Pengaruh teknologi yang begitu luas serta penyebaran informasi yang semakin cepat, membuat impian akan masa depan mulai berubah. Ketika masih kecil, saat ditanya tentang cita-cita, banyak di antara kita yang akan menyebut beberapa profesi populer. Ada yang menjawab ingin jadi dokter, pilot, tentara, guru dan pekerjaan lain yang membuat kita terkesan hebat jika bisa mewujudkannya.

 

Sementara di era digital business saat ini, selain cita-cita yang umum, sebagian besar orang, terutama para remaja, lebih tertarik untuk mencoba jenis pekerjaan baru. Misalnya saja, menjadi admin media sosial, selebgram, youtuber, selebtwit, dan influencer. 

 

Memiliki keinginan seperti itu tentu saja wajar, karena profesi yang melibatkan penggunaan teknologi digital memang sedang booming atau menjadi primadona selama beberapa tahun terakhir, terutama pekerjaan sebagai influencer

 

Menjadi seorang influencer, selain dianggap job desk-nya lebih mudah, penghasilan yang bisa diperoleh dari pekerjaan ini pun bisa dikatakan menjanjikan. Maka, tak heran banyak orang yang ingin menjadi influencer di media sosial

 

Cara Influencer dapat Penghasilan Tambahan

Tentunya ada banyak pekerjaan yang dilakukan oleh influencer untuk mendapatkan uang atau penghasilan melalui digital marketing social media. Jika Anda merasa penasaran dengan kegiatan apa saja yang umumnya mereka lakukan, berikut ini adalah uraiannya!

 

  1. Affiliate Marketing 

Pernahkah Anda menemukan ada influencer membagikan kode voucher di dalam konten miliknya? Itu adalah contoh pekerjaan affiliate marketing. Nantinya, influencer tersebut akan mendapatkan sejumlah komisi dari setiap pembelian yang menggunakan kode yang telah dibagikan. Besaran komisinya tergantung kesepakatan antara influencer dan pemilik produk atau brand.

 

Jadi, semakin banyak orang yang berbelanja menggunakan kode voucher yang disebar, semakin banyak penghasilan yang didapatkan. Anda juga bisa melakukan hal yang sama jika memiliki banyak followers dengan target audiens tertentu di media sosial.

 

 

  1. Banner Google Adsense

Cara ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang senang menulis di blog atau website. Ada berbagai cara untuk mendapatkan uang dari tulisan di blog. Salah satunya, dengan memasang banner Google adsense. Pemilik blog akan mendapatkan uang dari setiap iklan yang tayang dan diklik oleh pengunjung.

 

Semakin sering banner iklan yang tayang diklik, tentu akan meningkatkan penghasilan yang bisa didapatkan. Namun, untuk bisa mencobanya, Anda harus membuat artikel yang menarik dan memiliki jumlah kunjungan yang tinggi setiap hari, juga mendaftarkan situs pada Google adsense.

 

  1. Endorsement

Anda pasti sering mendengar istilah endorse. Istilah ini sangat populer di kalangan influencer. Endorsement biasanya dilakukan pemilik usaha online atau digital companies untuk menjangkau lebih banyak pelanggan melalui para influencer pilihan. Anda pun bisa mencobanya jika memiliki akun media sosial, seperti Instagram atau TikTok. Cobalah untuk membuat foto atau video yang mempromosikan tentang produk yang telah Anda coba atau beli.

 

Kemudian, unggah konten tersebut di feed atau story Instagram dan media sosial lainnya yang Anda miliki. Perhatikan bagaimana pengikut Anda bereaksi. Jika engagement yang dihasilkan bagus, dan pengaruh Anda terhadap sebuah produk semakin kuat, maka akan semakin besar kesempatan mendapat penawaran endorsement untuk digital marketing campaign.

 

 

  1. Vlogger dan Youtuber

Menjadi influencer membuat Anda bisa aktif menggunakan berbagai platform media sosial yang ada untuk mengunggah konten dan keperluan promosi. Salah satu profesi tambahan yang bisa dilakukan oleh influencer adalah menjadi vlogger dan youtuber

 

Ini merupakan bidang profesi yang cukup banyak digeluti saat ini, bahkan oleh para artis. Umumnya, konten yang dihadirkan berbentuk video dan diunggah ke kanal YouTube. Isinya bisa menceritakan tentang keseharian dan hobi, serta tutorial, juga tips yang menarik untuk diperbincangkan.

 

Namun, sebelum Anda bisa menghasilkan uang dari YouTube, ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Anda harus mendapatkan viewers dan subscribers dalam jumlah tertentu. Sumber penghasilannya juga bermacam-macam, bisa melalui Google adsense dan endorsement atau display produk.

 

  1. Guest Speaker

Bukan rahasia lagi jika para influencer dengan tingkat popularitas yang tinggi atau viral biasanya sering diundang sebagai pembicara dalam suatu event. Tema yang dibahas umumnya berdasarkan pengalaman dan bidang yang digeluti oleh mereka.

 

Jika Anda termasuk orang yang senang berbicara dan memiliki keahlian di bidang tertentu, Anda bisa mendapat kesempatan yang sama. Brand tentu akan tertarik, apalagi jika Anda memiliki pengaruh yang cukup kuat.

 

  1. Influencer Coordinator

Selain bekerja sama dengan digital agency di Jakarta, pemilik brand pun biasanya meminta bantuan secara langsung kepada seorang influencer untuk menjadi koordinator pada event mereka.Influencer coordinator bertugas mengatur jalannya acara, sekaligus menjadi penanggung jawab teman lainnya yang turut meramaikan acara.

 

 

  1. Brand Consultant

Brand consultant atau brand agency juga merupakan salah satu cara mendapatkan uang yang bisa dilakukan influencer. Mereka akan mengatur tentangmarketing strategi, membuat konten-konten yang menarik, hingga memasang iklan berbayar yang tersedia pada berbagai platform media sosial agar pengikut dari klien yang ditangani bisa bertambah dengan cepat.

 

Demikian ulasan tentang apa saja pekerjaan yang dilakukan oleh influencer untuk mendapat penghasilan tambahan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba profesi satu ini. Jika Anda lebih tertarik untuk mencari influencer dalam memasarkan produk Anda, cobalah untuk menghubungi top digital agency Jakarta.