Apakah Anda sudah mulai menggunakan platform YouTube saat ini? Jika Anda sudah menggunakannya, namun channel YouTube Anda belum ada perkembangan sama sekali, berarti sudah waktunya Anda mencoba menggunakan YouTube analytic tools

 

Manfaat Top 7 YouTube Analytic Tools

Analytic tools bisa membantu Anda dalam mengembangkan kanal YouTube dengan cara menganalisis performa dari akun maupun video yang telah Anda unggah. Berikut top 7 YouTube analytic tools yang bisa Anda gunakan.

 

 

  1. YouTube Analytics

YouTube analytics merupakan fitur yang sudah disediakan oleh YouTube agar penggunanya bisa mengetahui kinerja konten dan demografi audiens. YouTube analytics ini sangat mudah dipahami khususnya bagi youtuber pemula. Berikut beberapa informasi yang bisa Anda dapatkan melalui YouTube analytics, yaitu: 

 

  • Overview

Pada menu overview, Anda bisa melihat grafik tinjauan secara keseluruhan yang bisa diatur rentang waktunya. Selain itu, Anda bisa mengetahui konten video Anda yang populer dan memantau aktivitas pada channel Anda dalam waktu 48 jam terakhir.

  • Reach

Menu reach memberi informasi mengenai bagaimana dan berapa banyak penonton yang menemukan video Anda di YouTube.

  • Engagement

Anda bisa mengetahui data engagement atau jumlah keterlibatan audiens terhadap konten video Anda, mulai dari durasi yang dihabiskan penonton untuk menonton  video Anda, rata-rata penayangan video, dan jumlah klik terhadap video lain yang muncul di akhir tayangan video.

  • Audience

Pada bagian audience, Anda bisa melakukan analisis terkait demografi audiens yang mencakup jenis kelamin, umur, lokasi penayangan, dan juga penggunaan subtitle.

 

  1. TubeBuddy

Ada banyak fitur yang tersedia di TubeBuddy, seperti SEO tools, productivity, promotion, workflow, dan analytics. Beberapa informasi yang bisa Anda maksimalkan dengan menggunakan TubeBuddy, antara lain:

 

  • Mengetahui keyword dan tag yang digunakan oleh kompetitor dan menyalin tag di video Anda agar dapat memperoleh peringkat kata kunci yang sama. Selain itu, berguna pula untuk melacak peringkat video Anda dan kompetitor di pencarian Google maupun YouTube.
  • Menjadwalkan video yang akan di-publish sesuai dengan keinginan Anda, serta dapat pula membuat jadwal untuk menyembunyikan atau menghapus video dari playlist sesuai dengan waktu maupun tanggal yang Anda inginkan.
  • Dapat melakukan tes untuk judul, thumbnail, tag, dan juga deskripsi agar menemukan mana yang akan bekerja dengan baik. Bahkan, Anda bisa membuat thumbnail video dengan kualitas profesional demi menjangkau audiens di berbagai platform media sosial.
  • Menggunakan tools TubeBuddy akan membantu Anda menemukan konten video yang dimonetisasi dengan cepat sehingga Anda bisa meninjau secara manual.

 

 

  1. Unbox Social

Unbox Social merupakan salah satu tool yang juga menawarkan banyak fitur untuk Anda. Dengan menggunakan tool ini, Anda mendapatkan informasi berupa:

 

  • Melacak tanggapan penonton terhadap video Anda dan seberapa cepat Anda bisa mendapatkan penonton.
  • Konten video mana yang sering dibagikan dan lebih banyak ditonton serta mengetahui durasi antara waktu video dibagikan dan saat ditonton.

 

Dengan menggunakan Unbox Social, Anda dapat memantau jenis konten video yang banyak diminati oleh penonton sehingga Anda dapat memperbanyak video jenis tersebut untuk menjangkau audiens yang lebih luas. 

 

  1. VidIQ

VidIQ merupakan salah satu tool yang bisa membantu Anda secara personal, untuk membangun network dan brand sekaligus sebagai biro iklan. Tool ini berfungsi untuk meningkatkan views maupun subscribers channel Anda. 

 

Di saat yang sama, Anda juga bisa memantau analitik dan laporan, mengidentifikasi influencer, YouTube SEO, dan layanan profesional VidIQ yang mencakup strategi brand dan optimasi channel. Ada beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan dengan menggunakan tool ini, antara lain:

 

  • Anda dapat meninjau search term matriks, seperti views dan keyword score.
  • Menghitung jumlah karakter judul video, deskripsi, dan tag.
  • Melihat kata kunci maupun tag yang digunakan oleh kompetitor.
  • Mengelola, mengcopy dan menyalin tag dari satu video maupun yang lainnya.
  • Mengetahui statistic channel hanya dalam satu panel.

 

  1. ChannelMeter

ChannelMeter merupakan perangkat analitik yang dapat membantu Anda mengoptimalkan konten video agar bisa dimonetisasi. Perangkat ini juga menyediakan banyak fitur, mulai dari penemuan konten, orientasi, manajemen, dan pembayaran untuk para kreator. 

 

ChannelMeter memungkinkan Anda meluncurkan video untuk membandingkan kinerja YouTube kompetitor dengan kinerja YouTube Anda. Jika ternyata hasil performa  YouTube kompetitor lebih bagus, maka Anda dapat mengambil langkah strategis yang tepat untuk melakukan perbaikan pada channel Anda.

 

  1. Socialbakers

Socialbakers menawarkan tiga fitur menarik yang berbeda dengan tools lain, yaitu:

 

  • Fitur yang dapat memberikan informasi mengenai waktu yang tepat kapan Anda harus posting video, juga jenis video seperti apa yang harus diposting, dan bagaimana kualitas konten video Anda.
  • Fitur ini dapat memantau media sosial lain sehingga mempermudah Anda dalam mengumpulkan wawasan dari berbagai sumber dan bersaing dengan kompetitor.
  • Berguna untuk menganalisis audiens terkait lokasi, jenis kelamin, dan informasi lainnya.

 

 

  1. Tubular Intelligence

Tubular Intelligence dapat memantau hal apa saja yang sedang tren di YouTube dan bagaimana performa video Anda. Beberapa fitur yang bisa Anda optimalkan dengan menggunakan tool ini, antara lain: 

 

  • Menganalisis channel YouTube terkait dengan jumlah audiens, lokasi tempat audiens akses channel, jenis kelamin, dan usia mereka.
  • Membantu Anda untuk memantau video dan pembuat konten yang banyak ditonton oleh audiens Anda.
  • Anda juga dapat membuat dashboard sendiri untuk mengumpulkan informasi penting dalam satu tempat.

 

Setelah mengetahui top 7 YouTube analytic tools, sekarang waktunya Anda mencoba satu persatu sesuai kebutuhan. Pilih salah satu atau beberapa tools yang paling sesuai dan paling mudah bagi Anda. Dengan cara ini, semoga selanjutnya Anda bisa menyajikan konten yang berkualitas dan mampu bersaing dengan kompetitor atau untuk mensukseskan social media campaign yang Anda selenggarakan.