Apakah Anda sudah mulai menggunakan platform YouTube saat ini? Jika Anda sudah menggunakannya, namun channel YouTube Anda belum ada perkembangan sama sekali, berarti sudah waktunya Anda mencoba menggunakan YouTube analytic tools.
Apakah Anda sudah mulai menggunakan platform YouTube saat ini? Jika Anda sudah menggunakannya, namun channel YouTube Anda belum ada perkembangan sama sekali, berarti sudah waktunya Anda mencoba menggunakan YouTube analytic tools.
YouTube telah menjadi platform video terbesar di dunia, dengan lebih dari 2,5 miliar pengguna aktif bulanan.
Namun, membangun channel YouTube yang sukses tidak hanya bergantung pada kualitas konten, tetapi juga pada strategi berbasis data. Inilah mengapa Anda memerlukan YouTube analytic tools.
Dengan menggunakan alat analitik yang tepat untuk memantau performa channel YouTube, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, antara lain:
Analytic tools bisa membantu Anda dalam mengembangkan kanal YouTube dengan cara menganalisis performa dari akun maupun video yang telah Anda unggah. Berikut ini 7 tools analitik terbaik yang dapat membantu Anda:
YouTube analytics adalah alat bawaan YouTube yang gratis dan wajib digunakan oleh semua kreator. Ada banyak fitur yang disediakan YouTube agar penggunanya bisa memahami kinerja konten, termasuk demografi penonton.
Penggunaannya pun sangat mudah, bahkan bagi Anda yang masih pemula. Beberapa fitur yang tersedia, di antaranya:
Pada menu overview, Anda bisa melihat grafik tinjauan secara keseluruhan yang bisa diatur rentang waktunya, mulai dari melihat jumlah views, watch time, hingga subscriber growth.
Selain itu, Anda bisa mengetahui konten video yang populer dan memantau aktivitas pada channel Anda dalam waktu 48 jam terakhir.
Menu reach memberi informasi mengenai bagaimana dan berapa banyak penonton yang menemukan video Anda di YouTube.
Melalui fitur analitik YouTube yang satu ini, Anda juga bisa mengetahui sumber traffic video, termasuk dari pencarian YouTube, video yang direkomendasikan, atau media sosial.
Semua insight di fitur engagement, berisi data terkait retensi penonton, likes, shares, dan interaksi lainnya. Misalnya ingin tahu durasi yang penonton habiskan dalam satu video, maka buka saja fitur ini.
Selain itu, Anda juga jadi lebih mudah dalam menganalisis rata-rata penayangan video, jumlah klik terhadap video lain yang muncul di akhir tayangan video, hingga jumlah keterlibatan audiens terhadap konten video Anda.
Pada bagian audience, Anda bisa lebih memahami demografi penonton, termasuk usia, lokasi, dan perangkat yang digunakan. Selain itu, terdapat pula data yang lebih spesifik, seperti penggunaan subtitle.
TubeBuddy adalah ekstensi browser yang sangat berguna untuk optimasi SEO dan analisis channel YouTube.
Ada banyak fitur yang tersedia di TubeBuddy, seperti SEO tools, productivity, promotion, workflow, dan analytics.
Beberapa informasi yang bisa Anda maksimalkan dengan menggunakan TubeBuddy, antara lain:
Selain dapat memudahkan Anda menemukan kata kunci terbaik untuk video, Anda juga jadi mengetahui keyword dan tag yang digunakan oleh kompetitor.
Kalau sudah ketemu, tinggal salin saja tag tersebut di video Anda agar dapat memperoleh peringkat kata kunci yang sama.
Selain itu, berguna pula untuk melacak peringkat video Anda dan kompetitor di pencarian Google maupun YouTube.
Tools ini memudahkan dalam proses menjadwalkan video yang akan di-publish sesuai dengan keinginan Anda.
Lalu, Anda juga bisa membuat jadwal untuk menyembunyikan atau menghapus video dari playlist sesuai dengan waktu maupun tanggal yang Anda inginkan.
Untuk menghasilkan video dengan performa terbaik, Anda perlu melakukan A/B testing untuk menguji elemen seperti thumbnail, judul, tag, dan deskripsi untuk melihat mana yang lebih efektif.
Bahkan, Anda bisa membuat thumbnail video dengan kualitas profesional demi menjangkau audiens di berbagai platform media sosial.
Menggunakan tools TubeBuddy juga dapat membantu Anda menemukan konten video yang dimonetisasi dengan cepat sehingga Anda bisa meninjau secara manual.
Lalu, tersedia pula fitur SEO Studio untuk menganalisis dan mengoptimalkan metadata video (judul, deskripsi, tag), serta fitur competitor analysis yang berguna untuk membandingkan channel Anda dengan kompetitor untuk mengetahui strategi mereka.
Unbox Social adalah tool analitik yang berfokus pada tracking performa video dan engagement audiens. Menggunakan tool ini akan memudahkan Anda mendapatkan informasi berupa:
Kalau sudah tahu mana konten video yang memiliki performa bagus, tinggal perbanyak saja memproduksi dan menayangkan video sejenis untuk menjangkau audiens yang lebih luas.
VidIQ merupakan salah satu tool yang bisa membantu Anda secara personal, untuk membangun network dan brand sekaligus sebagai biro iklan.
Tool ini juga berfungsi untuk meningkatkan views maupun subscribers channel Anda.
Di saat yang sama, Anda juga bisa memantau analitik dan laporan, mengidentifikasi influencer, YouTube SEO, dan layanan profesional VidIQ yang mencakup strategi brand dan optimasi channel.
Ada beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan dengan menggunakan tool ini, antara lain:
ChannelMeter adalah alat analitik berbasis data yang dirancang untuk membantu kreator dalam monetisasi dan pertumbuhan channel.
Menggunakan YouTube Analytics Tools ini akan memudahkan Anda mengoptimalkan konten video agar bisa dimonetisasi. Apalagi tersedia banyak fitur unggulan mulai dari:
Karena ada fitur yang memudahkan proses analisis kompetitor, Anda jadi bisa membuat strategi yang lebih efektif sehingga kinerja YouTube Anda lebih baik dari kompetitor.
Socialbakers tidak hanya berfokus pada YouTube, tetapi juga platform media sosial lainnya. Alat ini sangat berguna bagi brand dan content creator yang ingin mengelola online presence dan membangun brand awareness yang lebih kuat.
Ada tiga fitur menarik yang ditawarkan Socialbakers dan berbeda dengan tools lain, yaitu:
Tubular Intelligence dapat memantau hal apa saja yang sedang tren di YouTube dan bagaimana performa video Anda.
Beberapa fitur yang bisa Anda optimalkan dengan menggunakan tool ini, antara lain:
Menggunakan alat analitik YouTube ini juga memungkinkan Anda membuat dashboard sendiri untuk mengumpulkan informasi penting dalam satu tempat.
Setelah mengetahui top 7 YouTube analytic tools, sekarang waktunya Anda mencoba satu persatu sesuai kebutuhan.
Pilih salah satu atau beberapa tools yang paling sesuai dan paling mudah bagi Anda. Kemudian gunakan sembari mengimplementasi Insight Video YouTube yang Sedang Trending dan Panduan Marketingnya.
Dengan cara ini, semoga selanjutnya Anda bisa menyajikan konten yang berkualitas dan mampu bersaing dengan kompetitor atau untuk mensukseskan social media campaign yang Anda selenggarakan.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC