Shop kategori bisnis.

Salah satu kebijakannya, yaitu Anda atau influencer Instagram yang memiliki bisnis dapat terhubung lebih baik dengan pembeli dan menghasilkan penjualan lebih banyak dalam aplikasi.

Selain itu, fitur pada Instagram bisnis hanya dapat menandai produk dari situs web yang Anda miliki. Tujuannya untuk mencegah Anda “menjual” produk yang tidak Anda miliki.

Penambahan fitur ini merupakan berita bagus bagi para pengusaha UMKM atau UKM yang ingin mengembangkan bisnis e-Commerce.

Anda bisa mendapatkan manfaat optimal dalam menggunakan Instagram sebagai media promosi online, sekaligus menyukseskan social media campaign

Apalagi fitur ini mendukung untuk membantu Anda memperluas jangkauan organik serta meningkatkan engagement yang tinggi.

4. Penggalangan Dana

Apakah Anda sudah mengetahui fitur penggalangan dana di Instagram? Fitur ini berfokus untuk mendorong penjualan yang hasilnya akan diberikan pada organisasi nirlaba, termasuk penggalangan dana untuk alasan pribadi. 

Jika Anda berencana mengumpulkan donasi untuk membantu seorang teman yang rumahnya terbakar atau korban bencana alam, Anda dapat menggunakan fitur ini.

Penggalangan dana akan berlangsung selama 30 hari, dan Anda dapat memperpanjang lebih dari satu kali untuk mendapatkan 30 hari berikutnya. Namun, Anda harus berusia minimal 18 tahun untuk bisa menggunakan fitur ini. 

Setelah penggalangan dana berakhir, dana akan langsung masuk ke rekening bank Anda. Selain itu, Anda dapat melihat siapa saja yang menyumbang dan berapa banyak yang mereka berikan.

5. Peluncuran Fitur Reels Instagram

TikTok adalah platform media sosial yang menarik perhatian dunia saat ini. Aplikasi ini memiliki pengguna dengan jumlah yang luar biasa banyak dan tingkat interaksi yang tinggi berkat fitur-fitur pendukungnya yang memang interaktif.

Melihat hal ini, Instagram terinspirasi untuk meluncurkan fitur video serupa TikTok. Fitur ini disebut Reels, yang memungkinkan Anda membuat looping klip pada video berdurasi 15 detik.

Klip video dapat berisi musik, lagu terkini, atau audio yang sedang tren, seperti di TikTok.


Jadi apakah Anda sudah mulai memanfaatkan berbagai fitur Instagram untuk mendongkrak bisnis online yang Anda jalankan? Segera lakukan sekarang jangan sampai Anda tertinggal dari kompetitor yang sudah lebih dulu melakukannya.

Agar tak makin tertinggal, terapkan Tips Membuat Konten Instagram Reels yang Menarik Minat Audiens. Selain itu, manfaatkan juga Fitur Subscription di Instagram.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER