knowledge
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Top 7 YouTube Analytic Tools untuk Meningkatkan Performa Channel Anda

02 Mar  · 
4 min read
 · 
eye 16.881  
Video Production Management

Top 7 Youtube Analytic Tools

Apakah Anda sudah mulai menggunakan platform YouTube saat ini? Jika Anda sudah menggunakannya, namun channel YouTube Anda belum ada perkembangan sama sekali, berarti sudah waktunya Anda mencoba menggunakan YouTube analytic tools.

Mengapa YouTube Analytic Tools Penting?

YouTube telah menjadi platform video terbesar di dunia, dengan lebih dari 2,5 miliar pengguna aktif bulanan. 

Namun, membangun channel YouTube yang sukses tidak hanya bergantung pada kualitas konten, tetapi juga pada strategi berbasis data. Inilah mengapa Anda memerlukan YouTube analytic tools.

Dengan menggunakan alat analitik yang tepat untuk memantau performa channel YouTube, ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

  • Memahami audiens dan perilaku mereka.
  • Mengoptimalkan konten agar lebih menarik dan sesuai tren.
  • Menggunakan SEO YouTube untuk meningkatkan jangkauan.
  • Melacak performa video dan mengetahui faktor yang mempengaruhi engagement.

Rekomendasi 7 YouTube Analytic Tools Terbaik

Analytic tools bisa membantu Anda dalam mengembangkan kanal YouTube dengan cara menganalisis performa dari akun maupun video yang telah Anda unggah. Berikut ini 7 tools analitik terbaik yang dapat membantu Anda:

1. YouTube Analytics

YouTube analytics adalah alat bawaan YouTube yang gratis dan wajib digunakan oleh semua kreator. Ada banyak fitur yang disediakan YouTube agar penggunanya bisa memahami kinerja konten, termasuk demografi penonton.

Penggunaannya pun sangat mudah, bahkan bagi Anda yang masih pemula. Beberapa fitur yang tersedia, di antaranya: 

- Overview

Pada menu overview, Anda bisa melihat grafik tinjauan secara keseluruhan yang bisa diatur rentang waktunya, mulai dari melihat jumlah views, watch time, hingga subscriber growth.

Selain itu, Anda bisa mengetahui konten video yang populer dan memantau aktivitas pada channel Anda dalam waktu 48 jam terakhir.

- Reach

Menu reach memberi informasi mengenai bagaimana dan berapa banyak penonton yang menemukan video Anda di YouTube.

Melalui fitur analitik YouTube yang satu ini, Anda juga bisa mengetahui sumber traffic video, termasuk dari pencarian YouTube, video yang direkomendasikan, atau media sosial.

- Engagement

Semua insight di fitur engagement, berisi data terkait retensi penonton, likes, shares, dan interaksi lainnya. Misalnya ingin tahu durasi yang penonton habiskan dalam satu video, maka buka saja fitur ini.

Selain itu, Anda juga jadi lebih mudah dalam menganalisis rata-rata penayangan video, jumlah klik terhadap video lain yang muncul di akhir tayangan video, hingga jumlah keterlibatan audiens terhadap konten video Anda.

- Audience

Pada bagian audience, Anda bisa lebih memahami demografi penonton, termasuk usia, lokasi, dan perangkat yang digunakan. Selain itu, terdapat pula data yang lebih spesifik, seperti penggunaan subtitle.

2. TubeBuddy

TubeBuddy adalah ekstensi browser yang sangat berguna untuk optimasi SEO dan analisis channel YouTube.

Ada banyak fitur yang tersedia di TubeBuddy, seperti SEO tools, productivity, promotion, workflow, dan analytics

Beberapa informasi yang bisa Anda maksimalkan dengan menggunakan TubeBuddy, antara lain:

- Keyword Explorer

Selain dapat memudahkan Anda menemukan kata kunci terbaik untuk video, Anda juga jadi mengetahui keyword dan tag yang digunakan oleh kompetitor.

Kalau sudah ketemu, tinggal salin saja tag tersebut di video Anda agar dapat memperoleh peringkat kata kunci yang sama. 

Selain itu, berguna pula untuk melacak peringkat video Anda dan kompetitor di pencarian Google maupun YouTube.

- Penjadwalan Penayangan Video

Tools ini memudahkan dalam proses menjadwalkan video yang akan di-publish sesuai dengan keinginan Anda. 

Lalu, Anda juga bisa membuat jadwal untuk menyembunyikan atau menghapus video dari playlist sesuai dengan waktu maupun tanggal yang Anda inginkan.

- A/B Testing

Untuk menghasilkan video dengan performa terbaik, Anda perlu melakukan A/B testing untuk menguji elemen seperti thumbnail, judul, tag, dan deskripsi untuk melihat mana yang lebih efektif.

Bahkan, Anda bisa membuat thumbnail video dengan kualitas profesional demi menjangkau audiens di berbagai platform media sosial.

Menggunakan tools TubeBuddy juga dapat membantu Anda menemukan konten video yang dimonetisasi dengan cepat sehingga Anda bisa meninjau secara manual.

Lalu, tersedia pula fitur SEO Studio untuk menganalisis dan mengoptimalkan metadata video (judul, deskripsi, tag), serta fitur competitor analysis yang berguna untuk membandingkan channel Anda dengan kompetitor untuk mengetahui strategi mereka.

3. Unbox Social

Unbox Social adalah tool analitik yang berfokus pada tracking performa video dan engagement audiens. Menggunakan tool ini akan memudahkan Anda mendapatkan informasi berupa:

  • Melacak tingkat interaksi penonton terhadap video Anda, mulai dari tanggapan penonton hingga seberapa cepat Anda bisa mendapatkan penonton.
  • Menganalisis konten yang paling sering dibagikan untuk memahami preferensi audiens.
  • Jadi tahu video mana saja yang paling banyak ditonton beserta durasinya.
  • Memonitor performa kompetitor agar bisa menyesuaikan strategi konten Anda.

Kalau sudah tahu mana konten video yang memiliki performa bagus, tinggal perbanyak saja memproduksi dan menayangkan video sejenis untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

4. VidIQ

VidIQ merupakan salah satu tool yang bisa membantu Anda secara personal, untuk membangun network dan brand sekaligus sebagai biro iklan.

Tool ini juga berfungsi untuk meningkatkan views maupun subscribers channel Anda. 

Di saat yang sama, Anda juga bisa memantau analitik dan laporan, mengidentifikasi influencer, YouTube SEO, dan layanan profesional VidIQ yang mencakup strategi brand dan optimasi channel

Ada beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan dengan menggunakan tool ini, antara lain:

  • Anda dapat meninjau search term matriks, seperti views dan keyword score. Termasuk menampilkan volume pencarian dan skor persaingan untuk keyword tertentu.
  • Menghitung jumlah karakter judul video, deskripsi, dan tag, beserta kata kunci maupun topik yang digunakan oleh kompetitor.
  • Melacak performa video dalam 48 jam pertama setelah diunggah.
  • Mengelola, mengcopy dan menyalin tag dari satu video maupun yang lainnya.
  • Mengetahui statistik channel hanya dalam satu panel.
  • Memberikan rekomendasi untuk meningkatkan performa video Anda.
  • Memberi tahu Anda tentang tren terbaru di niche Anda.

5. ChannelMeter

ChannelMeter adalah alat analitik berbasis data yang dirancang untuk membantu kreator dalam monetisasi dan pertumbuhan channel.

Menggunakan YouTube Analytics Tools ini akan memudahkan Anda mengoptimalkan konten video agar bisa dimonetisasi. Apalagi tersedia banyak fitur unggulan mulai dari:

  • Analytics dashboard: menyediakan laporan real time terkait performa video dan channel.
  • Comparative analysis: untuk membandingkan channel Anda dengan kompetitor, serta mengidentifikasi peluang perbaikan.
  • Influencer metrics: berguna bagi brand yang ingin bekerja sama dengan kreator.

Karena ada fitur yang memudahkan proses analisis kompetitor, Anda jadi bisa membuat strategi yang lebih efektif sehingga kinerja YouTube Anda lebih baik dari kompetitor.

6. Socialbakers

Socialbakers tidak hanya berfokus pada YouTube, tetapi juga platform media sosial lainnya. Alat ini sangat berguna bagi brand dan content creator yang ingin mengelola online presence dan membangun brand awareness yang lebih kuat.

Ada tiga fitur menarik yang ditawarkan Socialbakers dan berbeda dengan tools lain, yaitu:

  • Fitur yang dapat memberikan informasi mengenai waktu yang tepat kapan Anda harus posting video, juga jenis video seperti apa yang harus diposting, dan bagaimana kualitas konten video Anda.
  • Fitur ini dapat memantau media sosial lain sehingga mempermudah Anda dalam mengumpulkan insight dari berbagai sumber dan bersaing dengan kompetitor.
  • Berguna untuk menganalisis audiens terkait lokasi, jenis kelamin, dan informasi lainnya.

7. Tubular Intelligence

Tubular Intelligence dapat memantau hal apa saja yang sedang tren di YouTube dan bagaimana performa video Anda. 

Beberapa fitur yang bisa Anda optimalkan dengan menggunakan tool ini, antara lain: 

  • Menganalisis channel YouTube terkait dengan jumlah audiens, lokasi tempat audiens akses channel, jenis kelamin, dan usia mereka.
  • Memberi rekomendasi video populer di niche Anda.
  • Mengetahui preferensi audiens berdasarkan usia, lokasi, dan minat.
  • Melihat data demografis audiens kompetitor.
  • Membantu brand dalam mengidentifikasi kreator untuk berkolaborasi.

Menggunakan alat analitik YouTube ini juga memungkinkan Anda membuat dashboard sendiri untuk mengumpulkan informasi penting dalam satu tempat.


Setelah mengetahui top 7 YouTube analytic tools, sekarang waktunya Anda mencoba satu persatu sesuai kebutuhan. 

Pilih salah satu atau beberapa tools yang paling sesuai dan paling mudah bagi Anda. Kemudian gunakan sembari mengimplementasi Insight Video YouTube yang Sedang Trending dan Panduan Marketingnya.

Dengan cara ini, semoga selanjutnya Anda bisa menyajikan konten yang berkualitas dan mampu bersaing dengan kompetitor atau untuk mensukseskan social media campaign yang Anda selenggarakan.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER