Pembaruan Instagram baru-baru ini sangat menarik untuk kembali dipelajari, yang kemudian dimanfaatkan dengan baik. Fokus terbesar pada pembaruan kali ini adalah hadirnya fitur e-Commerce yang bisa menunjang kegiatan pemasaran di Instagram.

 

Berbagai Fitur Instagram Terbaru yang Bisa Bantu Dongkrak Penjualan Online

  1. Hadirnya Toko Instagram

Instagram shop adalah tab baru yang muncul pada aplikasi Instagram mobile. Fitur ini sudah bisa diakses pengguna Instagram di Indonesia, mengingat sudah ada beberapa akun Instagram pengguna di Indonesia yang memiliki fitur ini. 

 

Fitur Instagram shopping atau Toko Instagram memungkinkan pengguna dapat berbelanja langsung di Instagram tanpa harus meninggalkan aplikasi. Setiap pengguna akan melihat rekomendasi yang disesuaikan dengan merek yang saat ini mereka ikuti. Jika Anda memanfaatkan fitur ini untuk bisnis, produk Anda jadi memiliki kesempatan tampil secara organik sekaligus mendukung kampanye Instagram.

 

 

  1. Ketersediaan Facebook Pay

Fitur Facebook pay sebenarnya sudah diumumkan sejak tahun lalu, namun baru mulai dilakukan uji coba untuk digunakan di Amerika terlebih dahulu. Facebook pay dirancang untuk menjadi pilihan pembayaran instan, mirip dengan fitur check out pada Amazon pay atau PayPal yang sudah akrab dengan pengguna di sejumlah negara.

 

Fitur ini menjadi pilihan pembayaran yang sangat aman dan tanpa kendala. Memungkinkan pengguna melakukan pembelian dan donasi dengan lebih mudah dalam satu aplikasi. Hal ini karena Instagram dan Facebook telah jadi satu perusahaan. Semua produk yang memenuhi syarat untuk dibeli melalui check out Instagram bisa dibayar menggunakan Facebook pay dengan keamanan transaksi yang terjamin.

 

  1. Aturan Kelayakan Perdagangan

Instagram juga mengumumkan bahwa ada perubahan mengenai persyaratan kelayakan perdagangan, yang akan memberikan akses ke Instagram shop kategori bisnis. Kebijakan ini mencakup kreator / influencer yang ada pada platform dapat terhubung dengan lebih baik kepada pembeli dan lebih banyak menghasilkan penjualan dalam aplikasi. Fitur pada Instagram bisnis hanya dapat menandai produk dari satu situs web yang mereka jual dan memang mereka miliki. Ini bertujuan untuk mencegah pengguna “menjual” produk yang tidak mereka miliki.

 

Penambahan fitur ini, tentu saja merupakan berita bagus untuk para pengusaha kecil dan menengah, baik UMKM maupun UKM, yang ingin mengembangkan bisnis e-Commerce. Keunggulan fitur yang kemudian dikombinasikan dengan jangkauan organik yang kuat di Instagram serta tingkat engagement yang tinggi, membuat setiap pebisnis mendapatkan manfaat yang optimal dalam menggunakan Instagram sebagai media promosi online atau untuk menyelenggarakan social media campaign yang sukses.

 

 

  1. Penggalangan Dana

Fitur penggalangan dana juga telah disisipkan pada pembaruan Instagram terbaru. Fitur ini difokuskan untuk keperluan yang mendorong penjualan selama pandemi Covid-19 atau untuk diberikan kepada organisasi nirlaba.

 

Selanjutnya dengan fitur ini, pengguna Instagram dapat melakukan penggalangan dana bahkan untuk alasan pribadi. Jika Anda berencana mengumpulkan uang untuk membantu seorang teman yang rumahnya terbakar, Anda dapat melakukan hal tersebut menggunakan fitur penggalangan dana ini.

 

Instagram juga telah menyebutkan bahwa pengguna bisa mencoba mengumpulkan uang sendiri untuk menyumbangkan langsung kepada orang lain yang terkena dampak Covid-19. Penggalangan dana akan berlangsung selama 30 hari, dan Anda dapat memperpanjang lebih dari satu kali untuk mendapatkan 30 hari berikutnya.

 

Namun, untuk bisa menggunakan fitur ini, Anda harus berusia minimal 18 tahun. Setelah penggalangan dana berakhir, dana akan langsung masuk ke rekening bank Anda. Selain itu, Anda dapat melihat siapa saja yang menyumbang dan berapa banyak yang mereka berikan.

 

  1. Peluncuran Fitur Reels Instagram

TikTok menjadi platform media sosial yang menarik perhatian dunia saat ini. Aplikasi ini memiliki pengguna dengan jumlah yang luar biasa banyak dan tingkat interaksi yang tinggi berkat fitur-fitur pendukungnya yang memang interaktif. Melihat hal ini, Instagram pun sudah meluncurkan sesuatu yang baru, fitur yang mirip dengan TikTok. Fitur ini disebut Reels, yang memungkinkan pengguna untuk membuat looping klip pada video berdurasi 15 detik. Klip video dapat diatur dengan memasukkan musik, seperti apa yang biasa Anda lihat di TikTok.

 

 

Bagaimana menurut Anda? Kapan Anda mulai memanfaatkan berbagai fitur Instagram terbaru yang bisa bantu dongkrak bisnis online Anda? Segera lakukan sekarang jangan sampai Anda tertinggal dari kompetitor yang sudah lebih dulu melakukannya.