MENU
SEARCH KNOWLEDGE

7 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Seperti Influencer

29 Jun  · 
2 min read
 · 
eye 4.525  
Influencer / KOL Marketing

redcomm

Influencer menjadi profesi yang menjanjikan di era digital seperti sekarang. Apalagi peran influencer cukup besar dalam kegiatan pemasaran digital. Ingin tahu bagaimana cara influencer mendapatkan penghasilan? Baca ulasan lengkapnya di artikel Redcomm Knowledge ini.

7 Cara Influencer Mendapat Penghasilan

Tentunya ada banyak pekerjaan yang influencer lakukan untuk mendapatkan uang atau penghasilan melalui digital marketing social media

Jika Anda sedang mencari penghasilan tambahan dan penasaran bagaimana cara influencer mendapatkan penghasilan, baca penjelasannya di bawah ini.

1. Affiliate Marketing 

Pernahkah Anda menemukan ada influencer membagikan kode voucher di dalam konten miliknya? Itu adalah contoh pekerjaan affiliate marketing

Nantinya, influencer tersebut akan mendapatkan sejumlah komisi dari setiap pembelian yang menggunakan kode yang telah dibagikan. Besaran komisinya tergantung kesepakatan antara influencer dan pemilik produk atau brand.

Semakin banyak orang berbelanja menggunakan kode voucher yang influencer sebar, semakin banyak penghasilan yang ia dapatkan. 

Anda juga bisa melakukan hal yang sama jika memiliki banyak followers dengan target audiens tertentu di media sosial.

2. Banner Google Adsense

Cara ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang senang menulis di blog atau website. Ada berbagai cara untuk mendapatkan uang dari tulisan di blog. 

Salah satunya, dengan memasang banner Google adsense. Pemilik blog akan mendapatkan uang dari setiap iklan yang tayang dan diklik oleh pengunjung.

Semakin sering banner iklan yang tayang diklik, tentu penghasilan yang bisa Anda dapatkan pun terus meningkat. 

Nah, sekarang tinggal Anda siapkan saja blog atau website, kemudian buatlah artikel yang berkualitas. 

Setelahnya, daftarkan website Anda sebagai partner di Google atau ajukan pendaftaran adsense. Jangan lupa, pelajari juga Cara Kerja Iklan pada Google Ads

3. Endorsement

Anda pasti sering mendengar istilah endorse. Istilah ini sangat populer di kalangan influencer. Endorsement biasanya dilakukan pemilik usaha online atau digital companies untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui para influencer pilihan. 

Anda pun bisa mencobanya jika memiliki akun media sosial, seperti Instagram atau TikTok. Cobalah untuk membuat foto atau video yang mempromosikan tentang produk yang telah Anda coba atau beli.

Kemudian, unggah konten tersebut di feed atau story Instagram dan media sosial lainnya yang Anda miliki. Perhatikan bagaimana pengikut Anda bereaksi. 

Jika engagement dari konten tersebut bagus, artinya Anda memiliki pengaruh yang kuat sehingga potensi produk yang Anda promosikan dibeli juga semakin besar.

Selain itu, angka engagement yang tinggi juga membuka peluang Anda mendapat penawaran endorsement untuk digital marketing campaign.

4. Vlogger dan Youtuber

Menjadi influencer tentu saja mewajibkan Anda aktif menggunakan berbagai platform media sosial untuk mengunggah konten dan keperluan promosi. 

Salah satu profesi tambahan yang bisa dilakukan oleh influencer adalah menjadi vlogger dan youtuber. Ini merupakan bidang profesi yang cukup banyak digeluti saat ini, bahkan oleh para artis. 

Umumnya, konten berbentuk video diunggah ke kanal YouTube. Isinya bisa menceritakan tentang keseharian dan hobi, tutorial, juga tips menarik untuk diperbincangkan.

Namun, sebelum bisa menghasilkan uang dari YouTube, ada syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu, yaitu punya viewers dan subscribers dalam jumlah tertentu.

Sumber penghasilannya juga bermacam-macam, bisa melalui Google adsense, endorsement, atau display produk.

5. Guest Speaker

Bukan rahasia lagi jika para influencer dengan tingkat popularitas yang tinggi atau viral sering diundang sebagai pembicara dalam suatu event

Tema yang dibahas umumnya berdasarkan pengalaman dan bidang yang mereka geluti.

Jika Anda termasuk orang yang senang berbicara dan memiliki keahlian di bidang tertentu, Anda bisa mendapat kesempatan yang sama. 

Brand tentu akan tertarik, apalagi jika Anda memiliki pengaruh yang cukup kuat di media sosial.

6. Influencer Coordinator

Selain bekerja sama dengan digital agency di Jakarta, pemilik brand biasanya meminta bantuan secara langsung kepada seorang influencer untuk menjadi koordinator pada event mereka.

Influencer coordinator bertugas mengatur jalannya acara, sekaligus menjadi penanggung jawab teman lainnya yang turut meramaikan acara.

7. Brand Consultant

Brand consultant atau brand agency juga merupakan salah satu cara mendapatkan uang yang bisa dilakukan influencer

Mereka akan mengatur strategi marketing, membuat konten-konten yang menarik, hingga memasang iklan berbayar yang tersedia pada berbagai platform media sosial. Tujuannya, agar pengikut di akun media sosial klien yang mereka tangani bertambah dengan cepat.

 

Demikian ulasan tentang apa saja pekerjaan yang dilakukan oleh influencer untuk mendapat penghasilan tambahan. Namun sebelum menjadi influencer profesional, pelajari dulu Pelajaran Penting dari Google untuk Influencer dan Marketer ini. Sementara jika tertarik untuk mencari influencer yang bisa membantu Anda mempromosikan produk, coba hubungi top digital agency Jakarta.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER